Tanda-tanda Kiamat


ii. TANDA-TANDA KIAMAT DI DALAM HADIS-HADIS NABI MUHAMMAD SAW.

SEMAKIN RUSAKNYA PERGAULAN SOSIAL

Penciptaan Alam SemestaMasalah serius yang dihadapi oleh orang-orang dewasa ini adalah disintegrasi tatanan sosial kemasyarakatan. Keruntuhan ini dapat dirasakan dalam beragam hal. Keluarga-keluarga yang berantakan, meningkatnya angka perceraian dan kelahiran di luar nikah secara alami mengarah pada runtuhnya lembaga keluarga. Stres, kerisauan, ketidakbahagiaan, kecemasan, dan kekacauan mengubah kehidupan banyak orang menjadi mimpi buruk yang nyata. Orang-orang hidup dalam kehampaan spiritual, mencari-cari jalan keluar dari depresi yang mereka alami, terperosok ke dalam lumpur gelap alkohol atau obatobat psikotropika. Sebagian, yang berpikir bahwa tak ada solusi yang dapat ditemukan, meng anggap bahwa bunuh diri adalah suatu jalan keluar.

Salah satu tanda yang mencolok dari kemunduran sosial adalah sangat tingginya perbuatan-perbuatan haram. Tingkat kejahatan telah mencapai proporsi yang mencengangkan bahkan bagi para pakar. Laporan yang bertajuk “Universal Crime and Justice” yang disusun oleh United Nations’International Crime Prevention Center, memuat sebuah taksiran umum kejahatan di seluruh penjuru dunia:

Pada dasarnya, sebagaimana pada tahun 1980an, tingkat kejahatan terus meningkat pada tahun 1990an.
Di mana-mana di dunia ini, dalam kurun waktu lima tahun, dua pertiga dari orang yang tinggal di kota-kota besar telah menjadi sasaran paling sedikit sekali aksi kejahatan.
Di seluruh penjuru dunia, orang asing yang menjadi target dari suatu kejahatan serius (perampokan, kejahatan seksual, serangan) adalah satu berbanding lima. Tanpa memandang wilayahnya, kejahatan terhadap hak milik, dan kejahatan kekerasan yang dilakukan oleh generasi muda, keduanya memiliki percabangan ekonomis.
Jumlah daripada jenis obat-obatan terlarang telah meningkat dan sifatnya pun telah beragam dalam tahun-tahun terakhir ini.18
 

 

Meningkatnya jumlah mereka yang melakukan tindak kejahatan dibuktikan oleh adanya beberapa contoh kebejatan moral yg dilansir sejumlah surat kabar. Hal ini merupakan isyarat yang cukup jelas tentang datangnya Akhir Jaman.

 

Periode yang menunjukkan Akhir Zaman adalah akan terjadinya disintegrasi sosial secara besar-besaran. Struktur yang membentuk sendi-sendi masyarakat secara memprihatinkan akan ditinggalkan. Di dalam hadis Nabi saw. terdapat keterangan yang menjelaskan runtuhnya struktur dasar masyarakat masa kini.





Sesungguhnya, semua ini tidaklah mengejutkan. Sebabsebab dari adanya fenomena sosial seperti ini telah dijelaskan di dalam al-Qur’an, dalam kisah-kisah mengenai umat-umat pada masa lalu. Semakin parahnya kehidupan sosial, dan segala ragam masalah yang berkaitan dengannya, adalah buah yang tak terelakkan akibat dari manusia melupakan Allah dan maksud penciptaan diri mereka, dan pengabaian mereka terhadap agama dan nilai-nilai spiritual.

Aspek-aspek dari kerusakan kehidupan sosial yang kita saksikan sedang merajalela terjadi di mana-mana, ini telah diramalkan oleh Nabi Muhammad saw. empat belas abad yang lalu. Rasulullah saw. menggambarkan Akhir Zaman sebagai “Tatkala manusia menderita karena adanya perselisihan dan pergolakan sosial” (Ahmad Dhiya’ ad-Din al-Kamushkhanawi, Ramuz al-Ahadits).

Berikut ini adalah hadis-hadis yang relevan dengan fase pertamanya:

  • Dapat dipahami dari hadis-hadis ini bahwa meningkatnya jumlah orang-orang jahat, fakta bahwa orang-orang yang dipandang memiliki sifat amanah (dapat dipercaya) ternyata adalah pendusta, dan fakta bahwasanya sebagian orang yang dipandang sebagai pendusta sesungguhnya adalah orang-orang yang memiliki sifat amanah, merupakan karakteristik-karak-teristik dari Akhir Zaman.

Akan ada tahun-tahun penipuan, di mana orang-orang yang memiliki amanah tidak akan dipercayai sedangkan orang yang pembohong akan dipercaya.
(Ibnu Katsir)

Akan tiba tahun-tahun terjadinya kebingungan. Orang-orang akan mempercayai seorang pembohong, dan tidak percaya kepada orang yang berkata jujur. Orang-orang tidak akan mempercayai seorang yang memiliki sifat amanah, dan mempercayai orang yang memiliki sifat khianat.
(H.r. Ahmad)

Hari Pengadilan tidak akan tiba hingga orang-orang yang paling rendah adalah orang-orang yang paling berbahagia.
(H.r. Tirmizi)

  • Sebuah hadis memberitahukan bahwa akan terdapat sedikit orang-orang yang memiliki sifat amanah dan sedikit uang yang diperoleh dengan cara yang sesuai dengan hukumhukum agama kita:

Pada Akhir Zaman, orang-orang akan menjalankan perniagaan mereka namun hampir tak ada seorang pun yang dapat dipercaya.
(H.r. Bukhari dan Muslim)

  • Kesaksian yang jujur akan diabaikan sedangkan kesaksian palsu dan fitnah akan tersebar luas. Ini adalah satu lagi tanda lainnya:

Sungguh, ketika tiba Saat Terakhir, akan terdapat… kesaksian palsu dan penggelapan bukti-bukti.
(H.r. Ahmad dan Hakim) .

Salah satu ciri terpenting Hari Kiamat adalah memudarnya kecintaan dan sikap hormat diantara umat manusia. Seorang sakit yang terbaring di jalanan, dimana tiada seorangpun menawarkan bantuan kepadanya,akan menjadi pemandangan yang lazim

 

Terurainya tali kekeluargaan, kegagalan masyarakat untuk berkomunikasi, hubungan yang bukan didasari atas cinta dan penghargaan, melainkan atas alasan-alasan keegoisan, juga meningkatnya rasa kesepian dan keterasingan, semua itu adalah ciri-ciri Hari Akhir. Kemerosotan ini, seperti yang disebutkan dalam hadis, merupakan suatu peluang bagi orang-orang untuk menyadari bahwa Hari Pengadilan semakin dekat, dan agar kembali (bertobat) kepada Allah.

  • Satu-satunya ukuran dalam menilai seseorang adalah kekayaan, rasa hormat tergantung pada seberapa kaya seseorang:

Sebelum tibanya as-Sa‘ah (Hari Kiamat), akan ada salam khusus bagi orang-orang yang diistimewakan.
(H.r. Ahmad)

Tidak akan ada Pengadilan hingga salam tidak diberikan kepada orang-orang namun hanya kepada orang-orang tertentu saja.
(Mukhtashar Tadzkirah karya Qurthubi)

  • Disebutkan dalam hadis-hadis bahwa tanda lainnya adalah runtuhnya hubungan-hubungan sosial di antara manusia:

Hanya orang-orang yang dikenal saja yang akan mendapatkan ucapan salam …
(Ahmad Dhiya’ ad-Din al-Kamushkhanawi, Ramuz al-Ahadits)

  • Dalam hadis yang dikutip di bawah ini, ditandaskan bahwa posisi-posisi yang ada tanggung jawabnya akan diberikan kepada mereka yang tidak memiliki kompetensi: 

Tatkala kekuasaan atau otoritas diserahkan ke tangan orang-orang yang tidak layak, maka tunggulah kehancurannya (Kiamat).
(H.r. Bukhari)

  • Karakteristik lain dari periode ini adalah bubarnya hubungan di antara sanak keluarga, antara teman-teman dan tetangga, dan hilangnya nilai-nilai ruhani dan kemasyarakatan:

Seseorang tidak lagi memiliki ikatan kasih sayang dengan ibunya, dan mengusir ayahnya jauh-jauh …
(H.r. Tirmizi)

Pertama-tama akan ada keributan pada diri sese-orang mengenai keluarganya, harta bendanya, diri nya sendiri, anak-anaknya, tetangga-tetangganya.
(H.r. Bukhari dan Muslim)

  • Generasi muda akan memiliki sifat memberontak dan rasa cinta serta hormat antara kawula muda dan orang dewasa akan memburuk:

Manakala yang tua tidak mengasihi yang muda, manakala yang muda tidak menghormati yang tua … tatkala anak-anak jadi pemarah … maka Pengadilan sudah sangat dekat.
(Diriwayatkan oleh Umar r.a.)

  • Hadis-hadis ini menunjukkan bahwa karakteristik lain dari Akhir Zaman adalah meningkatnya angka perceraian dan kelahiran anak-anak di luar nikah:

Perceraian akan menjadi peristiwa sehari-hari.
(‘Allamah Safarini, Ahwal Yaum al-Qiyamah)

Akan terdapat banyak sekali anak-anak yang lahir dari perzinaan.
(Al-Muttaqi al-Hindi, Muntakhab Kanzul ‘Ummaal)

  • Terpengaruh oleh materialisme dan pandangan globalnya, orang-orang akan sangat lengket dengan dunia ini, dan melupakan akhirat. Ini adalah karakteristik lain dari Akhir Zaman:

Kepicikan dan keserakahan akan berlipat ganda.
(H.r. Muslim dan Ibnu Majah)

Pada saat itu, orang-orang akan menjual agamanya demi secuil benda-benda duniawi.
(H.r. Ahmad)

  • Sebuah hadis memberitahukan bahwa orang-orang akan saling mengutuk dan menyumpahi satu sama lain:

Pada Hari Akhir, akan ada orang-orang yang ketika bertemu mereka saling mengutuk dan mencela, bukannya saling memberi salam.
(‘Allamah Jalaluddin Suyuthi, Durar-Mantsur)

  • Karakteristik lainnya dari periode ini adalah adanya gosip dan olok-olok terhadap orang lain:

Akan ada banyak sekali tukang kritik, al-qashshash (tukang cerita), yang suka melakukan ghibah (membicarakan kejelekan seseorang dari belakang), dan tukang ejek di tengah masyarakat.
(Al-Muttaqi al-Hindi, Muntakhab Kanzul ‘Ummaal)

  • Para penjilat akan dihormati:

Ketika Pengadilan makin dekat ... orang-orang yang paling dihormati pada zaman itu adalah para penjilat dan orang-orang yang suka mencari muka.
(H.r. Bukhari dan Muslim)

Saat Akhir tidak akan tiba hingga munculnya orang-orang yang mencari nafkah dengan lidah mereka sebagaimana halnya sapi makan dengan lidahnya.
(H.r. Tirmizi).

  • Tanda lainnya dari Akhir Zaman yang sering dijumpai adalah akan adanya kecurangan dalam bisnis dan sogokan:

Penipuan dan kecurangan akan menjadi hal yang lazim.
(‘Allamah Safarini, Ahwal Yaum al-Qiyamah)

Penyuapan akan disebut hadiah, dan akan dianggap halal.
(Amal ad-Din al-Qazwini, Mufid al-‘Ulum wa-Mubid al-Humum)

  •  Nabi Muhammad saw. menggambarkan meningkatnya pembunuhan pada Akhir Zaman dengan kata-kata ini:

As-Sa‘ah (Hari Akhir) tidak akan terjadi hingga meningkatnya pembunuhan.
(H.r. Bukhari)
 

Peningkatan nyata kasus pembunuhan adalah salah satu tanda yang telah disebutkan dalam hadis.



 

18.
Komisi PBB untuk Pengendalian Obat-obatan Psikoterapika dan
Pencegahan Tindakan Kriminal, Laporan Seluruh Dunia tentang Kejahatan dan Keadilan, 1999, http://www.uncji.org/ special/GlobalReport.html.
 

 

Versi online dari buku-buku Harun Yahya yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sedang dalam persiapan.
Untuk sementara Anda dapat mengunjungi halaman Download untuk mendownload versi teks atau pdf yang tersedia dari buku-buku tersebut
© Harun Yahya Internasional 2004.
Hak Cipta Terpelihara. Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan dengan mencantumkan sumber situs web ini
info@harunyahya.com