facebook
KOREKSI TERHADAP ARTIKEL YANG MENDHOIFKAN FADHILAH SURAT YASIN...(HR. DARIMI 3285_ CORRECTION NUMBER TWO)

KOREKSI TERHADAP ARTIKEL YANG MENDHOIFKAN FADHILAH SURAT YASIN...(HR. DARIMI 3285_ CORRECTION NUMBER TWO)

oleh Ikhwan Salafy Bertabligh pada 10 April 2012 pukul 7:58 ·

Assalamu'alaikum

 

 

Ikhwani

fiddien....jangan sampai kebencian kita kepada suatu kaum menyebabkan

kita berlaku tidak adil...seyogyanya kita saling nasehat menasehati

berlandaskan Ukhuwah...karena sesungguhnya orang orang yang beriman itu

bersaudara...

 

 

Kembali kami sampaikan pembanding tentang

FADHILAH SURAT YASIN yang merupakan koreksi kami terhadap artikel yang

mendhoifkan Fadhilah surat yasin ,  pada hadist no 8 :

 

8."Artinya

: Siapa yang membaca surat Yasin di pagi hari maka akan dimudahkan

(untuknya) urusan hari itu sampai sore. Dan siapa yang membacanya di

awal malam (sore hari) maka akan dimudahkan urusannya malam itu sampai

pagi".

 

Keterangan : Hadits ini Lemah.

Hadits ini diriwayatkan Ad-Darimi 2:457 dari jalur Amr bin Zararah.

Dalam sanad hadits ini terdapat Syahr bin Hausyab. Kata Ibnu Hajar : Ia banyak memursalkan hadits dan banyak keliru. (Periksa : Taqrib I:355, Mizanul I'tidal II:283).

 

 

TANGGAPAN KAMI ( IKHWAN SALAFY BERTABLIGH)

 

 

Sunan Darimi 3285: Telah

menceritakan kepada kami Amr bin Zurarah telah menceritakan kepada kami

Abdul Wahhab telah menceritakan kepada kami Rasyid Abu Muhammad Al

Himmani dari Syahr bin Hausyab ia berkata; Ibnu Abbas berkata;

"Barangsiapa

yang membaca surat Yasin ketika berada di waktu pagi niscaya diberikan

kepadanya kemudahan hari itu hingga ia berada di waktu sore, dan

barangsiapa yang membacanya pada awal malam niscaya diberikan kepadanya

kemudahan malam itu hingga ia berada di waktu pagi."

  ( menurut Syaikh Husain Salim Asad isnadnya Hasan mauquf sampai Ibnu Abbas ra)

 

kami tuliskan fakta tentang beliau rh.

SYAHR BIN HAUSYAB =

Ø  Imam Muslim menggunakan jasa beliau dalam hadist no 3821,

Ø 

Imam

Abu Daud menggunakan jasa beliau dalam hadist hadist shohih

1278,3468,3469,4385,4528, dan hadist yang lain

115,2123,2483,3201,3509,444 dan 579.        

Ø  Kemudian Imam An-Nasai menggunakan jasa beliau dalam hadist shohih no 1777,3581,3582.

Ø  Kemudian Imam Tirmidzi menggunakan jasa beliau dalam hadist no : 2047 dan beliau berkomentar hadist hasan shohih serta Muhammmad bin Ismail mentsiqohkan Syahr bin Hausyab,

2621 (hasan menurut imam Tirmidzi rh),

2855 (shohih menurut Syaikh AlBani),

3161 (hasan menurut imam Tirmidzi),

87( shohih, syaikh AlBani juga ikut menshohihkannya),

1862 (hasan menurut Imam Tirmidzi),

3139 (hasan menurut Imam Tirmidzi),

2419 (hadist hasan menurut Imam Tirmidzi)

singkatnya menurut software : Imam Tirmidzi menggunakan jasa beliau sebagai perawi  kurang lebih dalam 26 Hadist.

Ø  Imam Ahmad menggunakan jasa beliau dalam  205 hadist.

 

SEHINGGA UNTUK SAAT INI KAMI MENGAMBIL KESIMPULAN BERDASARKAN FAKTA FAKTA YANG ADA DI DUNIA PERHADIST-AN :

"Syahr bin Hausyab " meskipun ada yang mendhoifkan beliau , hadistnya minimal HASAN.

 

Sehingga

Atsar diatas memang shohih dari ibnu Abbas, bisa saja beliau mendengar

dari Rosululloh , atau dari sahabat yang lain dari Nabi, atau

berdasarkan pengalaman orang orang yang sholeh.

 

kalau ada kesalahan, mohon dikoreksi dengan UKHUWAH...

Wallohu a'lam bishshowab.

 

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Tulis komentar...