facebook
Abdullah AfifPustaka Ilmu Sunni Salafiyah - KTB (PISS-KTB)
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ

KETIKA HARI JUMAT BERTEPATAN DENGAN IED (1)
إِذَا صَادَفَ يَوْمُ الْجُمُعَةِ يَوْمَ عِيْدٍ

Dalam kitab Sunan Abu Dawud juz I halaman 241, hadits nomor 1070, cetakan ke I tahun 1410 H – 1990 M Daar al Fikr / juz I halaman 416, hadits nomor 1072, maktabah syamilah:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ أَخْبَرَنَا إِسْرَائِيلُ حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ الْمُغِيرَةِ عَنْ إِيَاسِ بْنِ أَبِى رَمْلَةَ الشَّامِىِّ قَالَ شَهِدْتُ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِى سُفْيَانَ وَهُوَ يَسْأَلُ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ قَالَ أَشَهِدْتَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عِيدَيْنِ اجْتَمَعَا فِى يَوْمٍ قَالَ نَعَمْ. قَالَ فَكَيْفَ صَنَعَ قَالَ صَلَّى الْعِيدَ ثُمَّ رَخَّصَ فِى الْجُمُعَةِ فَقَالَ مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّىَ فَلْيُصَلِّ

Telah menceritakan kami Muhammad bin Katsiir, telah mengkhabarkan kami Israaiil, telah menceritakan kami ‘Utsmaan bin Al-Mughiirah, dari Iyaas bin Abi Ramlah Asy-Syaamiy, ia berkata : Aku pernah menyaksikan Mu’aawiyah bin Abi Sufyaan bertanya kepada Zaid bin Arqam.
Ia (Mu’aawiyah) berkata : “Apakah engkau pernah meyaksikan bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dua hari raya berkumpul dalam satu hari ?”.
Zaid menjawab : “Ya”.
Mu’aawiyyah berkata : “Apa yang beliau perbuat ?”.
Zaid berkata : “Beliau shalat ied, kemudian memberikan rukhshah dalam shalat Jum’at.
Beliau bersabda :”Barangsiapa yang ingin shalat, hendaklah ia shalat”.

Link Sunan Abu Dawud (bersama ‘Aunul Ma’buud) :
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?idfrom=1790&idto=1797&bk_no=55&ID=366

Catatan:
Hadits diatas juga diriwayatkan oleh:

1. Imam Ibnu Majah dalam kitab Sunannya juz I halaman 415, hadits nomor 1310,cetakan Toha Putera / juz I halaman 415, hadits nomor 1310, maktabah syamilah

Berikut sanad dan matannya:
حَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ اَلْجَهْضَمِيُّ . حَدَّثَنَا أَبُوْ أَحْمَدَ . حَدَّثَنَا إِسْرَائِيْلَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيْرَةِ عَنْ إِيَاسِ بْنِ أَبِيْ رَمْلَةَ الشَّامِيِّ قَالَ
سَمِعْتُ رَجُلًا سَأَلَ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ هَلْ شَهِدْتَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عِيْدَيْنِ فِيْ يَوْمٍ ؟ قَالَ نَعَمْ . قَالَ فَكَيْفَ
كَانَ يَصْنَعُ ؟ قَالَ صَلَّى الْعِيْدَ . ثُمَّ رَخَّصَ فِي الْجُمُعَةِ . ثُمَّ قَالَ : مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّىَ فَلْيُصَلِّ)

Telah menceritakan kami Nashr bin Ali Al Jahdhami, telah menceritakan kami Abu Ahmad, telah mendceritakan kami Israil, dari Utsman bin al Mughirah, dari Iyaas bin Abu Ramlah Asy Syaami, berkata: Aku mendengar seorang laki-laki bertanya Zaid bin Arqam: : “Apakah engkau pernah meyaksikan bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dua hari raya dalam satu hari ?”.
Zaid bin Arqam menjawab : “Ya”.
Laki-laki tsb berkata : “Apa yang beliau perbuat ?”.
Zaid bin Arqam berkata : “Beliau shalat ied, kemudian memberikan rukhshah dalam shalat Jum’at.
Beliau bersabda :”Barangsiapa yang ingin shalat, hendaklah ia shalat”

Link Kitab Sunan Ibnu Majah (bersama Hasyiyah as Sindi) :
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=54&ID=398&idfrom=2391&idto=2395&bookid=54&startno=0

2. Imam Al Hakim dalam kitab Mustadraknya juz III halaman 73, hadits nomor 1014, maktabah syamilah

Berikut sanad dan matannya:
أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عُقْبَةَ الشَّيْبَانِيِّ بِالْكُوْفَةَ ثَنَا إِبْرَاهِيْمَ بْنُ إِسْحَاقَ الزُّهْرِيُّ ثَنَا مَالِكُ بْنُ إِسْمَاعِيْلَ ثَنَا إِسْرَائِيْلُ ثَنَا عُثْمَانُ بْنُ الْمُغِيْرَةِ الثَّقَفِيُّ عَنْ إِيَاسِ بْنِ أَبِيْ رَمْلَةَ الشَّامِيِّ قَالَ : شَهِدْتُ مُعَاوِيَةَ بْنَ أَبِيْ سُفْيَانَ وَ هُوَ يَسْأَلُ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ : هَلْ شَهِدْتَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عِيْدَيْنِ اجْتَمَعَا فِيْ يَوْمٍ قَالَ نَعَمْ. قَالَ كَيْفَ صَنَعَ ؟ قَالَ صَلَّى الْعِيدَ ثُمَّ رَخَّصَ فِى الْجُمُعَةِ فَقَالَ « مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّىَ فَلْيُصَلِّ

Link Kitab al Mustadrak Lil Haakim:
http://islamport.com/d/1/mtn/1/22/460.html (1/390)

3. Imam Ibnu Khuzaimah dalam kitab Shahihnya juz II halaman 359, hadits nomor 1464, maktabah syamilah.

Berikut sanad dan matannya:
أَنَا أَبُوْ طَاهِرٍ نَا أَبُوْ بَكْرٍ نَا أَبُوْ مُوْسَى نَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ نَا إِسْرَائِيْلَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيْرَةِ عَنْ إِيَاسِ بْنِ أَبِيْ رَمْلَةَ : أَنَّهُ شَهِدَ مُعَاوِيَةَ وَسَأَلَ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ شَهِدْتَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عِيْدَيْنِ اجْتَمَعَا فِيْ يَوْمٍ ؟ قَالَ : نَعَمْ صَلَّى الْعِيْدَ فِيْ أَوَّلِ النَّهَارِ ثُمَّ رَخَّصَّ فِي الْجُمُعَةِ فقَالَ : مَنْ شَاءَ أَنْ يُجَمِّعَ فَلْيُجَمِّعْ

Link Kitab Shahih Ibnu Khuzaimah:
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=75&ID=952&idfrom=1410&idto=1455&bookid=75&startno=40

4. Imam Baihaqi dalam Sunan Kubranya juz III halaman 317, hadits nomor 6511, maktabah syamilah

Berikut sanad dan matannya:
أَخْبَرَنَا أَبُو الْحُسَيْنِ بْنُ الْفَضْلِ الْقَطَّانُ أَخْبَرَنَا ابْنُ دُرُسْتُوَيْهِ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ سُفْيَانَ حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى أَخْبَرَنَا إِسْرَائِيلُ ح وَأَخْبَرَنَا أَبُو بَكْرٍ : مُحَمَّدُ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ فُورَكَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ حَبِيبٍ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ الطَّيَالِسِىُّ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيلُ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيرَةِ عَنْ إِيَاسِ بْنِ أَبِى رَمْلَةَ الشَّامِىِّ قَالَ : شَهِدْتُ مُعَاوِيَةَ يَسْأَلُ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ : أَشَهِدْتَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عِيدَيْنِ اجْتَمَعَا فِى يَوْمٍ؟ قَالَ : نَعَمْ قَالَ : كَيْفَ صَنَعَ؟ قَالَ : صَلَّى الْعِيدَ ، ثُمَّ رَخَّصَ فِى الْجُمُعَةِ فَقَالَ : مِنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّىَ فَلْيُصَلِّ

link Kitab Sunan al Baihaqi al Kubra:
http://www.islamicbook.ws/hadeth/snn-albihqi-alkbra-012.html
(hadits nomor 6080)
http://islamport.com/d/1/mtn/1/52/1859.html (3/317)

5. Imam Ahmad dalam Kitab Musnadnya juz IV halaman 465, hadits nomor 19337, maktabah syamilah.

Berikut sanad dan matannya:
حدثنا عبد الله حدثني أبي ثنا عبد الرحمن ثنا ِإِسْرَائِيْلَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيْرَةِ عَنْ إِيَاسِ بْنِ أَبِيْ رَمْلَةَ الشَّامِيِّ قَال شَهِدْتُ مُعَاوِيَةَ سَأَلَ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ شَهِدْتَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عِيْدَيْنِ اجْتَمَعَا ؟ قَالَ : نَعَمْ صَلَّى الْعِيْدَ أَوَّلَ النَّهَارِ ثُمَّ رَخَّصَّ فِي الْجُمُعَةِ فقَالَ : مَنْ شَاءَ أَنْ يُجَمِّعَ فَلْيُجَمِّعْ

Telah menceritakan kami Abdullah, telah menceritakan kami bapakku, telah menceritakan kami Abdurrahman, telah menceritakan kami Israil, dari Utsman bin al Mughirah, dari Iyaas bin Abu Ramlah Asy Syaami, berkata: Aku menyaksikan Muawiyah bertanya (kepada) Zaid bin Arqam: Apakah engkau menyaksikan bersama Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dua ied berkumpul ?
Zaid bin Arqam berkata: Ya, beliau shalat ied awal siang kemudian beliau memberi rukhsah didalam shalat Jumat seraya berkata: “Barang siapa yang berkehendak shalat Jumat, maka shalatlah Jumat".

Link Kitab Musnad Ahmad:
http://islamport.com/d/1/mtn/1/88/3348.html (42/122)
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=6&ID=792&idfrom=18464&idto=18543&bookid=6&startno=51

6. Imam Nasa`i dalam kitab Sunannya juz III halaman 194, cetakan Toha Putera / juz III halaman 194, hadits nomor 1591, maktabah syamilah

berikut sanad dan matannya:
أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْرَائِيْلُ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ الْمُغِيْرَةِ عَنْ إِيَاسِ بْنِ أَبِيْ رَمْلَةَ قَالَ سَمِعْتُ مُعَاوِيَةَ : سَأَلَ زَيْدَ بْنَ أَرْقَمَ أَشَهِدْتَ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ عِيْدَيْنِ قَالَ نَعَمْ صَلَّى الْعِيْدَ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ ثُمَّ رَخَّصَ فِي الْجُمُعَةِ

Link Kitab Sunan Nasa`i:
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=3&ID=1573

TELAAH HADITS

Pertama:
al Hafizh Ibn Hajar dalam kitab at Talkhish al Habier Fii Takhriiji Ahaadiitsi Ar Raafi’i al Kabier juz II halaman 209-210, maktabah syamilah menerangkan:

حَدِيثٌ : { اجْتَمَعَ عِيدَانِ عَلَى عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ ، فَصَلَّى الْعِيدَ أَوَّلَ النَّهَارِ ، وَقَالَ : يَا أَيُّهَا النَّاسُ إنَّ هَذَا يَوْمٌ قَدْ اجْتَمَعَ لَكُمْ فِيهِ عِيدَانِ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَشْهَدَ مَعَنَا الْجُمُعَةَ فَلْيَفْعَلْ ، وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يَنْصَرِفَ فَلْيَفْعَلْ }

Hadits:
“Telah berkumpul dua ied dimasa Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam ddalam satu hari. Beliau shalat ied diawal siang. Beliau bersabda:
“Wahai manusia, sesungguhnya ini adalah hari dimana telah berkumpul dua ied untuk kamu . Barang siapa yang ingin menyaksikan shalat Jumat bersama kami maka lakukanlah, dan barang siapa yang ingin pulang maka lakukanlah”.

أَبُو دَاوُد ، وَالنَّسَائِيُّ ، وَابْنُ مَاجَهْ ، وَأَحْمَدُ ، وَالْحَاكِمُ مِنْ حَدِيثِ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ : { أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الْعِيدَ ، ثُمَّ رَخَّصَ فِي الْجُمُعَةِ ، فَقَالَ : مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّيَ فَلْيُصَلِّ } .

HR. Abu Dawud, Nasa`I, Ibnu Majah, Ahmad, Hakim dari hadits zaid bin Arqam:
Sesungguhnya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam shalat ied, kemudian beliau memberikan rukhsah didalam shalat Jumat. Beliau bersabda: “Barang siapa yang ingin shalat maka hendaklah ia shalat”.

صَحَّحَهُ عَلِيُّ بْنُ الْمَدِينِيِّ ، وَرَوَاهُ أَبُو دَاوُد ، وَالنَّسَائِيُّ ، وَالْحَاكِمُ مِنْ حَدِيثِ عَطَاءٍ أَنَّ ابْنَ الزُّبَيْرِ فَعَلَ ذَلِكَ ، وَأَنَّهُ سَأَلَ ابْنَ عَبَّاسٍ عَنْهُ فَقَالَ : أَصَابَ السُّنَّةَ ،

Hadits tsb dishahihkan olh Ali bin Al Madini, dan diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nasa`I dan Hakim dari hadits Atha` , sesungguhnya Ibn Az Zubair melakukan demikian, dan sesungguhnya dia bertanya (kepada) Ibnu Abbas akan hal itu, maka beliau berkata: Dia telah sesuai sunnah”.

وَقَالَ ابْنُ الْمُنْذِرِ : هَذَا الْحَدِيثُ لَا يَثْبُتُ ، وَإِيَاسُ بْنُ أَبِي رَمَلَةَ رَاوِيهِ عَنْ زَيْدٍ مَجْهُولٌ

Ibnul mundzir berkata: Hadits ini tidak tsubut. Iyaas bin Abu Ramlah salah satu rawinya dari Zaid (bin Arqam) adaaalah majhul

Link Kitab kitab at Talkhish al Habier Fii Takhriiji Ahaadiitsi Ar Raafi’i al Kabier
http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?bk_no=11&ID=33&idfrom=424&idto=442&bookid=11&startno=18
http://islamport.com/d/1/krj/1/17/110.html

Kedua:
Imam Ibnu Khuzaimah dalam kitab shahihnya berkata:
بَابُ الرُّخْصَةِ لِبَعْضِ الرَّعِيَّةِ فِي التَّخَلُّفِ عَنِ الْجُمُعَةِ إِذَا اجْتَمَعَ الْعِيْدُ وَالْجُمُعَةُ فِيْ يَوْمٍ وَاحِدٍ إِنْ صَحَّ الْخَبَرُ فَإِنِّيْ لَا أَعْرِفُ إِيَاسَ بْنَ أَبِيْ رَمْلَةَ بِعَدَالَةٍ وَلَا جَرْحٍ

Bab rukhsah untuk sebagian rakyat didalam meninggalkan shalat Jumat ketika ied dan Jumat berkumpul didalam satu hari, apabila (memang) khabarnya shahih, karena aku tidak mengerti ‘adaalah dan jarh Iyaas bin Abu Ramlah

(Lihat: http http://www.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=75&ID=1450)


Ketiga:
Al Hafzih Ibn Hajar dalam kitab Taqriibuttahdziib halaman 116, rawi nomor 587 menjelaskan:
إِيَاسُ بْنُ أَبِيْ رَمْلَةَ الشَّامِيُّ مَجْهُوْلٌ
Iyaas bin Abu Ramlah Asy Syaami majhul

Link kitab Taqriibuttahdziib libni Hajar:
http://www.kl28.com/knol/index.php?p=view&post=11384&page=726

Sementara beliau (al Hafizh Ibn hajar) dalam kitab Tahdziibuttahdziib (juz I halaman 340, maktabah syamilah) mengatakan:

قُلْتُ:ذَكَرَهُ ابْنُ حِبَّانَ فِي الثِّقَاتِ وَقَالَ ابْنُ الْمُنْذِرِ اِيَاسٌ مَجْهُوْلٌ.
قَالَ ابْنُ الْقَطَّانِ هُوَ كَمَا قَالَ

Aku (Ibn Hajar) berkata:
Ibnu Hibban telah menuturkannya (maksudnya menuturkan Iyaas bin Abu Ramlah) dalam kitab Ats Tsiqaat. Ibnul Mundzir berkata: Iyaas majhul. Ibnul Qaththan berkata: Dia sebagaimana dikatakan olehnya (oleh Ibnul Mundzir)

Link Kitab Tahdziibuttahdziib Libni Hajar:
http://islamport.com/d/1/trj/1/134/2903.html (1/340)

Keempat
Imam Ibnu Hibban memasukkan rawi yang bernama Iyaas bin Abu Ramlah kedalam kitab Ats Tsiqaat (juz IV halaman 36, rawi nomor 172, maktabah syamilah)

Berikut teksnya:
إِيَاسُ بْنُ أَبِىْ رَمْلَةَ الشَّامِيُّ يَرْوِىْ عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ أَبِىْ سُفْيَانَ
رَوَى عَنْهُ عُثْمَانُ بْنُ الْمُغِيْرَةِ الثَّقَفِيُّ

Link kitab Ats Tsiqaat Libni Hibbaan:
http://www.islamweb.net/hadith/display_hbook.php?indexstartno=0&hflag&pid=463905&bk_no=450&startno=46

Kelima:
Imam Al Hakim dalam kitab al Mustadrak menshahihkan hadits diatas.

Berikut teks selengkapnya (bersama Ta’liq Adz Dzahabi dalam at Talkhish:
هَذَا حَدِيْثٌ صَحِيْحَ الْإِسْنَادِ وَ لَمْ يُخَرِّجَاهُ
وَ لَهُ شَاهِدٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ
تَعْلِيْقُ الذَّهَبِيِّ فِي التَّلْخِيْصِ : صَحِيْحٌ

Ini adalah hadits shahih isnad. Imam Bukharai dan Imam Muslim tidak mentakhrijnya. Hadits tsb menpunyai syahid atas syarat Imam Muslim.
Ta'liq Adz Dzahabi dalam Attalkhiish: " Shahih".

( lihat: http://islamport.com/d/1/mtn/1/22/460.html1/390)

Keenam:
Imam Nawawi dalam kitab Khulaashatul Ahkaam fii Muhimmaatis Sunan Wa Qawaa’idil Islaam juz II halaman 816, maktabah syamilah / halaman 816 versi PDF, Mu`assaturrisaalah:
عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : شَهِدْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِيْدَيْنِ اجْتَمَعَا ، فَصَلَّى الْعِيْدَ ، ثُمَّ رَخَّصَ فِي الْجُمُعَةِ ، فَقَالَ : ' مَنْ شَاءَ أَنْ يُصَلِّىَ فَلْيُصَلِّ ' رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ ، وَالنَّسَائِيُّ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ

Dari Zaid bin Arqam radhiyallaahu ‘anhu, berkata: Aku menyaksikan bersama Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam dua ied berkumpul, maka beliau shalat ied kemudian beliau memberi rukhsah didalam Jumat seraya berkata: “Barangsiapa yang ingin shalat, hendaklah ia shalat”
HR. Abu Dawud dan Nasa`i dengan isnad yang hasan.

Bersambung, Insya Allah
Ani Fah
Mantap's . . . Langsung dibungkus , Yai . . . Sekalian nunggu lanjutannya . . . a_a
43 menit yang lalu  Suka  1
Sunde Pati
siapkan godong
20 menit yang lalu  Suka  1
Hanya Ingin Ridlo Robby
Menurut para mujtahid/ahli fiqih gimana ttg hadits itu ? Sbb kalo saya termasuk yg bkn suka menrelan hdits mentah2, monggo kang Abdullah Afif ▶ posting jg syarahnya.
13 menit yang lalu  Suka  1
Mahmud Al-Martapura
Dalam albayan imam imroni,
وإن اتفق العيد يوم الجمعة وجبت الجمعة على أهل المصر ولا تسقط عنهم بفعل العيد وبه قال أكثر الفقهاء
Jika bertepatan hari raya dgn hr jumat,maka jumat tetap wajib atas penduduk negri,tdk gugur dr mereka dgn mengerjakan sholat ied,dgn ini memfatwakan kebanyakan ahli fiqh,
وعطاء : يصلى العيد ويترك الجمعة ولا صلاة في هذا اليوم إلى العصر
Imam atho ,cuma sholat ied,dan tdk perlu sholat jumat,tdk ada lg sholat sampai wkt ashar
وقال أحمد يسقط عنه حضور الجمعة
Imam ahmad mengatakan,kewajiban menghadiri jumat sdh gugur
وحكي عن عبد الله بن الزبير أنه صلى العيد وترك الجمعة فعابه بعض بني أمية فقال ابن الزبير : هكذا كان يصنع عمر بن الخطاب
Abdullah bin zubair mengerjakan sholat ied,dan tdk mengerjakan jumat,kata beliau spt ini lah yg dkerjakan umar bin khattab,

فبلغ ابن عباس فعل ابن الزبير وكان غائبا في اليمن فقال أصاب السنة
Ibnu abbas pun membenarkan apa yg di kerjakan ibnu zubair itu
وروي أن عليا خطب في العيد فقال
أيها الناس قد اجتمع عيدان في يوم فمن شهد العيد فقد قضى الجمعة إن شاء الله
Sayidina ali jg berpendapat gugur nya sholat jumat dgn ckp mengerjakan sholat ied,
ومن أصحابنا من قال : لا يسقط عنهم فرض الجمعة لأن من لزمه فرض الجمعة في غير يوم العيد لزمه في يوم العيد كأهل المصر
Dari para ashab syafi'i mengatakan,tdk gugur kewajiban sholat jumat dgn di kerjakan sholat ied,dgn dalil rasulullah pun tetap mengerjakan sholat jumat stlh sholat ied,dgn dalil di bwh ini,
والدليل ما روي عن أبي هريرة وابن عمر أنهما قال : اجتمع عيدان على رسول الله صلى الله عليه وسلم في يوم واحد فصلى العيد في أول النهار وقال : أيها الناس إن هذا يوم اجتمع فيه عيدان لكم فمن أراد من أهل العالية أن يصلي معنا الجمعة فليفعل ومن أراد أن ينصرف فليفعل

Walhasil : yang mu'tamad adalah tdk gugur kewajiban sholat jumat dgn sebab sholat ied,
Jd insya Allah jika hari raya idul adha tahun ini terjd pd hr jumat,maka 2x ke masjid dnk aku,
Pertama sholat iedul adha
Kedua sholat jumat,
11 menit yang lalu  Suka  2
Tulis komentar...