Seiring dengan dinamika perubahan jaman, corak rasional (dalam ilmu tauhid, pen) mulai bergerak maju, sehingga corak intelektualisme mulai menampakkan diri bersama dengan corak pitisme. Hal ini terlihat dalam karya buku yang disusun oleh siswa tamatan kelas 3 Aliyah Pondok Pesantren Lirboyo ini. Saya sendiri sangat apresiatif dan salut akan karya ini, dan berharap ia akan menjadi contoh/pilot bagi kemajuan dan dinamika diskursus studi-studi keislaman di pondok pesantren di Indonesia.

KH. Dr. Noer Iskandar al-Barsani. M.A.

Mantan Anggota DPR/MPR RI dan Dosen FAI Unisma, Malang,

Pengasuh Pondok Pesantren al-Hidayah, Purwokerto

 

 

Menurut kami, buku ini sangat dibutuhkan oleh siapa saja yang ingin mengetahui sejarah perkembangan Islam dari masa ke masa, sehingga dapat menjadi iítibar pengetuk hati untuk lebih mantap dan lebih percaya atas kekuasaan Allah Yang Maha Kuasa. Disamping itu, buku ini juga berguna untuk mengetahui perkembangan berbagai disiplin ilmu hingga terklasifikasi menjadi disiplin ilmu aqidah, ilmu tasawuf, dan ilmu fiqh, dimana semua disiplin ilmu tersebut sebenarnya sudah ada dan diamalkan pada zaman RasululLah Saw. dan para shahabat, walaupun namanya belum terbentuk secara spesifik seperti sekarang.

K. M. Azizi Hasbullah

Perumus Lajnah Bahtsul Masail PWNU Jawa Timur,

Dewan Rois LBM P2L, dan Pengajar Bidang Tafsir

 

 

 

Dengan membaca buku ini, Anda akan menemukan hal-hal yang mungkin selama ini tidak pernah Anda pikirkan sebelumnya. Sebuah telaah menyeluruh dalam bidang akidah, baik dari sisi metodologi, sejarah, epistemologi, analisa faktual-aktual, hingga detil-detil persoalan yang berhubungan langsung dengan akidah dan keimanan, akan terurai secara logis dan rasionil dalam setiap halaman buku ini. Selamat Membaca!