The Untold Story
Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia "A to Z"

Rumah Terakhir Mantan Presiden & Keluarga

Kompleks Makam Bung Karno
The Tomb of Bung Karno

Kompleks makam Bung Karno sebelumnya merupakan satu kompleks dengan arsitektur khas Jawa yaitu bangunan joglo. Sejak 2004 telah ditambahkan bangunan baru yang menjadi satu kompleks dengan makam Bung Karno tersebut. Tim arsitek bangunan baru diketuai oleh Pak Pribadi Widodo dan Pak Baskoro Tedjo dari ITB. Sejak kami memasuki area makam ini, sebuah bangunan disamping makam menarik perhatian kami (sumber : berbagai sumber)
Anatomy of Bung Karno's Complex
Gerbang kompleks lama, yang berbentuk seperti candi dengan ukuran besar. Tampaknya terdapat keinginan menarik masa lalu ke masa sekarang yang dimulai dari kompleks lama ini, dalam bentuk yang sangat mirip (atau dimiripkan) dengan bangunan candi masa lalu, demikian pula dengan bahan bangunannya menggunakan batuan. Sistem konstruksi massa, namun kami ingin mengetahui apakah bagian dalam bangunan ini diisi dengan sistem konstruksi beton, tampaknya demikian.
Bangunan yang memayungi makam Bung Karno. Bentuknya pendopo memayungi makam. Bangunan joglo lebih kekinian daripada bangunan candi.
Space penghubung antara kompleks lama dengan bangunan baru, bersifat menghubungkan.
Bangunan modern dari kompleks baru. Kaidah desain fungsional dengan memasukkan unsur tradisi masa lalu dalam pemakaian batuan untuk dinding luarnya. Peniruan dan penerusan tradisi masa lampau dari bahan bangunan candi.
 
MAKAM BUNG KARNO: Sejumlah pengunjung sedang berziarah di makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan, Blitar. Di kompleks makam ini dibangun perpustakaan dan museum Bung Karno. (57t) - SM/Djito Patiatmodjo
Makam mantan presiden RI pertama Ir. Soekarno alias Bung Karno di BLitar, Jawa Timur, 1996 [ Dok. TEMPO; R1A/433/1996; 20010226].
Harmoko bersama Siti Hardijanti Rukmana alias Tutut Soeharto dan rombongan sedang berdoa saat ziarah di makam Soekarno/ Bung Karno di Blitar, 1994. [TEMPO/ K Candra Negara; 21D/214/1994; 20011029].
SM/Reuters ZIARAH MAKAM : Susilo Bambang Yudhoyono dan istri berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jatim, kemarin.(55t) (2004)

Makam para mantan PM - Makam Bung Karno (Blitar) - Astana Giri Bangun

 
       

Counter

     kompilasi chm : www.pakdenono.com - juni 2007-

     Halaman ini akan terus di update