Kata Pengantar

 
بسم الله الرحمن الرحيم

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan petunjuk, bantuan dan pertolongan kepada kita sekalian, sehingga kita dapat menjadi pemeluk agama Islam, yang memiliki tiga macam ajaran. Ketiga ajaran tersebut yaitu:

  1. ajaran tentang keimanan untuk membimbing manusia selaku makhluk yang dapat berpikir dan memiliki keyakinan,

  2. ajaran tentang peribadatan untuk membimbing tingkah laku lahir manusia sebagai penggejalaan dari nafsu manusia, dan

  3. ajaran tentang akhlak untuk membimbing manusia selaku makhluk yang memiliki budi pekerti.

Salawat dan salam semoga tetap tercurah atas Nabi Besar Muhammad saw yang telah menyelesaikan ketiga macam ajaran tersebut dengan sukses. Karenanya beliau menjadi pemimpin dunia terbesar yang belum dan tidak akan pernah ditandingi oleh siapa pun sepanjang sejarah.

Ajaran iman yang kita ketahui memiliki enam sendi. Ternyata ajaran iman tersebut memiliki 77 cabang yang harus kita ketahui dan kita amalkan. Kitab yang menuturkan 77 cabang iman secara ringkas dan mudah difahami adalah Qami' ath-Thughyan karangan Syeikh Muhammad Nawawi bin 'Umar dari Banten. Kitab tersebut merupakan ulasan dari kitab Syu'ab al-Imanyang berbentuk syair karya Syeikh Zainuddin bin 'Ali. Terjemahan kitab tersebut lengkap dengan syair-syairnya dimaksudkan untuk dapat dijadikan bahan bacaan yang mudah bagi mereka yang ingin menambah pengetahuan agama.

Syeikh Muhammad Nawawi bin 'Umar Banten mengawali ulasan syair yang menuturkan cabang-cabang iman dengan tiga syair pembuka kitab Syu'ab al-Iman sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لِلّهِ الَّذِى قَدْ صَـيَّرَا * اِيْمَانَ شَخْصٍ ذَا شُعَبْ فَتُتَمَّمُ
هَذِىْ بُيوْتٌ مِنْ كِتَابِ الْكُوْشِنِى * مَنْ قَـالَ بَعْدَ صَـلاَتِنَا َنُسَـلِّمُ
لِمُحَـمَّدٍ وَِلآلِـهِ وَصَــحَـابَتِهْ * مَادَارَ شَمْسٌ فِى السَّمَـاءِ وَاَنْجُمُ
  • Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan iman seseorang mempunyai cabang-cabang, sehingga cabang tersebut harus disempurnakan.

  • Bait-bait syair ini diambil dari kitab Syeikh Zainuddin al-Kusyini, yaitu orang yang berkata setelah kami membaca salawat dan salam,

  • bagi Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabat beliau, selama matahari dan bintang-bintang di langit masih beredar.

Akhirnya kami memohon kepada Allah swt semoga risalah kecil ini dapat bermanfaat bagi generasi muda Islam pada khususnya dan umat Islam pada umumnya, sebagaimana Allah telah memberikan manfaat yang besar kepada kitab aslinya.

Malang, Rabi'ul Awwal 1417 H/Agustus 1996
Penyadur

AMM