facebook
HUJAH SOHEH NADHON/SHOLAWATAN DI MESJID

Menjaharkan puji-pujian / Sholawatan pada waktu diantara Adzan dan Iqomat

 

Fatwa Majlis Ulama Indonesia Kota Bandung :

 

Puji-pujian / Sholawatan adalah bacaan yang berbentuk sya’ir hasil dari karangan manusia bukan merupakan suatu ibadah

Nabi Muhammad SAW bersabda :

 

من رأيتموه ينشد شعرا فى المسجد فقولوا : فض الله فاك ثلاثا

 

Artinya : Kalau kamu lihat orang bersya’ir di masjid, maka katakanlah kepadanya sebanyak 3 kali : “ Mudah-mudahan Alloh menghancurkan mulutmu ( Hadits Shohih riwayat Turmudzi dan Nasa i ).

 

قال أبو موسى الأشعرى رفع الناس أصواتهم بالدعاء فقال رسول الله : أيها الناس اربعوا على أنفسكم فإنكم لا تدعون أصم ولا غائبا ان الذي تدعونه سميع قريب (رواه البخارى ومسلم)

Dari Abu Musa Al-Asy’ari, ia berkata : (pada suatu waktu orang-orang) mengeraskan suaranya dalam berdo’a, kemudian Rasulullah SAW menegur mereka dengan sabdanya: “ Wahai sekalian manusia ! Kasihanilah dirimu sendiri, sesungguhnya kamu tidak berdo’a kepada yang tuli dan ghaib, sesungguhnya dzat yang kamu berdo’a kepadaNya adalah Dzat yang Maha Mendengar lagi dekat ( Hadits Riwayat Bukhari )

 

SANGGAHAN :

 

Syi’ir yang dalam bahasa kita disebut lagu/ nyanyian ada dua macam : Ada yang berkonotasi negatif karena liriknya hanya menceritakan kecantikan seorang gadis, percintaan remaja putra dan putri dll. seperti pada umumnya nyanyian-nyanyian sekarang ; Dan ada pula yang berkonotasi positif karena liriknya bernuansa islami seperti lagu-lagu Raihan, Jagalah Hati yang sering bahkan pernah dilantunkan Aa Gym di Masjid Istiqlal Jakarta di depan ribuan jama’ah dan ditayangkan langsung oleh salah satu stasiun Televisi, lagu-lagu ini biasa kita sebut Nasyid.

Memang benar bahwa Puji-pujian/ Shalawatan (yang dalam bahasa Sunda disebut pupujian, bukan pupujieun) adalah bentuk syi’ir gubahan manusia. Kami meyakini bila dilantunkan dengan khusyu’ dan sepenuh hati, maka akan mendatangkan pahala alias termasuk ibadah, dan boleh juga dilantunkan di dalam Masjid.

 

A l a s a n :

 

1. Perintah membaca Shalawat :

Firman Alloh SWT :

 

إن الله وملائكته يصلون على النبي ياأيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما

 

“Sesungguhnya Alloh dan Malaikat-Nya bershalawat kepada Nabi, wahai orang-orang beriman bershalawatlah dan bersalamlah kepadanya dengan sebenar-benarnya. “ (QS. 33 Al-Ahzab : 56 ).

 

2. Membaca Shalawat bukan hanya dalam Sholat dan ketika Khutbah saja:

Sabda Nabi Saw. :

 

عن عبد الله بن عمرو بن العاص رضى الله عنهما أنه سمع رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول : من صلى على صلاة صلى الله عليه بها عشرا. ( رواه مسلم )

“Dari Abdillah bin ‘Amr bin al-‘Ash ra. bahwasanya ia mendengar Rasululloh SAW. bersabda: “Barangsiapa bershalawat sekali kepadaku, maka Alloh akan melimpahkan rahmat kepadanya sepuluh kali.“ HR. Muslim ( Riyadlus Sholihin: 454, Midan al-Jami al-Azhar Mesir ).

 

عن ابن مسعود رضى الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : أولى الناس بى يوم القيامة أكثرهم على صلاة. ( رواه الترمذى وقال حديث حسن )

 

“Dari Ibni Mas’ud ra. sesungguhnya Rasululloh SAW. telah bersabda: “Seutama-utama ( sedekat-dekat ) manusia denganku pada hari Qiamat ialah mereka yang paling banyak bershalawat kepadaku.“ HR. At-Tirmidzy, katanya Hadits ini Hasan (Riyadlus Sholihin : 454, Midan al-Jami al-Azhar Mesir ).

 

3. Nabi SAW. pernah menggubah dan mendendangkan Syi’ir :

 

عن الأسود بن قيس سمعت جندبا يقول : بينما النبى صلى الله عليه وسلم يمشى إذ أصابه حجر فعثر فدميت اصبعه فقال :

هَلْ أَنْتِ إِلاَّ أَصْبُعٌ دَمِيْتِ # وَفِى سَبِيْلِ اللَّهِ مَا لَقِيْتِ

 

“Dari al-Aswad bin Qois, saya mendengar Jundub berkata : “ Tatkala Nabi SAW. sedang berjalan kaki tiba-tiba tersandung batu dan terpeleset sehingga jarinya berdarah, lalu beliau mendendangkan syi’ir :

Engkau hanyalah jari berlumuran darah #

di jalan Alloh kau selalu bersua

HR. Bukhary ( Shahih Bukhary, Juz IV : 73, Syirkah Maktabah Ahmad bin Sa’ad bin Nabhan Wa Aulaaduh, Surabaya ).

 

4. Nabi SAW. menyanjung syi’ir :

 

أن أبي بن كعب أخبره أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : إن من الشعر حكمة (رواه البخارى )

 

“Sesungguhnya Ubay bin Ka’ab menceritakan bahwa Rasululloh SAW. telah bersabda : “ Sesungguhnya di dalam syi’ir itu terkandung suatu hikmah.“

HR.Bukhary ( Shahih Bukhary, Juz IV : 73, Syirkah Maktabah Ahmad bin Sa’ad bin Nabhan Wa Aulaaduh, Surabaya ).

 

عن أبى هريرة رضى الله عنه قال النبى صلى الله عليه وسلم : أصدق كلمة قالها الشاعر كلمة لَبيد : ألا كل شئ ما خلا الله باطل. ( رواه البخارى )

 

“Dari Abu Hurairah ra. Nabi SAW. telah bersabda : “Sebenar-benar lirik yang digubah seorang penyair adalah gubahan Labid : “ Ingat, segala sesuatu selain Alloh sia-sia adanya. ” HR. Bukhary ( Shahih Bukhary, Juz IV : 73, Syirkah Maktabah Ahmad bin Sa’ad bin Nabhan Wa Aulaaduh, Surabaya ).

.

5. Nabi SAW. mendo’akan penya’ir :

عن سلمة بن الأكوع قال : خرجنا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم إلى خيبر فسرنا ليلا، فقال رجل من القوم لعامر بن الأكوع : ألا تسمعنا من هنيهاتك ؟ قال وكان عامر رجلا شاعرا فنزل يحدو بالقوم يقول :

اللهم لولا انت ما اهتدينا # ولا تصدقنا ولا صلينا

فاغفر فداء لك ما اقتفينا # وثبت الأقدام إن لاقينا

وألقين سكينة علينا # إنا إذا صيح بنا أتينا

وبالصياح عولوا علينا

فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : من هذا السائق ؟ قالوا عامر بن الأكوع. فقال : يرحمه الله. ( رواه البخارى )

 

“Dari Salamah bin al-Akwa’ katanya : “Kami berangkat ke Khaibar pada malam hari bersama Rasululloh SAW. lalu seorang laki-laki dari rombongan berkata kepada ‘Amir bin al-Akwa’ : “Maukah kamu dendangkan kepada kami sedikit saja dari suara merdumu ?

Kata Salamah : “ ‘Amir adalah seorang penyair, lalu dia turun dan mendekat kepada rombongan seraya bersenandung :

 

Ya Alloh, jika bukan karenamu (Muhammad) kami takkan menerima petunjuk

Takkan bersidkah dan takkan mendirikan sholat.

Ampuni dia, aku sebagai tebusanmu selama kami mengikutimu

Teguhkan kaki jika kami berjumpa musuh

Limpahkan ketenteraman kepada kami

Jika ditabuh genderang perang kamipun datang

Dengan seruan perang, musuh berteriak minta tolong.

Maka Rasululloh SAW. bertanya : “ Siapa yang bersenandung itu ? “

Mereka menjawab : “ ‘Amir bin al-Akwa’ “

Sabda Rasul : “ Semoga Alloh melimpahkan rahmat kepadanya. “ HR. Bukhary (Shahih Bukhary, Juz IV : 73, Syirkah Maktabah Ahmad bin Sa’ad bin Nabhan Wa Aulaaduh, Surabaya ).

.

6. Bersyi’ir di Masjid

 

عن أبى هريرة رضى الله عنه أن عمر رضى الله عنه مر بحسان ينشد فى المسجد فلحظ اليه، فقال : قد كنت أنشد فيه وفيه من خير منك (متفق عليه )

 

“Dari Abu Hurairah ra. bahwasanya Umar bin Khottob ra. melewati Hassan yang sedang mendendangkan syi’ir di dalam masjid, lalu beliau melirik sinis kepada Hassan, maka Hassan pun berkata : “ Aku pernah mendendangkan syi’ir di Masjid ketika ada orang yang lebih baik daripada kamu ( yaitu Nabi SAW. dan tidak melarangnya ). Muttafaq ‘Alaih ( Bulughul Marom : 50, Syirkah Maktabah Ahmad bin Sa’ad bin Nabhan Wa Aulaaduh, Surabaya, Indonesia ).

 

7. Fungsi Masjid

Fungsi masjid bukan hanya sebagai tempat shalat saja, melainkan untuk berbagai macam aktivitas positif, baik kegiatan keagamaan maupun sosial kemasyarakatan.

 

عن عائشة رضى الله عنها أن رسول الله صلى الله عليه وسلم جعل ينظر الى الحبشة وهم يلعبون بحرابهم يوم العيد فى المسجد وعائشة أم المؤمنين تنظر اليهم من ورائه وهو يسترها منهم حتى ملت ورجعت (متفق عليه )

 

“Dari Aisyah ra. bahwa Rasululloh SAW. menonton para pemuda Habsyi memainkan lembing di Masjid pada hari raya, Aisyah Ummil Mukminin pun ikut menonton di belakang Nabi, beliau menghalangi Aisyah dari pandangan mereka, hingga merasa puas dan lalu pulang. “ HR. Muttafaq ‘Alaih ( Tafsir Ibnu Katsir, Juz III : 283, Sulaiman Mar’i, Singapore, Kota Baharu, Pinang dan Shahih Bukhary, Juz I : 90, Syirkah Maktabah Ahmad bin Sa’ad bin Nabhan Wa Aulaaduh, Surabaya ).

8. Kesimpulan :

Syaikh ‘Alawy Abbas al-Maliky Hasan Sulaiman an-Nury penyusun Ibanatul Ahkam Syarh Bulughul Marom berkata :

 

الشعر كلام موزون قصدا وهو ان اشتمل على الثناء على الله أو مدح رسوله أو الذب عن شريعته من كل ما فيه غرض صحيح فهو حسن ويجوز إنشاده فى المسجد وأما ان اشتمل على ذم أو مناصرة بدعة أو حض على معصية كان قبيحا كشعر الجاهلية وأهل البطالة وبهذا يجمع بين حديث النهى عن إنشاد الشعر فى المسجد وحديث إباحته.

حسان هو حسان بن ثابت بن المنذر الأنصارى البخارى شاعر رسول الله صلى الله عليه وسلم.

 

“Syi’ir ialah untaian kata yang sengaja disusun berirama dan bertangga nada (mauzun), bila berisikan sanjungan kepada Alloh atau pujian kepada Rasul-Nya atau membela syari’at-Nya yaitu setiap lirik lagu yang mengandung maksud yang shahih (benar), maka syi’ir itu baik adanya dan boleh didendangkan di dalam Masjid. Adapun bila berisikan celaan atau mendukung bid’ah atau anjuran maksiat, maka tentu jelek adanya seperti syi’iran jahiliah dan nyanyian kepahlawanan. Di sinilah kita harus cerdik mengkompromikan antara hadits yang melarang bersyi’ir di masjid dengan hadits yang membolehkannya.

Hassan itu bernama Hassan bin Tsabit bin al-Mundzir al-Anshary al-Bukhary, penya’ir Rasululloh SAW. “ (Ibanah al-Ahkam, Juz I : 355 – 356, tanpa mencantumkan percetakan ).

 

والله أعلم بالصواب

والله