Asilah Komisi A FMTT ke VII di Pondok Pesantren Sidogiri

 

Deskripsi Masalah

Pada era pemerintahan saat ini banyak terjadi penyimpangan di segala bidang; baik di exekutif, legislatif, maupun yudikatif. Di mana penyimpangan itu bisa berupa korupsi langsung seperti kasus korupsi pajak, pungutan liar dll. Ada pula berupa kebijakan yang merugikan uang Negara seperti kasus Bank Century 6,7 Triliun

Pertanyaan

1.      Bagaimana menurut Fiqih tentang korupsi secara langsung, apakah masuk dalam kategori sariqah atau yang lain?

2.      Bagaimana pula menurut Fiqih tentang kebijakan pejabat yang merugikan Negara? Dan masuk dalam kategori apa?

 

Sail : PP. Al- Fiqhiyah Rembang

 

 

Jawaban:

1.      Dalam Ensiklopedi Indonesia definisi korupsi secara harfiah adalah perilaku pejabat publik, baik politikus maupun pegawai negeri yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalah gunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka. Dengan demikian, korupsi termasuk bagian dari penghianatan.

 

105

() () (

2. Kebijakan yang merugikan Negara hukumnya tidak boleh secara mutlak

 

ߡ .

- - ( 15 / 230)

( ) { }

: ( ) : ( )

 

Deskripsi Masalah

Seorang gadis cantik nan jelita bernama Fatimah yang berusia 14 tahun, setiap harinya Fatimah sibuk membantu pekerjaan kedua orang tuanya, karena Fatimah merasa kelelahan, lalu Fatimah istirahat ditempat tidurnya, setelah terbangun dari ranjangnya, kemaluannya (vagina) dalam keadan keluar darah, padahal hari-hari sebelumnya dia tidak pernah mengalami sedemikian, dan yang menjadi janggal dibenak hatinya, kira-kira dihitung dari mana permulan keluar darahnya, mengingat dia tidur kurang lebih selama delapan jam, kemudian Fatimah tanya sama orang tuanya dan orang tuanya tidak mengetahuinya, akhirnya Fatimah merasa kesulitan mengingat ditempat tersebut minim orang yang mengetahui tentang seluk beluk ilmu dalam masalah haid.

Pertanyaan

1.     Menurut perspektif Fikih, dihitung dari manakah permulaan haidnya Fatimah, mengingat dia tidur kurang lebih selama delapan jam?

2.      CB137-03kepada siapakah Fatimah harus bertanya, yang notabenenya di tempat tersebut tidak ada orang yang mengetahui tentang dinamika ilmu haid?

 

Sail: Murid kelas PK I Tsanawiyah

Jawaban:

1.     Semenjak Fatimah bangun tidur

- 000

- ( 2 / 58)

: :

 

 

2.      Ulama yang ada di daerahnya. Bila tidak ada, maka harus keluar

 

- ( 4 / 331)

( )

- \ 1\ 113