facebook
KOREKSI DAN PEMBANDING TERHADAP ARTIKEL YANG MENDHAIFKAN FADHILAH SURAT YASIN (CORRECTION NUMBER THREE)

KOREKSI DAN PEMBANDING TERHADAP ARTIKEL YANG MENDHOIFKAN FADHILAH SURAT YASIN....(CORRECTION NUMBER THREE)

oleh Ikhwan Salafy Bertabligh pada 13 April 2012 pukul 12:50 ·

Assalamu’alaikum

Ikhwani fillah.....

 

Agama kita memerintahkan agar berdebat dengan cara yang paling baik dengan Ahli kitab, apalagi dengan sesama muslim...

46. Dan janganlah kamu berdebat denganAhli Kitab, melainkan dengan cara yang paling baik...(Al-Ankabut)

 

 

Jangan

sampai karena Artikel tentang dhoifnya fadhilah surat yasin ( padahal

masih ada hadist yang shohih) , menyebabkan saudara saudara kami yang

ghiroh belajar agamanya sangat tinggi menjadi antipati atau menganggap

Bid’ah amalan membaca surat yasin...karena tanpa sadar ketika orang

sudah terdoktrin terhadap ajaran yang mengatakan “Fadhilah fadhilah

keutamaan surat yasin adalah dhoif semua “ maka dalam hati dan benaknya

ketika melihat saudaranya membaca surat yasin akan terbersit “ ini

amalan bid’ah”, .....dan ini adalah bisikan bisikan syetan yang

terkutuk. (mbaca qur’an kok Bid’ah....)

 

Kami menghimbau kepada

saudara saudara kami, agar belajar dengan Ikhlas dan hendaknya

memperbanyak referensi dan GURU dari berbagai madzab ( kalau mampu).

Sehingga tidak menjadikan hati dan fikiran sempit, contohlah Imam kita

....rata rata mereka mempunyai guru yang banyak dan dari berbagai

madzab.

 

 

Kembali KAMI  tuliskan analisa dan kritik terhadap

Artikel yang mendhoifkan Fadhilah surat yasin, Hadist ke

9....(correction number three)

 

 

9."Artinya : Bacakanlah surat Yasin kepada orang yang akan mati di antara kamu".

Keterangan : Hadits ini Lemah.

Diantara yang meriwayatkan hadits ini adalah Ibnu Abi Syaibah (4:74 cet. India), Abu Daud No. 3121. Hadits ini lemah karena Abu Utsman

,

di antara perawi hadits ini adalah seorang yang majhul (tidak

diketahui), demikian pula dengan ayahnya. Hadits ini juga mudtharib

(goncang sanadnya/tidak jelas).

 

 

PEMBANDING DARI KAMI (IKHWAN SALAFY BERTABLIGH)

 

SILAHKAN DILIHAT “ LIDWA 9 IMAM HADIST dan “ HADIST

HADIST DAN ATSAR YANG MENJELASKAN KEUTAMAAN SURAH SURAH AL-QUR'AN”

__KARYA DR. IBRAHIM 'ALI AS-SAYYID 'ALI 'ISA _HAL 292-293

 

Sunan Abu Daud 2714: Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al 'Ala`, dan Muhammad bin Makki Al Marwazi, secara makna, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Ibnu Al Mubarak dari Sulaiman At Taimi dari Abu Utsman bukan An Nahdi, dari ayahnya, dari Ma'qil bin Yasar, ia berkata; Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bacakanlah Surat Yaasiin kepada orang yang akan meninggal diantara kalian." Dan ini adalah lafazh Ibnu Al 'Ala`.

 

Musnad Ahmad 19416: Telah menceritakan kepada kami 'Arim, telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Mubarak, telah menceritakan kepada kami At Taimi dari Abu 'Utsman, bukan An Nahdi dari Ayahnya dari Ma'qil bin Yasar ia berkata; Rasulullah Shallalahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bacakanlah kepada orang-orang yang meninggal diantara kalian yaitu surat Yaasiin."

 

Musnad Ahmad 19427: Telah menceritakan kepada kami Ali bin Ishaq, telah menceritakan kepada kami Abdullah dan 'Attab, telah menceritakan kepada kami Abdulah bin Mubarak, telah mengabarkan kepada kami Sulaiman At Taimi dari Abu Utsman, bukan An Nahdi dari Ayahnya dari Ma'qil bin Yasar ia berkata; Rasulullah Shallalahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Bacakanlah

(surat Yaa Siin) terhadap orang-orang yang meninggal diantara kalian."

Ali bin Ishaq berkata dalam haditsnya yaitu surat Yaa Siin.

 

Sunan Ibnu Majah 1438: Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Ali Ibnul Hasan bin Syaqiq dari Ibnul Mubarak dari Sulaiman At Taimi dari Abu Utsman -bukan An Nahdi- dari Bapaknya dari Ma'qil bin Yasar ia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bacakanlah ia untuk orang-orang akan meninggal dari kalian, yakni YASIIN. "

 

 

SANAD SANAD HADIST DIATAS ADALAH:

 

  • Al 'Ala`, (tsiqoh,perawi kitab 6) dan Muhammad bin Makki Al Marwazi,(maqbul) dan 'Arim, (Tsiqoh perawi kitab 6) ------(hr Abu Daud dan Ahmad)

  • Ali bin Ishaq,(Tsiqoh) telah menceritakan kepada kami dan 'Attab (Tsiqoh) ------(HR. Ahmad)

  • Abu Bakr bin Abu Syaibah (Tsiqoh, perawi bukhari muslim) berkata, telah menceritakan kepada kami Ali Ibnul Hasan bin Syaqiq (Tsiqoh perawi kitab 6) -----(HR. Ibnu Majah)

 

BELIAU – BELIAU INI SEMUA (perawi yang bergaris bawah) MERIWAYATKAN DARI :

 

  • dari Ibnul Mubarak (Tsiqoh Imam , perawi kitab 6 dan ahmad serta Darimi)

  • dari Sulaiman At Taimi (Tsiqoh , perawi kitab 6 plus Ahmad dan Darimi)

  • dari Abu Utsman -bukan An Nahdi- (Ibnu Madini =majhul tapi Di tsiqohkan Ibnu Hibban, merupakan perawi Abu daud 1 hadist, nasai 1 hadist, Ibnu Majah 1 Hadist, Ahmad 2 hadist))

  • dari Bapaknya : (majhul sama seperti Abu Utsman, merupakan perawi Abu daud 1 hadist, nasai 1 hadist, Ibnu Majah 1 Hadist, Ahmad 2 hadist)

  • dari Ma'qil bin Yasar: ( sahabat)

 

ANALISIS HADIST DIATAS:

Adanya Sulaiman At-taimi dan Abdulloh bin Mubarak dalam hadist diatas merupakan Indikasi bahwa hadist diatas bisa diamalkan .dan Juga mengindikasikan bahwa Sulaiman At-taimi mengenal Abu Utsman....

 

SEMENTARA ITU dalam

HADIST

HADIST DAN ATSAR YANG MENJELASKAN KEUTAMAAN SURAH SURAH AL-QUR'AN”

/KARYA DR. IBRAHIM 'ALI AS-SAYYID 'ALI 'ISA _HAL 292-293

 

Hadist diatas dikeluarkan oleh : Ibnu Hibban dalam SHOHIH-NYA, dan perawi dalam sanadnya Tsiqoh, Hanya saja Abu Utsman dikomentari oleh Ibnu Hajar dengan maqbul, dan ditsiqohkan oleh Ibnu Hibban.

 

 

 Sementara Ibnu Katsir berkata: “ Sebagian ulama berkata bahwa diantara

keistimewaan surah yasin adalah, jika surah tersebut dibacakan untuk

menghadapi masalah yang sulit , maka Alloh akan memudahkannya. Sedangkan

membacakannya pada orang yang akan meninggal berfungsi untuk menurunkan

Rahmat dan keberkahan serta memudahkan keluarnya Roh, Wallohu a’lam.”

 

KESIMPULAN DARI KAMI ( IKHWAN SALAFY BERTABLIGH)

 

 

KESIMPULANNYA

: UNTUK SAAT INI (jum’at ke 2, April 2012) HADIST DIATAS MINIMAL HASAN

DAN BISA DIAMALKAN DENGAN MENIMBANG POINT BERIKUT:

  • IBNU HIBBAN TELAH MENSHOHIHKANNYA.

  • ABU UTSMAN WALAUPUN MAJHUL DIPAKAI PERAWI OLEH : ABU DAUD ,IBNU MAJAH DAN IMAM AHMAD. 

    MINIMAL SULAIMAN AT-TAIMI RH MENGENAL ABU UTSMAN...:)

  •  

    ADANYA IMAM IBNU MUBARAK dan SULAIMAN AT-TAIMI  DALAM SANADNYA.

    (BELIAU ADALAH TSIQOH DAN KAPASITAS BELIAU DALAM HADIST TIDAK ADA

    YANG MERAGUKAN)_ SEHINGGA KALAU ADA HADIST DIMANA IMAM IBNU MUBARAK

    IKUT MERIWAYATKAN , ITU MENGANDUNG MAKNA BAHWA HADIST ITU BISA

    DIAMALKAN MENURUT IMAM IBNU MUBARAK.
  • PENGALAMAN pengalaman ORANG ORANG YANG SHOLIH.

     

     Untuk

    pengalaman sebagian salafus sholeh, silahkan dilihat dalam hadist

    dibawah ini:Musnad Ahmad 16355: Telah menceritakan kepada kami Abu Al Mughirah telah menceritakan kepada kami Shafwan telah bercerita kepadaku beberapa orang syaikh,

    mereka menghadiri Ghudlaif Al Harits Ats-Tsumali tatkala kekuatan

    fisiknya telah melemah, lalu berkata; "Maukah salah seorang di antara

    kalian membacakan surat YASIN?" "Lalu Shalih bin Syuraih As-Sakuni

    membacanya, tatkala sampai pada ayat yang ke empat puluh, Ghudlaif

    Alharits Ats-Tsumali wafat." (Shahwan radliyallahu'anhu) berkata;

    "Beberapa syaikh tadi berkata; 'Jika hal itu dibacakan di sisi mayit,

    maka akan diringankannya." Shahwan berkata; 'Isa bin Al Mu'tamir

    membacakan di sisi Ma'bad.

     Abu Al Mughiroh : adalah di tsiqohkan Imam Daraquthni, Imam Dzahabi , Imam Ibnu Hajar dan merupakan perawi Kutubussittah.

    Shafwan : adalah di Tsiqohkan Ibnu sa’ad , Al ‘Ajli, Dzahabi , Ibnu hajar dan beliau perawi kutubussittah.

    Jadi cerita diatas ( hr Ahmad 16355) TENTANG FADHILAH SURAT YASIN adalah shohih.

 

Ada khilaf dan salah mohon dimaafkan, kalau ada yang salah silahkan dinasehati dengan nasehat yang ahsan.

Wallohu a’lam bishshowab

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ 

Tulis komentar...