Nama-nama Untuk laki-laki dan Perempuan

       Nama adalah cerminan harapan Orang tua. Setiap Muslim dianjurkan untuk memberi nama anaknya dengan nama yang Islami yang baik, indah dan mengandung makna yang mulia.

        Seorang Anak berhak memperoleh nama yang baik. Seorang sahabat datang kepada Rasulullah saw dengan mengandeng anaknya, lalu dia bertanya : "Ya, Rasulullah, apa hak anakku ini atasku ?...,Rasulullah menjawab, Membaguskan namanya, memperbaiki adabnya (sopan santun) dan menempatkannya pada kedudukan (posisi) yang baik (fisik dan spiritual)" (H.R. Aththusi).

Adakah kaitan nama dengan sifat orangnya ? , pertanyaan yang sulit dijawab dan dibuktikan secara ilmiah dan kenyataan. Ada kalanya seseorang yang bernama Muhammad Shaleh ternyata adalah seorang penjahat ulung, atau sebaliknya. Al Imam Ibnu Qoyyim Aljauziyah berpendapat bahwa antara nama dengan sifat orangnya ada kaitan dalam makna dan hikmah. Setidaknya nama dapat menimbulkan sugesti (pengaruh yang dapat mengerakkan hati) dan sifat optimisme (memberi harapan yang baik).

Ketika Rasulullah saw bertemu dengan ketua tim perunding dalam perjanjian damai Hudaibiyah (Sulhul Hudaibiyyah), Suhail (yang berarti mudah), maka Rasulullah merasa optimis bahwa persetujuan itu akan tercapai.

Dibawah ini kami sajikan nama-nama yang Islami, dan kami bedakan menjadi 2 katagori yaitu nama untuk laki-laki dan nama untuk perempuan yang kami sajikan secara berurutan berdasarkan Abjad