(Maaf, untuk sementara, pertanyaan-pertanyaan lainnya kami gabungkan. Insya Allah akan kami pisahkan pada versi selanjutnya –compiler)

 

·        Apa solusi bingung dalam suatu pilihan jodoh / lainnya?

Jawab : saran saya Anda melakukan shalat istikharah untuk mohon petunjuk pada Alah swt, lakukanlah shalat istikharah 3 malam berturut turut, dan pada hari ketiga anda akan diberi petunjuk oleh Allah swt dengan kemantapan hati (bukan mimpi), maka Allah akan memilihkan satu pilihan terbaik bagi anda yaitu yg anda mantap melakukannya, dan kemantapan itu adalah dari Allah setelah anda mohon petunjuk Nya swt,

dan setelah kemantapan itu jika anda jalankan maka Allah akan menyingkirkan segala permasalahan dan rintangan yg merintanginya, karena akan menjadi kebaikan pd anda.

namun jika Allah tak menghendakinya untuk anda, mungkin akan menjadi musibah, dosa, kemiskinan, perceraian, pengkhianatan dan musibah lainnya, maka pada hari ketiga anda melakukan istikharah itu hati anda akan mantap meninggalkannya.

 

·        Adakah doa untuk ketenangan batin dan penghapus dosa?

saya sarankan anda membaca dzikir Subhanallahi wabihamdih, bacalah 100X setiap pagi dalam keadaan suci, dzikir ini disarankan oleh Nabi saw sebagaimana sabda beliau saew : Barangsiapa membaca Subhanallahi wabihamdih 100X setiap harinya maka berjatuhan dosa dosanya walau sebanyak buih dilautan (Shahih Bukhari)

dan sabda Rasulullah saw : "Kalimat yg paling dicintai Allah adalah Subhanallahi wabihamdih" (Shahih Muslim)

dzikir ini mencerahkan wajah, menenangkan hati, menyejukkan jiwa, dan membuka banyak kemudahan, karena kita menyukai dan mencintai dan mengamalkan ucapan yg dicintai Allah, maka Allah akan memberi apa apa yg kita senangi dan sukai, yaitu kecerahan wajah, kemudahan hidup, dan ketenangan hati

 

·        Siapakah yg boleh diberi zakat?

Jawab : urutan Mustahiq (orang yg berhak) akan zakat adalah

1. Fuqara :

fuqara dalam hukum syariah adalah orang yg penghasilannya hanya mencukupi 40% dari kebutuhannya, seandainya kebutuhannya (atau dg keluarga tanggungannya, mungkin dg ayah ibunya dan istri anaknya), andai kebutuhannya 100 ribu sebulan, dan pendapatannya hanya 40 ribu atau kurang (40% atau kurang). inilah yg disebut fuqara, walaupun ia punya usaha, atau rumah yg dikontrakkan, atau kendaraan yg digunakan usaha, yg jelas penghasilannya hanya 40% (atau kurang). dari kebutuhan Primernya (bukan kebutuhan sekunder).

dan bila mereka mempunyai pendapatan yg minim namun mereka mempunyai harta yg bersifat Sekunder, seperti televisi, kendaraan dlsb yg bukan digunakan untuk usaha, maka mereka tidak tergolong fuqara, dan tidak berhak mendapat Zakat.

2. Masakiin

Masakiin adalah orang orang miskin, dan penjelasannya sama dengan diatas, namun perbedaannya bahwa orang miskin di dalam hukum Syariah adalah mereka yg penghasilannya hanya 80% (atau kurang), dari kebutuhannya, mereka ini taraf hidupnya diatas fuqara, namun masih berkekurangan. mereka berhak menerima zakat.

singkatnya :

penghasilan 0% - 40% adalah fuqara -----> tidak wajib zakat, dan berhak mendapat zakat.

41% - 80% adalah orang miskin ------> tidak wajib zakat, dan berhak mendapat zakat

81% - 100% -------> adalah kelompok yg tidak wajib zakat dan tidak pula berhak mendapat zakat.

100% - hingga berlebihan -----> kelompok yg diwajibkan mengeluarkan zakat dan tidak berhak menerima zakat.

3. Ghaarimiin

orang yg terlibat hutang dan belum mampu melunasi hutangnya. mereka ini ada 4 kelompok

a). orang yg berhutang untuk mendamaikan dua kelompok yg bertentangan, ia berhak mendapat zakat untuk bantuan melunasi hutangnya yg belum mampu ia lunasi, walaupun ia seorang kaya raya. (seandainya hutangnya 100 juta, dan ia mampu melunasi nya dalam setahun, maka dalam tempo satu tahun itu ia berhak menerima zakat).

b). orang yg belum mampu melunasi hutangnya yg hutangnya adalah untuk maslahat muslimin, misalnya membangun masjid, membuat jalan, madrasah agama, majelis taklim dll. walaupun ia kaya raya, sebagaimana penjelasan diatas.

c). orang yg belum mampu melunasi hutang dirinya sendiri, selama hutangnya itu bukan untuk maksiat.

d). orang yg berhutang untuk menjamin hutang orang lain, atau menebus keselamatan seseorang, selama tidak terlibat dalam kemaksiatan.

4. Musafirun wa Ibnu Sabiil

orang yg dalam perjalanan, dan ingin kembali kerumahnya namun ia tak punya ongkos yg cukup, sebab kerampokan atau kehilangan dlsb, walaupun ia seorang kaya raya di kampungnya. (hal seperti ini mungkin di zaman sekarang jarang terjadi karena sudah adanya handphone, rekening bank, dlsb, namun paling tidak seandainya ia terjebak dalam kecopetan dan kehilangan atau lainnya, maka dana zakat dikeluarkan paling tidak untuk menghubungi keluarganya di rumahnya untuk mengirim uang, walaupun jumlah kecil namun ia termasuk berhak zakat).

5. 'Aamiluun alaihaa

para pekerja yg bertugas membagi bagikan zakat, walaupun ia seorang kaya raya, dengan syarat ia tidak mendapat gaji/upah dalam kerjanya, misalnya ia seorang Imam Masjid yg sudah ada penghasilan khusus dari kas masjid, maka mereka tidak berhak, ataupun petugas kelurahan yg memang sudah ditunjuk pemerintah untuk pekerja diantaranya mengurus zakat, maka mereka tidak berhak, demikian pula muazin yg sudah ada jatah upah dari masjid.

6. Mu'allafati qulubihim

para muslim yg baru saja memeluk islam dan mereka masih memiliki iman yg lemah dan ditakutkan kembali kepada agamanya, maka mereka berhak atas zakat.

7. Ghuzaat fi sabiilillah

para pejuang yg membela islam yg tidak mendapat upah. mereka siap tempur dan berperang membela islam kapanpun (tentara jihad), namun tidak mendapat upah/gaji penopang nafkah. mereka berhak zakat, namun kelompok ini sudah tidak ada lagi di zaman sekarang, karena ini hanya disyariahkan bagi negara yg berhukumkan Islam

8. Al Kaatibuun Kitaabah Shahihah

mereka yg dalam penebusan diri untuk menebus kebebasan dirinya dari perbudakan, kelompok ini pun sudah tidak ada di zaman sekarang.

sumber (Kitab Busyralkarim syarh Muqaddimatulhadhramiyyah alaa madzhabussyafi'iyyah Bab Zakaat Naqd)

 

·        Kenapa iman kita naik turun?

Jawab : iman itu naik dan turun, dan jika sedang saat menurun demikian, ingatlah mati..,

ketika tangan tangan para kekasih mengusung kita dan menurunkan tubuh kita kedalam lahad dengan airmata kesedihan, tahukah keadaan kita?, seluruh tali pengikat kafan dibuka, lalu wajah dibuka dari kafan..

tubuh ditaruh dalam posisi miring menghadap ke kanan yaitu kiblat, lalu punggung kita diganjal batu bata agar tubuh tidak terlentang lagi, yaitu tetap miring menghadap kiblat, dan wajah kita ditempelkan ke dinding kubur, agar terus wajah kita mencium tanah dinding kubur yg lembab itu....

lalu kayu kayu papan ditaruhkan diatas tubuh kita bersandarkan dinding kubur, menutup seluruh tubuh kita agar tanah tidak langsung menimpa tubuh, lalu tanah mulai ditumpahkan diatas tubuh kita..

setelah itu kita sendiri disana..., dalam kesempitan dan kegelapan.., panas.. gelap..

sendiri.. bukan sebulan atau dua bulan, tapi bisa ratusan tahun atau ribuan tahun sendiri..

tak bisa curhat..., tak bisa berhubungan dg siapapun.., tak bisa bergerak kemana mana..., tak ada pemandangan, tak ada warna, yg ada hanya kegelapan dan kegelapan.., menunggu dan menunggu.. ribuan tahun.. sendiri..

yg ditunggu adalah sidang akbar pertanggungan jawab.. harap harap cemas diselingi putus asa dan penyesalan.. itulah yg terus menghantui kita kelak..

ketika mengingat ini maka leburlah segala kekerasan hati, iapun mencair, dan jiwa terpanggil untuk sujud sambil menangis, mengadu pada Allah jika ingat akan hal itu karena hanya Dialah yg melihat keadaan kita saat itu..

hanya Dialah yg ada saat itu.. untuk inilah kita shalat.. agar Dia swt tak melupakan kita saat itu dan mengasihani kita yg telah terbujur kaku didalam tanah lembab ribuan tahun..

 

·        Bagaimana tentang keindahan Allah?

Jawab : keindahan Allah tak bisa disifatkan, karena berbeda dengan segenap makhluk dan tidak menyerupai makhluk, Allah swt itu sangat Indah, dan akan semakin indah terasa, dengan hubungan batin kita yg semakin banyak meninggalkan larangannya dan mematuhinya, Dia swt akan mengalirkan cinta kepada hati hamba Nya sehingga hamba Nya mulai asyik pada Nya swt,

nah.. inilah sorga terindah sebelum mereka mengenal sorga, dan kelak mereka melihat keindahan Allah, dan Allah jadikan tempat tinggal mereka di sorga, dan sungguh jika disuruh memilih untuk tinggal di neraka namun boleh melihat keindahan Allah maka semua mereka akan meninggalkan sorga dan masuk keneraka,

sebagaimana diriwayatkan ketika seorang hamba yg terakhir keluar dari neraka setelah mungkin ratusan ribu tahun dihancur leburkan di api neraka, setelah jutaan kali tubuhnya dihidupkan kembali dan disiksa, lalu ia dihadapkan pada Allah.., ia melihat Allah..,

lalu Allah bertanya padanya, hambaku, berapa lama kau di api neraka?, hamba itu berkata : "aku tak pernah merasakan siksa neraka..".

kenapa?,

hilang seluruh kepedihan neraka karena melihat keindahan Allah swt...,

nah.., namun Allah menempatkan hamba hamba yg rindu pada Nya adalah di sorga, maka mereka meminta sorga karena tahu sorga adalah tempat terdekat pada Allah, mereka mendambakan sorga karena itu tempat orang yg dicintai Allah,

mereka mengharap sorga karena di sorga lah mereka akan sering berjumpa dan melihat Allah..

 

·        Bagaimana cara mengundang Majelis Rasulullah saw dan habib?

Jawab : anda dapat menghubungi bagian penjadwalan kami Ustaz Syukron di 0217986709 atau di hp beliau 08176613400.

 

·        Bagaimana caranya Tobat?

Jawab : Taubat adalah perbuatan yg termudah dari seluruh perbuatan kita dalam kehidupan ini saudaraku, taubat hanya butuh kurang dari sekejap.., menyesali dosa dg sungguh sungguh, merasa bersalah dan mohon Ampunan pd Allah swt, dan bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan tsb, maka kita telah terangkat dari jurang hina menuju puncak cahaya keridhoan Nya swt, padahal dengan ibadah lain mungkin kita butuh masa ribuan tahun untuk mencapai derajat mulia sebagai hamba yg dicintai Allah.

dengan taubat hanya butuh kurang dari sekejap, tanpa berbuat apa apa, tanpa mesti menggerakkan satu sel tubuh pun..

 

·        Saya bermimpi buruk, saya takut hal itu terjadi?

Jawab : Rasul saw bersabda : Barangsiapa yg melihat hal yg baik dalam mimpinya maka itu dari Allah, maka ucapkanlah alhamdulillah, dan jika ia mimpi buruk maka itu dari syaitan maka ucapkanlah Ta'awwudz (audzubillahi minassyaytanirrajim) maka mimpi itu tak akan membawa keburukan baginya (Shahih Bukhari).

 

·        Bolehkah setelah shalat witir kita tahajjud lagi?

Jawab : yg disunnahkan adalah menjadikan shalat malam kita ganjil, maka jika anda telah witir lalu tahajjud lagi maka tetap jumlah totalnya ganjil, yg makruh adalah witir dua kali, karena akan menjadi genap.

namun boleh saja witir dua kali jika yg kedua diniatkan qadha witir yg lalu lalu

 

·        Bagaimana riwayat asal muasal gerakan gerakan shalat?

Jawab : gerakan gerakan shalat adalah diajarkan Jibril as kepada Rasul saw, dan Rasul saw bersabda : "Shalatlah kalian sebagaimana kalian lihat aku shalat" (Shahih Bukhari).

jibril as melakukan shalat diawal waktu dhuhur, awal waktu asar, awal waktu magrib, awal waktu isya, awal waktu subuh, lalu hari kedua Jibril as mengajari shalat diakhir waktu dhuhur, akhir waktu asar, akhir waktu magrib, akhir waktu isya, akhir waktu subuh, lalu Jibril as berkata : diantara dua waktu waktu itu wahai Rasulullah" (Shahih Bukhari)

 

·        Bagaimana hukum puasa ramadhan wanita hamil dan menyusui?

Jawab : hamil dan menyusui mempunyai hukum yg sama, jika ia tak puasa karena risau keselamatan dirinya maka qadha tanpa membayar fidyah,

jika risau keselamatan bayi dirahimnya atau bayi yg disusuinya, maka Qadha puasa dan setiap satu hari hutang puasanya ditambah fidyah 1 hari 1 Mudd berupa bahan pokok di wilayah setempat, maka diwilayah kita adalah beras, perhitungan 1 mudd adalah kurang dari 1 liter (12 mudd adalah 10 liter).

jika terlambat satu tahun maka setiap harinya ditambah lagi 1 Mudd, misalnya hutang puasanya 15 hari, maka menjadi 30 mudd.

 

·        Betulkah keberatan nama bisa membuat bala dan musibah?

Jawab : saya tak menemukan hadits yg kuat yg mendukung ucapan :"keberatan nama", namun ada teriwayatkan pada riwayat shahih bahwa Rasul saw mengganti nama nama yg kurang baik maknanya dengan nama yg lebih baik, dan dari kejadian itu boleh saja kita jika melihat pada seorang anak hal hal yg kurang sempurna, maka mengganti namanya dengan nama yg dicintai Allah, sebagai bentuk doa dan harapan agar Allah swt memperindah keadaannya pula, dan Rasul saw bersabda : berilah nama nama dg namaku. (Shahih Bukhari), maka sunnah menamai dg nama beliau saw.

 

·        Bacaan apa yg baik untuk diamalkan suami dan istri saat istri hamil?

Jawab : ditemukan oleh para ilmuwan bahwa bagi ibu yg hamil sebaiknya diperdengarkan di perutnya musik classic dan musik yg santai, karena suara yg indah bisa berpengaruh lebih memudahkan pertumbuhan otaknya didalam rahim, maka tepat Qiyas para ulama yg mengajarkan pembacaan Alqur'an bagi sang calon ibu, karena tentunya kalamullah swt Afdhal daripada lagu lagu clasic dll.

Qiyas yg mengatakan jika istri hamil maka suami membaca surat yusuf adalah bila kalau anaknya laki laki semoga ganteng dan arif spt Nabi yusuf as, dan istri membaca surat maryam agar kalau anaknya wanita maka akan menjadi wanita luhur seperti Maryam as, namun saya sih lebih senang suami istri kalau mau membaca surat khusus saat menanti kelahiran keturunannya, saya lebih senang suami dan istri membaca surat Muhammad saw.., tentunya bila lahir semoga selalu dilimpahi kemuliaan Nabi Muhammad saw.

 

·        Apakah doa untuk bermimpi Rasul saw?

banyak shalawat dan doa yg diajarkan para ulama kita untuk berjumpa dg Rasul saw dalam tidur, namun say ajarkan yg paling cepat membuat anda jumpa dg Rasul saw, perbanyaklah amal sumnnah beliau saw, cintailah beliau saw, rindukanlah beliau saw, bayangkan betapa indahnya beliau saw dan betapa ramahnya,

lalu saat anda tidur usahakanlah terus merindukan jumpa dg beliau saw, biarkan tetesan airmata anda membasahi pipi saat tidur, sambil mengucap salam pada beliau saw : Assalamualaika Ayyuhannabiyyu warahmatullah wabarakatuh. teruslah ulang2 kalimat ini sambil menuju terlelap,

Insya Allah kurang dari satu bulan anda sudah melihat bayangan beliau saw dan atau berjumpa dg beliau saw

 

·        Kenapa Majelis Rasulullah saw diam tak perduli dg palestina?, padahal Majelis yg habib pimpin sangat besar dan bisa berbuat banyak untuk membantu Palestina?.

Jawab : keperdulian terhadap ummat merupakan bentuk iman,

namun saudaraku, jangan tertipu dengan media massa, media acapkali mengecoh muslimin untuk teralihkan perhatian. harta, pembenahan ummat yg sedang dilakukan di wilayah mereka, teralihkan ke wilayah yg jauh sehingga mereka lupa wilayahnya sendiri.

Palestina adalah suatu negeri yg sebagiannya muslimin dan selalu menjadi teror yahudi secara frontal, namun jangan lupa negeri kita sendiri sedang diteror habis2an jauh lebih dahsyat dari palestina, namun tidak terlihat,

kita lihat saudara saudara kita di Papua Irian barat, mereka tak diberi izin untuk membangun musholla sekalipun, bahkan diantara kepala sukunya dicambuk dg ikan pari yg terkenal berduri dan beracun, agar mau mencabut pernyataannya sebagaimana ia telah mengizinkan muslimin membangun musholla di wilayahnya.

demikian pula di wilayah Kokoda di Papua, (2 hari perjalanan dari sorong dengan menggunakan perahu) non muslim dibagi uang 1 juta rupiah per kepala disaat natal, padahal wilayah muslimin sangat miskin sehingga mereka tak pernah kenal alas kaki dan listrik, mereka tak kenal shalat kecuali shalat jumat.

KH Ahmad Baihaqi saat membawa santri beberapa orang dari wilayah itu, mereka baru dibelikan sandal di kota Sorong sebelum naik kapal laut, sebelumnya mereka tak pernah punya sandal apalagi sepatu, demikian susahnya keadaan saudara kita muslimin disana

ketika saya ke wilayah Bintuni Irian Barat, sekitar 300km dari Manokwari dg perjalanan belasan jam melewati belantara irian yg sangat buruk keadaan jalannya, ketika saya sampai di Bintuni dengan sambutan yg hangat, salah seorang tokoh masyarakat berkata lirih diatas podium : "kami disini sangat sulit mengenal islam, tidak ada ustaz dan guru dari pulau jawa yg mau datang ke wilayah kami mengajari islam, karena kami dalam keadaan miskin, bahkan diantara kami dalam satu perkampungan tak ada yg shalat, karena tak ada yg mengajari kami shalat, kami hanya tahu sedikit ajaran islam dari televisi, sedangkan tidak semua rumah punya televisi, dan kami dengar dari saudara saudara kami yg punya televisi, bahwa di Jakarta orang orang muslimin menyumbangkan harta sebanyak banyaknya ke Palestina, mereka lupa pada saudara saudara mereka disini yg miskin dan susah, untuk membangun musholla pun sulit apalagi masjid, sedangkan non muslim terus membagi bagikan uang dan bahkan rumah, untuk mereka yg mau keluar dari islam..

kami tidak mau menerima perpisahan dengan RI, karena kami tahu gerakan pemisahan itu dari non muslim, kami membela RI karena kami tahu RI dipimpin orang Islam, namun apa yg kami terima dari saudara kami muslimin..?"

inilah salah satu dari keluhan mereka,

masyarakat muslimin sering terkecoh dg media, media berbicara soal aliran sesat maka semua mereka konsentrasi pada aliran sesat, padahal tempat peribadatan non muslim setiap hari terus dibangun, puluhan bertambah setiap tahunnya di Jakarta, ribuan pemuda terjebak narkoba dan masa depan yg suram, ribuan wanita terus terjebak perzinahan dan aborsi hingga semakin banyaknya anak haram di Bumi ini, gerakan pemurtadan di ibukota sangat dahsyat, sampai ke pelosok pelosok negeri ini yg terjauh,

mereka lupa dg itu semua, mereka terus mengikuti apa saja yg disuguhkan di media massa.

saudaraku, saudara saudara kita di Palestina dalam musibah, mestilah kita doakan mereka dan tak selayaknya kita diam, namun keadaan negeri kita lebih parah dan terancam kehancuran, kehancuran akhlak, kehancuran ekonomi, kehancuran akidah, kehancuran generasi mendatang, dan layaknya kita jangan terjebak dg terpecahnya konsentrasi,

lihatlah ratusan caleg yg setiap dari mereka mengeluarkan uang sangat banyak demi pilkada, lihatlah puluhan parpol menghamburkan trilyunan rupiah, tujuan mereka satu, "ingin berkuasa", itu saja tujuannya,

duhai..., bukankah mereka calon pemimpin negeri ini..?, bagaimana sang para calon memimpin ini akan membawa kedamaian, kalau cara mereka memperebutkan kursi kekuasaan sudah menghamburkan trilyunan rupiah tanpa perduli pada muslimin yg lapar dan murtad sebab sebungkus indomi..., kita tak menyalahkan para caleg dan parpol itu, karena mereka pun butuh penjelasan dan penerangan, tentunya itu tanggungjawab kita pula untuk memberi penjelasan,

saudaraku kita berdoa untuk Palestina semoga diberikan pertolongan oleh Allah swt, demikian juga khususnya bangsa kita, dan kita terus berusaha membenahi saudara saudara kita yg terdekat terlebih dahulu, dengan harta, pemikiran dan apapun yg bisa kita korbankan, salam perjuangan saudaraku.., semoga Allah swt menyatukan kita hingga selalu dalam kemuliaan dan keluhuran, amiin.

 

·        Kenapa doa saya sering tak dikabul?

Jawab : mengenai hajat, sungguh Rasul saw telah menjelaskan pada kita, tiadalah seseorang berdoa kepada Allah, terkecuali ia mendapat satu dari tiga hal, yaitu dikabulkan doanya, jika tidak maka diangkat salah satu musibahnya dan diberi yg lebih baik dari permintaannya, jika tidak maka diampuni dosanya.

maka tiadalah kita berdoa maka sudah bisa dipastikan akan dikabul, jika tidak maka sudah dipastikan Allah menghapus musibah yg akan datang pada kita, kita tidak tahu mungkin esok kita akan tertabrak, atau rumah terbakar, atau harta kecurian, atau anak yg durhaka, atau musibah lainnya, itu sedang terkikis oleh doa kita.

atau... dihapusnya dosa dosa kita..., maka jangan bosan berdoa saudaraku.

 

·        Bolehkah kita mengobati yg sakit dg ayat Alqur’an?, ayat apa?

Jawab : dalami makna keagungan kalimat Bismillahirrahmanirrahim dan surat Alfatihah, jika anda belum mempunyai makna yg mendalam dalam makna maknanya maka usahakanlah menghadirkan maknanya yg anda faham, bacakan di air lalu minumkan pada yg sakit, atau saat memijat maka bacalah Fatihah dengan khusyu, sungguh surat Alfatihah adalah sumber pengobatan yg dahsyat.

para sahabat bahkan mengobati seorang kepala suku non muslim yg sakit dg surat Alfatihah, maka ia sembuh, lalu diantara mereka masuk islam, dan ketika Rasul saw diberitahu akan hal itu maka Rasul saw gembira (Shahih Bukhari).

dan sering seringlah memegang bumi sambil mengucap basmalah lalu sambil memijit, karena ketika Rasul saw mengobati orang yg sakit, beliau menempelkan ibujarinya ke lidah, lalu menempelkannya ke bumi, lalu berkata : “Bismillahi turbat Ardhina, wa biriiqati ba’dhina, yussyfi mariidhuna bi idzni rabbina”. Bismillah, dengan tanah bumi kami, dan demi air liur kami, semoga sembuh yg sakit dari kami, dg izin tuhan kami (Shahih Bukhari),

dijelaskan bahwa tanah bumi adalah asal muasal kehidupan manusia, dipadu dg sedikit liur yg dibasahi dzikir, maka itu sangat bermanfaat mengobati yg sakit.

ketahuilah bahwa dzikir itu merubah keadaan alam sekitar, sebagaimana penemuaan prof masaru emoto dari jepang yg menemukan bahwa air bereaksi dg suara atau tulisan yg ada padanya, jika air itu dicaci maki dg ucapan, atau ditempeli tulisan tulisan buruk, maka dilihat dg mikroskop dg skala tertentu, air itu menjadi buruk dan hitam, namun jika disebutkan padanya kata kata mulia dan tulisan indah, maka air itu berubah menjadi indah,

bagaimana dg tulisan dan ucapan?, apakah air mengerti tulisan dan bahasa?, jawabannya adalah bahwa yg mempengaruhinya adalah emosi orang yg didekatnya, jika baik maka baik, jika aura suci yg didekatnya maka alam menjadi baik, bukan hanya air.

demikian kesimpulannya jika pendapat prof masaru emoto dipadu dg hadits hadits shahih diatas.

 

·        Keluhan terhadap buruknya perlakuan ayah bunda

Jawab : teruslah berlemah lembut pada ayah bunda, mereka adalah ladang Jihad bagi kita, sebagaimana ketika seorang pemuda izin ikut jihad bersama Nabi saw, maka Nabi saw menjawab : apakah ayah ibumu masih ada?, pemuda itu berkata : betul, maka Rasul saw menjawab : Maka kembalilah pada ayah bundamu, dan berjihadlah dg bakti pada mereka. (Shahih Bukhari).

hadits ini menjelaskan pada kita bahwa bakti kepada orang tua adalah pahala Jihad, anda bisa bayangkan betapa mulianya, dan tentunya juga betapa susahnya..

dan jangan berkecil hati saudaraku, saya dulu pun putus sekolah, semua kakak saya wisuda dan saya justru mengecewakan ayah bunda karena selalu ngaji, majelis, dan hanya itu, akhirnya saya pesantren, yg menurut orang tua : ya sudah daripada tidak sama sekali lebih baik pesantren, padahal mereka mengharapkan saya sukses.

namun Allah swt tidak mengecewakan saya, dan kini saya menjadi anak kebanggaan ayah bunda, ayah saya telah wafat dg bangga pd saya, dan ibu saya selalu menangis gembira haru atas kesuksesan yg Allah berikan pada saya.

saudaraku, Allah swt Maha Merubah keadaan, masa depan anda masih panjang, tidak mustahil dan sangat sering terjadi orang susah menjadi bahagia, orang bahagia menjadi susah, orang miskin menjadi kaya, dan orang kaya menjadi miskin, orang terhina menjadi orang terhormat, dan orang terhormat menjadi terhina, dunia terus berputar ditangan Sang Maha Penentu.

maka jangan berputus asa saudaraku.

Demikian saudaraku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu, semoga sukses dg segala cita cita,

 

·        Saya selalu telat bangun subuh, lalu bagaimana dg dosanya?

Jawab : selama kita terus berusaha untuk bangun pada waktunya lalu bangun terlambat maka Allah swt tidak mencantumkan dosa bila kita telah berusaha.

metode yg paling jitu adalah memadukan antara metode sunnah dg metode ilmiah, demikian yg paling jitu,

anda sebelum tidur bacalah subhanallah 33X, Alhamdulillah 33X, Allahu Akbar 33X, lalu sekali membaca Laa ilaaha illallahu wahdahu Laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu, yuhyiy wayuumiit, wahuwa ala kulli syay'in qadir. (Tiada tuhan selain Allah, Maha Tunggal tanpa bersekutu, Milik Nya Kerajaan alam, dan Bagi Nya Pujian Mulia, Dia Menghidupkan dan Mematikan, dan Dia Berkuasa atas segala sesuatu.

bacaan ini riwayat shahih Bukhari bahwa Rasul saw mengajarkan putrinya Sayyidah Fathimah Azzahra ra untuk mengamalkannya sebelum tidur, maka ia akan bangun dengan segar tanpa kantuk.

guru mulia mengajarkannya pada kita, dan memang terbukti, orang yg sebelum tidur membacanya maka ia akan bangun dg tubuh segar tanpa malas dan berat utk bangun.

siapkan alarm disebelah anda, lalu zikir tsb, anda pasti bangun pada waktunya dg segar,

sebab bila alarn saja maka anda bisa saja bangun namun tubuh masih malas bangun, maka kembali tidur, atau jika dzikir saja maka anda bangun segar, namun karena tubuh lelah maka bangunnya telat walau segar, maka padukan keduanya.

Dan usahakan jangan makan malam kecuali sangat sedikit, lalu dzikir tsb sblm tidur, maka anda akan bangun sebelum adzan subuh.

saya berkali kali memberikan cara diatas pada banyak orang dan mereka sekarang menjadi ahli subuh.

 

·        Bagaimana jika shalat kita tidak diterima?, dan maksiat terus saya lakukan?, bukanlah shalat menghalangi dari perbuatan keji dan mungkar?

Jawab : kewajiban kita adalah melakukan shalat fardhu, diterima atau tidak pasrahkan pada Allah swt.

bagaimana kita terus shalat dan maksiat terus berjalan?

sungguh firman Allah swt telah menjawabnya : Sungguh shalat itu menjaga dari perbuatan keji dan mungkar.

ayat ini jelas merupakan jawaban bagi orang yg sulit meninggalkan maksiat, bagaimana caranya?, tak perlu repot repot susah payah menghindari maksiat yg tak bisa/ sulit kita tinggalkan, cukup kita terus memperbaiki shalat kita agar makin sempurna, teruslah daki tangga tangga kesempurnaan shalat, maka Allah swt yg akan meruntuhkan semua dosa dan menundukkan kekuatan maksiat agar tidak menguasai kita, Allah bantu kita untuk jauh dari maksiat,

jika kita terjebak dg keadaan, maka Allah akan permudah dan perluas kemudahan baginya, jika ia terjebak dosa karena kemiskinan maka Allah akan membuatnya makmur dan sangat berkecukupan, jika ia terjebak dosa karena keluarganya maka Allah akan mencurahkan hidayah pada keluarganya hingga justru balik mendukungnya dalam taat,

jika ia terjebak dosa karena pekerjaan maka Allah akan berikan usaha/pekerjaan yg sangat memuaskan dan jauh dari dosa, dan Allah ampuni dosa dosanya.

makna ayat diatas juga bermakna bahwa Allah swt yg akan menyingkirkan dosa dosa bagi orang yg menjaga shalatnya.

 

·        Bagaimana kiat sabar dalam musibah dan syukur dalam kenikmatan?

Jawab : seringlah merenung bahwa hakikatnya anda tidak bersama siapapun, anda hanya bersama Allah, Dialah Yang Maha setia pada kita sejak kita belum lahir, sendiri di alam Rahim, hanya Allah yg bersama kita, lalu kita hidup pun kita selalu bersama Allah dan Allah menamakan diri Nya Maha Dekat, jelas sudah DIa lah swt Yang Paling dekat dari semua yg dekat pada kita, namun kita sering terhijab dan lupa akan hal itu, bagaiman milyaran sel tubuh kita tidak lepas dari pengawasan dan pengaturan Allah, dan ketika kita wafat kita ditinggal semua teman dan musuh, hanya Allah swt Yang Maha ada sebelum kita mengenal siapapun dan setelah kita ditinggalkan semua orang.

nah.. teruslah mengenang perjumpaan dengan Nya swt kelak, sabar dalam musibah dg berdoa maka akan segera mempercepat sirnanya musibah, sebagaimana firman Nya swt : Mintalah pertolongan dg sabar dan shalat (Ibadah). (QS Al Baqarah 153), dan ingatlah saat dalam kenikmatan untuk bersyukur, karena Allah menjanjikan akan menambah kenikmatan jika kita bersyukur.

 

·        Bagaimana jika kita difitnah dan dimusuhi?

Jawab : maka jadikanlah kehidupan anda saat ini adalah medan Jihad, anda sedang di medan laga, berjihad menundukkan musuh musuh anda, yaitu mereka yg mengajak anda kepada kemungkaran, tundukkan mereka, kalahkan mereka, namun bukan dg kekerasan dan kebengisan atau senjata, namun tundukkan dg kelembutan dan kasih sayang, tundukkan dg akhlak dan bantuan, tundukkan dg kesopanan dan keramahan,

niscaya mereka akan tunduk dan menjadi berubah baik, dan menjadi teman anda.

jika tidak mampu anda menundukkan mereka dg hal itu, maka jangan kalah pula dg mereka, tetaplah dalam ketenangan, kelembutan, hadirkan cahaya kelembutan Allah swt saat bercakap cakap dan bertemu mereka, anda akan lihat cahaya Allah swt akan membuat mereka tunduk, atau paling tidak mereka akan segan dan tidak mau mengganggu anda, malu dan berusaha tidak terlihat anda saat bermaksiat.

sungguh orang orang yg terjebak dalam kemungkaran itu mempunyai hati baik dihati kecilnya,

saya berkali kali menemukan itu dihati mereka, namun kebaikan itu tersembunyi dalam kesombongan mereka,

pernah seorang pemabuk dan preman yg menjadi biang kriminal bahkan konon sering menyiksa dan ditakuti, orang tidak melihat ia memiliki sifat baik sedikitpun., namun ketika saya diadukan tentangnya, pasalnya adalah ketika pemuda sekitar wilayah tsb ingin mengadakan majelis, namun takut pada orang itu, mereka akan didamprat dan diteror oleh si jahat itu, ia adalah kepala kejahatan yg konon kebal dan penuh ilmu batin.

Maka saya katakana pada pemuda setempat untuk datangi kerumahnya, ketika diucapkan salam ia tidak menjawab, ia hanya mendelik dg bengis sambil melihat dari atas kebawah, seraya berkata : mau apa?!!.

Pemuda itu pemuda itu mengulurkan tangan dan ia mengulurkan tangannya dan pemuda itu mencium tangannya, lalu pemuda itu pandangi wajahnya dg lembut dan penuh keramahan, seraya berkata dg suara rendah dan lembut : saya mau mewakili pemuda sini, untuk mohon restu dan izin pada bapak, agar mereka diizinkan membuat majelis di musholla dekat sini..

ia terdiam.. roboh terduduk di kursinya dan menunduk, ia menutup kedua matanya, saat ia mengangkat kepalanya sang pemuda tersentak, dikira ia akan menghardik dan mengusir, ternyata wajahnya merah dan matanya sudah penuh airmata yg banyak.., ia tersedu sedu berkata : seumur hidup saya belum pernah ada orang baik datang kerumah saya.., lalu kini.. kamu masih muda.., datang kerumah saya.., mencium tangan saya.., tangan ini belum pernah dicium siapapun.. bahkan anak anak sayapun jijik pada saya dan tak pernah mencium tangan saya.., semua tamu saya adalah penjahat.., mengadukan musuhnya utk dibantai.. menghamburkan uangnya pada saya agar saya mau berbuat jahat lagi dan lagi..

kini datang tamu minta izin pengajian pada saya.., saya ini bajingan.., kenapa minta izin pengajian suci pada bajingan seperti saya..

ia bertobat.., ia sholat, dan meninggalkan minuman keras dan kriminal,

konon dia ini sering mabuk, jika sudah mabuk maka tak ada dikampung itu yg berani keluar rumah, namun kini terbalik, ia menjadi pengaman disana, tak ada orang mabuk berani keluar rumah jika ada dia.

dia menjadi kordinator musholla, ia mengatur teman temannya para preman untuk membersihkan musholla, dipaksanya para anak buahnya harus hadir majelis, dan demikianlah keadaanya.., ia bertempat di Legoa, Priok., tempat yg sangat rawan dg kriminal.. orang di wilayah itu jika saya datang mereka berbisik bisik : jagoan selatan lagi ketemu jagoan utara..!

mereka kira saya juga ahli ilmu kebatinan, padahal hanya kelembutan Muhammad saw yg saya gunakan..

hingga kini jika saya jumpa dg beliau ia pasti menangis memeluk saya..,

saya pernah bercanda dg meneleponnya : saya katakan : tolong saya, tolong datang kesini, saya dalam keadaan genting..!, ia datang dg Jaket Jeans, celana jeans dan dari wajahnya sudah siap tempur, ia berkata : saya siap mati habib.., siapapun yg berani mengganggu habib sudah bukan urusan habib lagi, biar saya yg urus dan saya janji akan memotong kupingnya dan membawakannya pada habib..!,

saya berkata : naik saja ke mobil pak.., iapun naik, saya masuk ke majelis dan mengajaknya hadir, ia berkata : mana orangnya habib..??, saya katakan : tidak.. (saya tertawa) cuma mau mengajak bapak ke majelis saya, kangen aja.., iapun lemas dan tertunduk malu.., saya menganggapnya ayah angkat saya hingga kini.

kejadian lain adalah ketika paman saya mengadakan perjalanan dari Lampung ke Jakarta, ia bersama anak anaknya, ketika masuk pelabuhan bakauhuni lampung ia melihat seorang berwajah bengis dan menakutkan sedang duduk di pintu pelabuhan, paman saya bersalam padanya dg lembut, si garang itu tidak menjawab dan wajahnya tanpa ekspresi sedikitpun dan acuh saja., maka lalu paman saya membeli tiket kapal yg ternyata dipalsu oleh calo, ia terjebak dalam penipuan, maka ketika paman saya kebingungan, dan mulai dikerubuti orang yg menonton, maka si garang itu muncul, semua orang mundur melihat ia datang, lalu ia berkata : ada apa pak..?,

paman saya bercerita akan penipu itu..

si garang berkata : bagaimana ciri ciri orang itu..?

paman saya menceritakannya..

si garang pergi beberapa menit dan kembali sambil menyeret orang itu yg sudah babak belur dihajarnya, ia berkata kepada penipu itu : kamu sudah menipu keluarga saya..??!!, ini keluarga saya..!!!, sambil menunjuk pada paman saya.

rupanya si garang ini preman penguasa pelabuhan itu, bagaimana ia bisa mengakui paman saya sebagai saudaranya?, kenalpun tidak.., cuma hanya karena paman saya mengucap salam padanya dg ramah..

walau wajahnya tidak berekspresi saat itu, tapi ternyata hatinya hancur, ia malu dan haru.., mungkin seumur hidupnya belum pernah ada orang mengucap salam padanya dg hormat..

inilah beberapa contoh..

contoh lainnya adalah ketika saya disuatu masjid, yg memang sudah kebiasaan saya jika jumpa siapapun yg lebih tua jika menjabat tangan saya maka saya mencium tangannya, apakah ia ulama atau bukan.

selesai acara maka terdengar kabar, seorang muadzin masjid itu ternyata adalah pencuri kotak amal masjid, ia bertobat dan mengakui dosanya kepada sesepuh masjid, ia menangis dan berkata : tangan saya kotor dg dosa, hati saya hancur ketika tangan saya ini dicium oleh habib itu.., saya menyesal, saya haru, saya terpukul, tangan ini selalu mencuri, tidak pantas dicium oleh seorang tokoh agama..

iapun bertobat..

dilain kesempatan ketika saya di suatu negeri timur tengah, saya lihat di bandara para tentara berwajah bengis dg senjata laras panjang dipundaknya menjaga disana sini..

saya bersalam pada seorang yg tampak bengis sekali, saya menunduk hormat dan senyum lembut, ia tak menggubrisnya, hanya mendelik dan pergi.. tak lama saya terkena sedikit masalah di pintu imigrasi, hanya pertanyaan pertanyaan iseng yg sering dilancarkan petugas imigrasi di pelbagai negara, maka tiba tiba ada yg membentak dibelakang saya, ia memerintahkan agar orang itu segera melewatkan saya, ketika saya berpaling ternyata tentara tadi.., ia menarik baju saya untuk segera lewat pintu detektor pengaman bersamanya dan menghardik petugas pengaman untuk minggir.. seraya berkata dg bahasa arab : silahkan tuan..

saya mengucap terimakasih, ia hanya mengangguk dan pergi..

subhanallah..

demikian indahnya akhlak.. demikian senjata yg lebih tajam dari pedang dan lebih mengalahkan dari peluru.. ia mengalahkan musuh dan membuat musuh berbalik menjadi penolong dan pembela..

 

·        Apakah ratib termasuk pada ajaran thariqah alawiyyah?

Jawab : betul, ratib alattas, wirdullatif, ratib haddad, kesemuanya bagian dzikir dari Thariqah alawiyyah, Thariqah Alawiyyah adalah induk dari semua thariqah, dan ia berjalan sesuai Alqur'an hadits, sebagaimana Ratib alattas, ratib haddad, wirdullatif dan lainnya, semua adalah kumpulan hadits Nabi saw dan dzikir yg diajarkan Nabi saw, anda dapat melihat faedah dan hadits hadits dzikir nabi saw pada syarah wirdullatif yg tercantum di akhir buku ini insya Allah.

Thariqah alawiyyah menyatukan Haqiqah dan Syariah, berbeda dengan sebagian thariqah lainnya yg hanya mengajarkan haqiqah saja dan kurang mendalam pada syariah.

dan pimpinan Thariqah Alawiyyah adalah Rasul saw sendiri, karena Rasul saw tidak mengajarkan syariah saja, atau haqiqah saja, tapi syariah dan haqiqah.

 

·        Apa hukumnya memajang foto ulama dan foto anda wahai habib ?

Jawab : memajang foto guru mulia dan orang shalih adalah hal mulia, sebagaimana sabda Nabi saw : Maukah kuberitahu orang orang mulia diantara kalian?, mereka yg jika dipandang wajahnya akan membuat orang ingat pada Allah. (HR Adabul Mufrad oleh Imam Bukhari)

mengenai larangan memasang lukisan dimasa Nabi saw, yg para kuffar menggambar para shalihin dan nabi dimasanya dahulu, dilarang oleh Rasul saw, karena disembah, namun jika justru untuk menambah ketakwaan kita pada Allah swt maka hal itu baik, dan diriwayatkan oleh Hujjatul islam Al Imam Ibn Hajar Al Asqalaniy bahwa salah seorang istri nabi saw memperlihatkan cermin kecil, ketika Ibn Abbas ra melihatnya maka cermin itu tak menampakkan wajahnya, tapi menampakkan wajah Rasulullah saw, Rasul saw pernaha berkaca dg cermin itu, maka cermin itu merekam wajah sang Nabi saw dan tak hilang selamanya (Fathul Baari Bisyarah Shahih Bukhari).

namun hamba hina karung dosa ini untuk apalah dipajang, hamba hanyalah seorang pendosa yg diagungkan ribuan orang, ketika saya berhadapan dg ribuan orang itu saya sering menunduk dan menangis, mereka ini akan masuk sorga, tinggallah saya diseret kedalam api, bagaimana tidak?, ribuan tangan terulur untuk menjabat tangan saya penuh harapan, mereka adalah para tamu Allah..

satu tangan yg kecewa tak bisa menjabat saya sudah cukup membuat saya harus menebusnya di neraka

lalu untuk apa anda memajang foto orang semacam ini, saya hanya pendosa yg berharap pengampunan Allah swt dg doa anda dan jamaah, betul saya mengizinkan poster saya dijual dan baliho menampilkannya, karena jika orang mencela saya maka itu menghapus dosa saya, jika orang senang dg foto saya maka ia akan mendoakan saya.

 

·        Apakah setelah saya berzina maka menebus dosa harus dirajam?

Jawab : tidak.., dosa anda pasti diampuni Allah swt dengan kesucian dan kesungguhan tobat anda, tidak ada hukum rajam untuk keadaan ummat seperti ini, hukum rajam diadakan jika sudah khilafah islamiyah, tidak ada gambar/film/cerita pornografi di wilayah muslimin, pergaulan bebas pria dan wanita dibatasi, tidak ada sekolah yg bercampur pria dan wanita, demikian di tempat lainnya, masyarakat damai dg iman dan kemakmuran, orang miskin sudah ditangani Baitul Maal dan disubsidi dg baik, dalam keadaan itu jika masih ada yg berbuat zina maka ia mesti dihukum. karena menodai masyarakat yg suci, dan hukum rajam hanya dijalankan jika orangnya sendiri yg mengakui atau ada 4 saksi yg melihat dg mata kepalanya (maaf) berpadunya dua alat kelamin, maka itu tak bisa terjadi kecuali dilakukan terang terangan didepan umum, jika banyak yg melihat namun yg mau bersaksi Cuma tiga, maka ketiganya dihukum karena menganggap memfitnah, dan video tak diakui dalam syariah untuk hukum ini, dan itupun semua hanya bisa diberlakukan jika sudah khilafah islamiyah

namun keadaan seperti sekarang ini Allah swt Maha Memahami keadaan daripada kita, kerusakan ummat, kemiskinan, kerusakan akidah, pemurtadan, bencana, kezaliman penguasa dan konglomerat, kurangnya ulama, kehancuran media, maka dalam keadaan seperti ini hukum rajam tidak bisa diberlakukan.

Allah swt pasti mengampuni anda, jika taubat anda suci dan sungguh sungguh.

sebagian ulama mengelompokkan syarat taubat adalah tiga hal

bertekad kuat dan sungguh sungguh untuk tidak mengulangi perbuatan itu lagi

menyesal dan sangat merasa bersalah pada Allah swt

berusaha menghindari hal hal yg bisa mendekatkan kita pada perbuatan itu lagi

dan berdoalah pada Allah swt sesering mungkin agar memberi kekuatan pada kita untuk mencabut keinginan buruk itu dari hati kita

mengenai penghapusan dosa, telah ada firman Allah swt : "Katakan pada hamba hamba Ku yg telah melampaui batas dalam mendholimi dirinya, jangan putus asa dari kasih sayang Allah, sungguh Allah menghapus semua dosa" (QS Azzumar 53).

lalu firman Allah swt dalam hadits Qudsiy : "Wahai keturunan Adam, sungguh ketika kau menyeruku dan berharap padaku, kuhapus dosa kalian dan tidak lagi kupertanyakan, wahai keturunan Adam, jika kau datang dengan dosa mencapai langit, lalu kau bertobat dan meminta ampun pada Ku, kuampuni engkau dan tak kupertanyakan lagi" (HR Ahmad).

maka jelas sudah dosa terhapus dengan taubat kita pada Allah.

mengenai neraka dan siksa kubur, itu adalah pendosa yg belum sempat tobat saat wafatnya.

dosa yg tersisa itulah yg mesti ia tebus, atau dosa pada manusia, atau dosa pada makhluk lainnnya, itu yg mesti dibayar dengan amal pahalanya, jika amal pahalanya kurang, maka tebus dengan neraka, jika amal pahalanya banyak, maka selesailah urusannya dari neraka, dan dirisaukan orang yg sudah tahu pengampunan Allah dan ia tak mau bertobat, maka ia akan sulit bertobat saat akhir hidupnya kelak.

 

·        Bagaimana jika saya mencintai Allah dan rasul saw, namun saya banyak dosa pula pada Allah dan pada orang lain?

Jawab : jika ia mencintai Allah dan Rasul, banyak beramal, lalu pahalanya sudah habis diporoti oleh para penuntut.. maka Allah tetap membelanya, dan ia tak akan masuk neraka.

sebagaimana ketika seorang hamba yg mencintai Allah dimasa hidupnya dg sungguh sungguh, merindukan Allah, mencintai Rasul, maka saat ia ditimbang dan disidang, terlihat amal amal pahalanya bagai gunung gunung cahaya banyaknya, namun ia pernah berdosa pada fulan, fulan dan fulan, pahalanya dipreteli sampai habis...

pahalanya habis, masih tersisa perbuatan dholim yg tak bisa ia tebus pada seseorang yg pernah ia dholimi, maka ia harus menerima kebalikannya, yaitu dosa dosa orang itu dipindahkan padanya sebesar kedholimannya pada orang itu..,

maka Allah melihat kejadian itu bahwa hamba Nya ini akan diusung ke neraka karena orang yg ia dholimi tak mau memaafkannya, maka Allah swt berkata pada orang itu : "wahai hamba Ku, kau tak mau memaafkan hamba Ku ini?" orang itu menjawab : tidak wahai Allah, karena aku pun banyak dosa, kalau aku tidak menumpukkan dosaku padanya atas kedholimannya maka aku semakin berat di neraka, dengan kutumpukkan dosaku padanya pun aku masih harus masuk neraka karena dosakupun banyak..

maka Allah berkata : "Lihatlah keatasmu", maka orang itu melihat keatas.., ia melihat istana cahaya yg demikian indah dan megah..., ia berkata dg gemetar : "untuk siapa istana indah ini wahai Allah...??,

Allah menjawab : "untukmu asalkan kau mau memaafkan hamba Ku yg mencintai Ku ini..!, aku ingin membayar kedholimannya dengan istana ini.."

maka berkata orang itu : Kumaafkan Demi Allah..!!.

begitulah sayangnya Allah dan pembelaan Nya kepada hamba Nya yg mencintai dan merindukan Allah..

sebagaimana riwayat shahih Bukhari bahwa Rasul saw melihat seorang anak dalam suatu perjalanan yg terpisah dari ibunya, maka Rasul saw mengangkat anak itu dan berkata : "adakah anak ini mempunyai ibu...??", maka seorang wanita keluar dari sebuah kemah dan menjerit sambil menangis gembira berlari seraya berkata : anakku.. anakku.., maka ia memeluk bayinya,

Lalu para sahabat menangis melihat kejadian itu, maka Rasul saw bertanya : kenapa kalian menangis..?, maka para sahabat menjawab : kami haru dengan kasih sayang ibu itu pada anaknya,

lalu Rasul saw bertanya : kalau bayi itu dilemparkan di api apakah ibunya akan diam?, maka para sahabat berkata : "tidak demi Allah..!"

maka Rasul saw bersabda : Allah menyayangi kalian lebih dari ibu itu pada anaknya!.

jelas sudah mereka yg mencintai dan merindukan Allah itu akan selalu dijaga oleh Allah dari siksa Nya, apalagi api neraka, walau sudah kehabisan pahala pun masih Allah bela ia agar tetap tidak masuk neraka, walau dituntut oleh orang yg ia dholimipun Allah malah membayar pengampunan untuk orang itu dan sorga, asal hamba Nya ini dimaafkan dan bisa masuk sorga

 

·        Bagaimana menghilangkan dendam?

Jawab : tenang dan damaikan hati anda dg semua hal yg mengganggu anda, lupakan semua kesalahan orang, dan ingatlah dosa kita pada Allah swt, dengan memaafkan semua kesalahan orang sebelum mereka meminta maaf pada kita maka anda telah membuka rahasia pengampunan Allah swt kepada kita, lupakan dosa mereka dan mohon ampun pada Allah atas dosa dosa kita hingga Allah swt akan melupakan pula dosa kita,

Allah swt akan malu tidak mengampuni dosa orang yg pemaaf, Allah akan lebih pemaaf kepada kita dari kita pada orang lain,

jangan memaafkan kesalahan orang karena orang itu, tapi karena Allah swt,

saya sering digunjing, difitnah, dicaci, dikatakan murtad, dlsb oleh orang lain, namun saya tak perdulikan itu, saya maafkan mereka sebelum mereka minta maaf, maka saya mendapatkan kemudahan dalam kehidupan ini dan anugerah kesuksesan dunia dan akhirat dan ketenangan hati yg sangat indah, sementara mereka saya lihat terus dipersempit kehidupannya oleh Allah swt, dan saya selalu berdoa agar Allah swt memaafkan mereka pula.

dengan hal itu saya semakin mulia disisi Allah, dan saya tidak butuh dimuliakan oleh mereka, namun Allah swt membuat mereka banyak yg tunduk hingga akhirnya memuliakan dan menghormati saya, semuanya terjadi begitu saja karena kita tidak mendendam pada yg jahat pada kita.

mengenai orang orang yg anda katakan matre, sungguh bumi ini penuh banyak pendosa dan pembuat amal yg tercela, ada yg menyembah selain Allah, ada yg saling mendholimi dlsb, kita terus berusaha mengajak mereka pada keluhuran, dan mendoakan mereka agar diberi hidayah, maka dikabul atau tidak, berhasil atau tidak, kita tetap semakin mulia disisi Allah swt dan semakin dilimpahi kasih sayang dan kebahagiaan dunia dan akhirat.

 

·        Apakah jodoh dan rizki sudah ditakdirkan dan tak bisa diubah?

Jawab : Rasul saw bersabda : Sungguh Allah swt menciptakan kalian 40 hari pertama di alam rahim sebagai air mani, kemudian 40 hari kedua berupa gumpalan darah, kemudian 40 hari ketiga berupa gumpalan daging, lalu diciptalah bentuknya, dan ditentukan takdirnya berupa amalnya, rizkinya, ajalnya, dan apakah ia dineraka atau disorga, lalu dihembuskan padanya ruh.. dst (Shahih Bukhari).

jodoh termasuk rizki kita, sudah ditentukan Allah,

namun semua ketentuan itu bukan satu ketentuan, tapi bisa bermilyar milyar ketentuan, misalnya begini, hamba ini bisa beramal ini dan ini, jika ia beramal ini dan ini maka rizkinya sekian, ajalnya sekian, dan ia dineraka atau disorga,

jika ia beramal ini dan ini, maka rizkinya sekian, jodohnya si fulan, wafatnya sekian, dan masuk neraka

sebagaimana firman Nya : Kami jadikan bagi mereka dua jalan (QS Al Balad 10)

juga firman Nya : Kami memberi mereka jalan (yg mereka pilih) apakah mereka bersyukur atau kufur (QS Al Insan 3)

maka kembali masalah jodoh, hal itu mutlak namun relatif, dengan doanya bisa saja berubah jodohnya diganti dg yg lebih baik, atau dengan banyaknya amal dosanya maka rizki yg termasuk jodohnya bisa menjadi buruk.

semoga Allah swt selalu memberikan ketentuan indah bagi kita saudaraku.

·        Apa hukumnya kawin kontrak/nikah Mut;ah?

Jawab : Nikah mut’ah (kawin kontrak) diharamkan oleh Rasul saw walau pernah dihalalkan, demikian pula arak yg pernah dihalalkan kemudian diharamkan, riwayat diharamkannya kawin Mut;ah ini teriwayatkan dari Sayyidina Ali Kw bahwa Rasul saw mengharamlkan kawin Mut’ah, yaitu tercantum pada kitab shahih Bukhari, dan banyak lagi teriwayatkan pada shahih Muslim dan lainnya.

 

·        Apakah hukumnya khitan bagi wanita?

Jawab : Khitan bagi wanita hukumnya sunnah dan bukan wajib, demikian teriwayatkan dalam beberapa hadits, demikian dalam Madzhab Imam syafii, sedangkan bagi pria wajib hukumnya, dan caranya (khitan wanita) adalah memotong sedikit daripada daging yg menjulur bagaikan daging lebih pada faraj (Fathul Baari ALmasyhur Juz 10 hal 340).

 

·        Apa betul Ruh Rasulullah saw hadir di majelis saat maulid?

Jawab : saudaraku tak ada suatu dalil shahih yg menjamin hal itu, namun hal itu tidak mustahil dan sangat mungkin terjadi, sebagaimana riwayat shahih Muslim dan lainnya bahwa ketika Rasul saw Isra mi’raj Rasul saw melihat Nabi Musa as berdiri di kuburnya melakukan shalat, lalu berjumpa lagi dg Nabi Musa as dan para Nabi dan Rasul di masjidil Aqsha, dan berjumpa lagi dg Para nabi itu di langit, menunjukkan ruh mereka ada dimana mana, dan kecepatan ruh lebih cepat dari kecepatan Buraq karena mendahului Nabi saw sampai dilangit, dan Rasul saw menjawab salam semua ummatnya, mustahil hal ini terjadi jika bukan mukjizat Allah swt, maka tidak mustahil ruh beliau saw hadir dimana mana pula di dunia ini, jika ruh para nabi bisa ada di kubur mereka, lalu di masjidil Aqsha, lalu di Langit pula.

 

·        Apakah hukum potong tangan wajib diberlakukan?

Jawab : Hukum potong tangan hanya bisa diberlakukan pada daulah islamiyah / khilafah islamiyah, sudah tidak ada fuqara, semua oran miskin sudah mendapat santunan dari baitul maal (bagian penyimpanan harta muslimin), dan ia masih mencuri, maka barulah hukum potong tangan diberlakukan, karena ulama sudah banyak dimana mana menuntun pada keluhuran, muslimin sudah aman dg syariah, dan orang miskin sudah disantuni.

Tampaknya sekilas kejam sekali, karena itu akan membekas padanya seumur hidup, namun itu akan membuat orang lain jera dan tak berani melakukannya, maka orang yg terkena hukum potong tangan itu mendapat pahala besar selamanya karena sebabnyalah banyak orang tak berani mencuri.

 

·         Masalah waria, Yang ingin ana tanyakan:
1. Apa benar Allah akan menerimanya sebagai seorang muslimah.?
2. Ada hadits shahih yang diputarbalikan, nabi muhammad saw bersabda”Jika kamu berbuat atau bertingkah laku seperti perbuatan mereka maka kamu termasuk kedalam golongan mereka” yang diartikan jika laki-laki berbuat seperti wanita maka ia termasuk golongan wanita.?

3. Bukankah Allah swt melaknat laki-laki yang berbuat atau bertingkah laku seperti wanita...?

4. Bagaimana hukumnya jika para wanita (ibu-ibu pengajian) yang bersalaman seraya cium pipi kanan cium pipi kiri kepada orang itu (apakah itu termasuk zina)..?
5. Karena banyak diantara mereka yang menerimanya sebagai seorang wanita, membuat ia merasa benar akan perbuatannya. Bagaimana hukumnya pada mereka yang menerima perubahan terhadap orang itu dengan menerimanya sebagai seorang wanita?

6. Bagaimana hukumnya seandainya ia menikah dengan seorang laki-laki?

7. Bagaimana sikap kita (seorang laki-laki) terhadapnya?
Mohon teramat sangat habib berkenan memberi penjelasan,... insya allah penjelasan habib dapat menjadi pedoman untuk menjaga diri ana dan keluarga dalam pergaulan.

 

Jawab :  Rahmat dan Ketenangan Jiwa semoga selalu menghiasi hari hari anda,

Saudaraku yg kumuliakan,

1. Allah telah menciptakan si fulan ini sebagai pria, maka ia dalam syariah tetap pria walau merubah tubuhnya menjadi wanita, demikian pula wanita yg merubah tubuhnya menjadi pria, maka ia tetap dihukumi wanita, karena hukum syariah berjalan menurut kelamin saat ia dilahirkan oleh ibunya dari anugerah Allah swt,

mengenai Khuntsa (waria) yg dibahas dan diakui dalam syariah bukanlah sebagaimana yg difahami sebagai waria masa kini, khuntsa yg dibahas dalam syariah adalah yg terlahir mempunyai dua alat kelamin,

maka bila yg berfungsi adalah alat kelamin prianya maka ia disebut khuntsa rajul (waria pria), ia boleh mengimami wanita dan tidak sah mengimami pria.

bila yg berfungsi alat kelamin wanita, haid, dan memiliki tanda2 kewanitan seperti payudara, maka ia disebut khuntsa mar’ah (waria wanita), ia boleh mengimami wanita dan tak boleh mengimami khuntsa rajul, tak pula boleh mengimami pria.
bila keduanya berfungsi, maka ini disebut khuntsa musykil (waria yg tak tentu).

Tentunya bukan yg merubah postur tubuhnya sebgaimana masa kini.

2. tentunya itu penafsiran yg dipaksakan, karena hal itu adalah pengelompokan di hari kiamat, bukan dimuka bumi, dan hal itu tidak mutlak sebagaimana orang yg meniru kebiasaan orng non muslim misalhya kita tak bisa menghukuminya non muslim, atau orang non muslim yg meniru niru kebiasaan muslim tak bisa pula dihukumi muslim

3. sabda Rasul saw : “Laknat Allah bagi pria yg meniru niru wanita dan wanita yg meniru niru pria”

4. bukan zina tentunya namun sama saja dengan ibu2 itu memperbuat demikian dg pria, tentu tak dibenarkan jika bukan muhrimnya.

5. mereka akan bertanggungjawab kelak pula dan terlibat dalam dosa.

6. secara syariah tidak sah hukumnya, dan hukumnya Liwath (homoseks)
7. kita tetap memperlakukannya sebagai pria.

Namun kelompok seperti ini tentunya mesti dirangkul dan diajak dg kelembutan, lalu dijelaskan bahwa hal itu mungkar, tentunya mereka berbuat seperti itu karena tak memahaminya, mungkin karena pergaulan dll, bila dikenalkan dg kebesaran Allah, keagungan Nya dan kerugian bagi yg menjauh dari rahmat Nya saya yakin mereka akan sadar dan kembali pada kebenaran.

 

·        Apa hukumnya adzan ditelinga bayi saat dilahirkan?

Jawab : hal itu sunnah, Rasul saw mengadzankan cucu beliau saw yaitu Sayyidina Husein ra ketika dilahirkan oleh Sayyidatuna Fatimah Azzahra ra. Demikian teriwayatkan pada Mustadrak ala shahihain dan hadits ini shahih.

 

·        Bagaimana hukum bekerja di bank konvensional?

Jawab : saudaraku yg kumuliakan, tentunya pekerjaan ini berkaitan langsung dengan hal yg tak dibenarkan dalam islam, yaitu riba (Bunga), firman Allah swt : “mereka yg memakan Riba tiadalah mereka bisa berdiri (dihari kiamat) kecuali seperti orang yg kesurupan syaitan, karena mereka mengatakan perdagangan riba sama dengan perdagangan biasa, dan Allah swt menghalalkan perdagangan dan mengharamkan  riba, maka mereka yg mendengar peringatan Allah akan hal ini dan berhenti maka untuk dosa yg terdahulu atas mereka adalah urusan Allah (diampuni), namun mereka yg meneruskannya maka mereka kekal di neraka” (QS Al baqarah 275)

Firman Allah swt : “Wahai orang orang yg beriman bertakwalah pada Allah dan tinggalkan riba yg telah kalian lakukan jika kalian beriman” (QS Al Baqarah 278).

maka solusi kita adalah menghindarinya semampunya, jika kita terjebak kebutuhan primer maka teruslah bekerja namun terus berusaha mencari pekerjaan lain yg lebih baik,

jauh berbeda antara orang yg tenang tenang menikmati pekerjaan yg padanya banyak hal yg diingkari syariah, jauh beda dimata Allah dg orang yg terjebak dan berusaha menyelamatkan diri walau blm berhasil, maka Allah swt akan memberikan bantuan dan maaf Nya swt.

dan disarankan mereka untuk memperbanyak sedekah dan amal shalih demi mengharapkan Rahmat Allah swt, sambil terus berusaha mencari usaha lainnya walau ia masih terus bekerja di Bank konvensional tsb

namun usahanya utk mencari pekerjaan lain itu dapat dijadikan hujjah yg menolongnya saat dihadapan Allah swt kelak.
namun sebagian besar para karyawan bank konvensional tak terlalu perduli akan hal ini, namun kita tentunya membangkitkan iman mereka, jika iman mereka bangkit maka mereka akan lebih mawas diri.

 

·        Apakah hukumnya mandi di tujuh sumur?, apakah itu syirik?

Jawab : hal itu sunnah, diriwayatkan pada Shahih Bukhari bahwa Rasul saw ketika sakit minta ditumpahkan padanya air dari 7 qirbah (qirbah kantung air), dan berkata Hujjatul Islam Al Imam Ibn Hajar bahwa diriwayatkan pada riwayat Imam tabrani bahwa Rasul saw meminta air dari 7 sumur, (Fathul Baari bisyarah shahih Bukhari Bab Wudhu Juz 1 hal 315 hadits no.191)  maka hal ini sunnah, sungguh bukan syirik.

 

·        Saya selalu terkena musibah

Jawab :tenangkan hati anda saudaraku tercinta, Allah swt Maha Mengatur keadaan, tiada musibah yg abadi, sebagaimana pergantian siang dan malam tak bisa dihindari, namun Allah swt ciptakan pepohonan agar kita bisa berteduh saat panas matahari, dan Allah ciptakan Api agar kita bisa punya penerangan dimalam hari, itulah rahmat Nya swt, pasti ada dalam setiap kekalutan.. kekalutan yg paling pekat sekalipun akan berubah menjadi penyelesaian yg menyenangkan.. sebagaimana gela gulitanya malam yg mengerikan bisa jadi indah dg adanya lentera, jangan putus asa saudaraku.