Tanda-tanda Kiamat


ii. TANDA-TANDA KIAMAT DI DALAM HADIS-HADIS NABI MUHAMMAD SAW.

KEMBALINYA NABI ISA A.S. SETELAH KEMUNCULAN NABI-NABI PALSU

Sudah dimaklumi bahwa, di sepanjang sejarah, telah banyak bermunculan nabi-nabi palsu. Demi mencari keuntungan bagi diri mereka sendiri, para pendusta ini telah melakukan caracara penipuan, dengan mengeksploitasi keluguan orang-orang. Juga dalam hadis-hadis ini, diberitahukan bahwa nabinabi palsu tersebut akan muncul sebelum Hari Pengadilan.

Saat Terakhir tak akan tiba sebelum muncul 30 Dajjal (para pendusta), yang masing-masing mengaku sebagai nabi Allah.
(H.r. Abu Dawud)

Penciptaan Alam SemestaHadis di atas mengingatkan kepada kita perkembanganperkembangan pada zaman kita sendiri. Dengan mengambil untung dari harapan umat Islam dan Nasrani mengenai kedatangan Nabi Isa a.s. untuk yang kedua kalinya, sejumlah penipu telah mengaku-ngaku sebagai nabi dan kadang-kadang menimbulkan penderitaan yang besar.

Para pakar telah mencatat bahwa telah bertambahnya jumlah dari apa yang disebut sebagai para messiah yang mulai bermunculan pada tahun 1970an, dan yang semenjak saat itu telah meningkat secara substansial. Menurut para pakar ini, terdapat dua alasan mendasar peningkatan ini. Pertama adalah runtuhnya komunisme, dan kedua adalah peluang-peluang yang disediakan oleh teknologi Internet. 23

Kutipan-kutipan yang telah dipilih berikut ini adalah contoh yang membantu kita agar lebih baik lagi dalam memahami fenomena tersebut:

  • Kematian yang tampaknya dilakukan dengan antusias di perkampungan Cabang Davidian di Waco, Texas, yang telah merenggut nyawa David Koresh dan paling sedikit 74 orang pengikutnya … 24

  • Pekan kemarin di dua tempat di Swiss dan satu tempat di Kanada di mana 53 orang pengikut Jouret beserta anakanak mereka mati. Para polisi di kedua negara tersebut berusaha mencari tahu apakah kematian tersebut disebabkan oleh bunuh diri massal, pembunuhan massal, atau suatu kombinasi yang tidak lazim dari keduanya. 25

  • Sun Myung Moon, pendiri Gereja Unifikasi, menyebut dirinya sebagai sang Messiah pada Kedatangan Kedua dan bahwa keluarganya adalah keluarga pertama yang sejati dalam seluruh sejarah! … Gereja Unifikasi secara resmi didirikan pada tahun 1954 oleh Moon, yang menyatakan bahwa pada tahun 1936, tatkala dia berusia 16 tahun, Isa a.s. muncul kepadanya di lereng gunung di sebelah barat laut Korea dan mengatakan kepadanya bahwa Tuhan telah memilihnya untuk menjalankan misi menegakkan Kerajaan Surga di muka bumi. 26

  • Bukti mengerikan tentang pembantaian terburuk suatu sekte … Sampai 1.000 orang pengikut dikhawatirkan tewas sementara makin banyak lagi kuburan yang ditemukan di Uganda … 27

  • Ada suatu kejadian yang mengguncangkan seluruh penjuru dunia — bunuh diri massal terburuk dalam sejarah modern. Lebih dari 900 orang, anggota sebuah sekte, ditemukan bersama-sama dalam jarak yang rapat di hutan Amerika Selatan. Orang-orang yang tewas tersebut adalah para pengikut Pendeta Jim Jones, pemimpin People’s Temple (Anak-anak Sekte Kuil) di San Francisco.  28

Al-Qur’an juga menerangkan kemunculan nabi-nabi palsu. Salah satu ayat yang bertalian dengan topik ini adalah sebagai berikut:

  • Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat kedustaan terhadap Allah atau yang berkata: “Telah diwahyukan kepada saya,” padahal tidak ada diwahyukan sesuatu pun kepadanya, dan orang yang berkata: “Saya akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah.” Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim (berada) dalam tekanantekanan sakaratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): “Keluarkanlah nyawamu.” Di hari ini kamu dibalas dengan penyiksaan yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya. (Q.s. al-An’am: 93).

Sebagaimana yang dapat ditegaskan setelah memahami ayat ini, orang-orang tersebut tentu akan menerima balasan atas dusta yang telah mereka buat-buat.

Tak ada keraguan bahwa akan tiba suatu masa di mana semua kebohongan dari semua nabi palsu ini akan dihapuskan. Nabi Muhammad saw. memberitakan bahwa, setelah para pendusta tersebut lenyap, Isa a.s. akan kembali.

Kami telah menyebutkan sebelum ini bahwa al-Qur’an memberitakan tentang kembalinya Isa a.s. ke bumi, dan baik orang-orang Islam maupun Nasrani sama-sama sangat menunggu-nunggu peristiwa ini. Ada beberapa hadis dari Nabi Muhammad saw. yang merujuk tentang kedatangan Isa a.s. untuk yang kedua kalinya ini, dan bahwa informasi yang terkandung di dalam hadis-hadis ini tak dapat dipalsukan. (Ibnu Majah)

Terdapat bahan informasi penting lainnya yang sampai kepada kita melalui hadis-hadis ini. Kembalinya Isa a.s. akan terjadi pada fase kedua Akhir Zaman, dan akan menjadi sebuah tanda penting Hari Pengadilan. Dalam hal ini, hadis-hadis berikut ada kaitannya:

  • Saat Terakhir tak akan tiba hingga kalian menyaksikan turunnya Isa putra Maryam.
    (H.r. Muslim)

  • Demi Zat yang jiwaku ada di tangan-Nya, putra Maryam, Isa a.s., tak lama lagi akan turun di tengahtengah kalian (orang-orang Islam) sebagai seorang pemimpin yang adil.
    (H.r. Bukhari)

  • As-Sa‘ah (Hari Kiamat) tak akan tiba hingga putra Maryam (yaitu Isa a.s.) turun di tengah-tengah kalian sebagai seorang pemimpin yang adil.
    (H.r. Bukhari)

Nabi Muhammad saw. memberitahukan apa yang akan dilakukan oleh Isa a.s. tatkala beliau kembali:

  • Pada waktu (menjelang) kematiannya, Isa a.s. akan muncul kembali di bumi ini selama empat puluh tahun.
    (H.r. Abu Dawud)

  • Isa a.s., putra Maryam, akan turun, memerintah selama 40 tahun dengan kitab Allah dan sunnahku, lalu wafat.
    (Al-Muttaqi al-Hindi, Al-Burhan fi ‘Alamat al-Mahdi Akhir az-Zaman)

  • Isa a.s., putra Maryam, akan menjadi hakim yang adil dan pemimpin yang adil (di tengah-tengah umatku), mematahkan dan menghancurkan salib dan membunuh babi … Bumi ini akan dipenuhi oleh kedamaian sebagaimana bejana dipenuhi dengan air. Seluruh dunia ini akan mengucapkan dan mengikuti satu kalimat yang sama dan tak seorang pun yang menyembah selain Allah.
    (H.r. Ibnu Majah)

  • As-Sa‘ah (Hari Kiamat) tak akan tiba hingga putra Maryam (yaitu Isa a.s.) turun ke tengah kalian sebagai seorang pemimpin yang adil, dia akan mematahkan salib, membunuh babi …
    (H.r. Bukhari)

Dengan demikian, tatkala Isa a.s. kembali, doktrin-doktrin sesat seperti Trinitas, salib dan kependetaan, dan perbuatan perbuatan dosa seperti makan babi, akan disapu bersih, orang-orang Nasrani akan diselamatkan dari keadaan bid’ah yang mereka buat-buat, dan semua orang akan diseru agar hidup sesuai dengan agama yang haq dan nilai-nilai moral yang terkandung di dalam al-Qur’an.

Pada saat ini, terdapat sebuah pokok persoalan yang harus kita renungkan. Di dalam al-Qur’an dan hadis, tak ada keraguan bahwa Isa a.s. akan kembali ke bumi pada Akhir Zaman. Hari ini, di sisi lain, sebagian orang Islam meremehkan bukti-bukti yang terang benderang tentang kedatangannya itu, dan mengemukakan bahwa mungkin saja Isa a.s. akan kembali setelah kedatangan Nabi Muhammad saw. Akan tetapi, orang-orang Islam yang punya pikiran seperti itu hendaknya berusaha agar menginterpretasikan ayat-ayat dan hadis-hadis yang relevan secara obyektif dan tanpa prasangka.

Dan, kedua, tak ada kontradiksi antara fakta bahwa Nabi Muhammad saw. adalah nabi terakhir dan Isa a.s. akan kembali ke bumi. Tatkala Isa a.s. datang untuk yang kedua kalinya, beliau tidak akan membawa agama baru namun akan tunduk pada agama yang haq yang disampaikan oleh al-Qur’an dan Nabi Muhammad saw.

Seorang ulama besar Imam Rabbani berkata: “Isa a.s. akan turun dari langit, namun dia akan mengikuti jalan Nabi Muhammad saw.” (Imam-i Rabbani, Letters of Rabbani, Volume II, Letter 67); Iman Nawawi berkata: “… Beliau (Isa a.s.) akan datang dan menerapkan sunnah Muhammad saw.” (Al-Qawl al-Mukhtashar fi ‘Alamat al-Mahdi al-Muntazhar) Pada topik ini; Qadhi ‘Iyad berkata:
“Isa a.s. akan memerintah dengan hukum Islam dan akan menghidupkan kembali sunnah-sunnah yang telah diabaikan oleh umatnya.”
(H.r. Ibnu Majah).

Ulama besar abad yang lalu, Bediuzzaman Said Nursi telah memberikan pemaparan yang menarik tentang perkara ini dalam kitabnya Risale-i Nur Collection. Menurut analisa Bediuzzaman, Isa a.s. akan kembali ke bumi dengan tubuh fisiknya pada Akhir Zaman dan akan menentang dan menepis ideologi-ideologi anti-agama yang mewakili filsafat materialisme dan naturalisme. Di bawah pemerintahannya, orang-orang Nasrani dan Islam akan bersatu dan kekuatan-kekuatan anti-agama akan disapu bersih. Kristenitas akan dibersihkan dari berbagai keyakinannya yang keliru, bid‘ah-bid‘ah dan mitos-mitosnya, dan menjadi tunduk pada al-Qur’an. Bediuzzaman mengatakan bahwa, dalam menyampaikan pemberitahuan ini, Nabi Muhammad saw. berlandaskan pada firman-firman Allah yang Mahabesar dan dengan demikian maka hal itu pasti akan terjadi. 29

Kini sampailah kita pada sebuah pertanyaan yang menarik. Bagaimana orang-orang bisa mengenali Isa a.s.? Tentu saja, indikasi paling jelas adalah bahwa beliaulah orang yang akan memiliki semua ciri yang umumnya ada pada diri seorang nabi sebagaimana disebutkan di dalam al-Qur’an. Di samping itu, beliau akan membawa sebuah tanda penting untuk menunjukkan bahwa beliaulah Isa a.s. Tatkala beliau tiba, tak akan ada seorang pun yang pernah melihat Isa a.s. sebelumnya secara pribadi dan dengan demikian tak ada seorang pun yang akan mengenalnya. Tak seorang pun yang akan dapat mengenalnya dengan penampilan fisiknya atau dengan suaranya. Tak seorang pun yang akan dapat mengatakan bahwa dia kenal Isa a.s. secara pribadi, atau melihatnya pada suatu waktu; tak seorang pun yang akan pernah mengetahui keluarga atau sanak kerabat beliau. Semua orang yang pernah mengenal beliau telah wafat 2.000 tahun yang lalu. Maryam a.s., Zakariyya a.s., murid-mu-rid beliau, yang telah hidup selama bertahun-tahun bersama beliau, serta orang-orang yang dulu pernah mendapat dakwah Isa a.s., telah wafat. Dengan demikian, tak akan ada seorang pun yang akan melihat kelahiran beliau, masa kanak-kanaknya, masa remaja atau dewasanya tatkala beliau datang untuk yang kedua kalinya. Tak seorang pun yang akan tahu apa pun tentang beliau.

Sebagaimana telah kami jelaskan di bagian awal dari buku ini, atas perintah Allah, “Jadilah,” Isa a.s. telah hadir ke dunia ini tanpa seorang ayah. Jelaslah, setelah sekian abad, dia tidak akan memiliki sanak kerabat yang masih hidup. Dalam hal ini, Allah membandingkan situasi Isa a.s. dengan penciptaan Adam a.s.:

  • Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia. (Q.s. Ali ‘Imran: 59).

Ayat ini mengungkapkan bahwa Allah berfirman “Jadilah” dan Adam a.s. pun tercipta. Isa a.s. pun telah diciptakan dengan perintah yang sama. Adam a.s. tidak memiliki ibu dan ayah sementara Isa a.s. hanya memiliki ibu tatkala beliau hadir ke dunia ini. Namun, manakala beliau hadir kembali untuk yang kedua kalinya, ibu beliau tidak akan hidup lagi.

Dengan demikian, kebingungan yang ditimbulkan oleh para messiah palsu yang akan muncul dari waktu ke waktu tidak mendatangkan hasil. Tatkala Isa a.s. kembali lagi ke dunia, tak akan ada peluang untuk menuding keraguan apa pun atas fakta bahwa orang itu adalah beliau. Tak seorang pun akan mampu menemukan alasan tepat untuk mengatakan bahwa beliau tidak mungkin adalah Isa a.s. Isa a.s. akan dikenali dengan satu karakteristik yang akan memisahkan diri beliau dengan setiap orang lainnya: tak seorang pun di dunia ini yang akan mengenali beliau.

Kesimpulan, informasi yang disajikan di sini hendaknya mengarahkan kita agar mengenali bahwa datangnya waktu dari janji-janji yang berkenaan dengan kedatangan Isa a.s., dan hal-hal yang akan beliau lakukan, sudah dekat. Tentu saja, sudah menjadi tugas kita untuk mempersiapkan diri dengan sebaikbaiknya guna menyambut orang yang diberkahi ini yang telah begitu lama kita tunggu-tunggu kedatangannya.


23. Majalah Time, edisi 7 April 1997, artikel: “The lure of the cult”.

24. Britannica CD 2000, “From Year in Review 1993: Chronology”.

25. Majalah Time, edisi 17 Oktober 1994, “In the Reign of Fire”.

26. http://www.rapidnet.com/~jbeard/bdm/exposes/moon general. html.

27. The Guardian, edisi 29 Maret 2000, “Grim evidence of worst cult slaughter”.

28. Channel TV CNN, “Jamestown, 1978”,
http://cnn.com/ SPECIALS/1999/century/episodes/08/time-lines/headlines/ infoboxes/jonestown.html.

29. Bediuzzaman Said Nursi, Risalah-i Nur Collection, Letters.

 

Versi online dari buku-buku Harun Yahya yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sedang dalam persiapan.
Untuk sementara Anda dapat mengunjungi halaman Download untuk mendownload versi teks atau pdf yang tersedia dari buku-buku tersebut
© Harun Yahya Internasional 2004.
Hak Cipta Terpelihara. Semua materi dapat disalin, dicetak dan disebarkan dengan mencantumkan sumber situs web ini
info@harunyahya.com