Akses gratis pada jaringan Telkomsel.
SEDEKAP DENGAN TANGAN SEDIKIT MIRING KEKIRI
Masaji Antoro > Pustaka Ilmu Sunni Salafiyah - KTB (PISS-KTB)
SEDEKAP DENGAN TANGAN SEDIKIT MIRING KEKIRI

PERTANYAAN

Wahabi Moderat

maaf,

saya melihat orang-orang aswaja kalau shalat bersedekapnya koq dimiringkan ke kiri,

Ada dasarnya nggak sich ?

afu,

Allahul Musta'an

 

JAWABAN

Melanie Keygel An-Nisaa

Sedekap orang-orang aswaja yang tangannya sedikit miring ke kiri memang ada dasarnya yaitu :

 

قوله تحت صدره وفوق سرته ) أي مائلا إلى جهة يساره لأن القلب فيها

كتاب إعانة الطالبين 1/135

 

( ووضعهما ) أي الكفين ( تحت صدره آخذا بيمينه يساره ) أي قابضا كوع يساره بكفه اليمنى ويجعلهما تحت صدره وفوق سرته مائلتين إلى جهة يساره قليلا لخبر مسلم عن وائل أنه صلى الله عليه وسلم رفع يديه حين دخل في الصلاة ثم وضع يده اليمنى على اليسرى

كتاب نهاية الزين 1/58

 

والمستحب عند الشافعية: أن يجعلهما تحت الصدر فوق السرة، مائلاً إلى جهة اليسار؛ لأن القلب فيها، فتكونان على أشرف الأعضاء، وعملاً بحديث وائل بن حجر السابق: « رأيت رسول الله صلّى الله عليه وسلم يصلي، فوضع يديه على صدره، إحداهما على الأخرى » ويؤيده حديث آخر عند ابن خزيمة في وضع اليدين على هذه الكيفية.

الفقه الإسلامي 2/62

 

ويسن أن تكونا إلى جهة اليسار أميل لما ذكر إذ هي محله لأن من احتفظ على شيء جعل يديه عليه

تحفة الحبيب على شرح الخطيب 2/212

 

وعن الشافعي : لإذهاب الوسواس سواء كان في وضوء أو غيره أن يضع الشخص يده اليمنى على صدره من جهة اليسار الذي فيه القلب ويقول : سبحان الملك القدوس الخلاق الفعال سبع مرات ثم يقول : ) إن يشأ يذهبكم ويأت بخلق جديد وما ذلك على الله بعزيز } ) إبراهيم : 19 )

تحفة الحبيب على شرح الخطيب 1/230

 

وَيُسَنُّ أَنْ تَكُونَا إلَى جِهَةِ الْيَسَارِ أَمْيَلَ لِمَا ذُكِرَ إذْ هِيَ مَحَلُّهُ لِأَنَّ مَنْ احْتَفَظَ عَلَى شَيْءٍ جَعَلَ يَدَيْهِ عَلَيْهِ

حاشية البجيرمي علي الخطيب 4/347

 

Walloohu A'lam

Azmat Maula
asyiiiiiiiikk, ada dalil nyaaa......
22 September · Suka · 1 orang · Hapus
Arwandi Arwan
syg kotak2..
22 September · Suka · 1 orang · Hapus
Arwandi Arwan
syg kotak2..
22 September · Suka · Hapus
Satria Marawis
lebih apdhol lagi!!! matur tengkyu
22 September · Suka · Hapus
Begawan Sinting AlasRoban
kok argumen dari wahabi moderat tidak di tampilin??
22 September · Suka · Hapus
Alif Jum'an Azend
soal dan jawaban sudah sesuai... argumentasi pak wahabi diluar konteks jawaban yang dibutuhkan
22 September · Suka · Hapus
Nur Hafizah
oooh. . . Pantesan ada yg miring geto, ada dalilnya yah. . .tapi ada yg bilang gni ni. . . Pake mirng geto karna tux memperingati tulang rusux Nabi adam yg di ambil Allah tux nyiptakan Siti Hawa. . . ^_^
22 September · Suka · Hapus
Begawan Sinting AlasRoban
lah,santri2 di banyak pesantren setelah takbirotul ihrom sebelum sedekap tangannya muter2 dulu.katanya sunnah tangan kanan dulu,gimana tuh??
22 September · Suka · 1 orang · Hapus
Begawan Sinting AlasRoban
argumen wahabi moderat tidak keluar konteks.justru menambah hazanah ke’ilmuan aswaja.berarti PISS KTB menyembunyikan bukti ilmiah sebagai bahan penyeimbang....!
22 September · Suka · 1 orang · Hapus
22 September · Suka · Hapus
Masyhudi Salsabila
Santri mana? Pesantren mana? Mosok tangannya muter2 dulu?
22 September · Suka · Hapus
Khoirun Najwa Anam
Tangan muter2,
Sbgian temen2ku emg pd mlakukany dg alasn mengatur niat dlm hati,krna merka agk susah/kurg mantap/mamang dlm mengatur niat dlm hati wkt takbir0tul ikr0m
22 September · Suka · Hapus
Dien Saepudin
Tolong terjemahan nya......................
22 September · Suka · Hapus
Alif Jum'an Azend
pak muhammad, silahkan buat postingan baru : bagaimana posisi tangan yang lebih utama saat berdiri dalam shalat ? di atas dada , di bawah dada atau dimana ? sehingga jawaban bisa disesuaikan
22 September · Suka · Hapus
Begawan Sinting AlasRoban
kang Alif,loh....kan sudah dibahas dalam status bib wahabi moderat.makanya kalau buat dokumen yg seimbang.....!!!
22 September · Suka · Hapus
Masyhudi Salsabila
Masalah khilafiyyah beginian tak usah lah saling ngotot. Biasa aja kaleee.. :))
22 September · Suka · Hapus
Kang Muhammad 'Ali Mawardy
hanya bisa senyum ...
Enak sebagai penonton kayanya ...
22 September · Suka · Hapus
Utuh Raji
( قَوْلُهُ يُحَاذِيهِ ) أَيْ الْقَلْبُ فَإِنَّهُ تَحْتَ الصَّدْرِ مِمَّا يَلِي جَانِبَ الْأَيْسَرِ نِهَايَةٌ أَيْ فَالْمُرَادُ بِالْمُحَاذَاةِ التَّقْرِيبِيَّةُ لَا الْحَقِيقِيَّةُ خِلَافًا لِمَا يَفْعَلُهُ بَعْضُ الطَّلَبَةِ مِنْ جَعْلِ الْكَفَّيْنِ فِي الْجَنْبِ الْأَيْسَرِ مُحَاذِيَتَيْنِ لِلْقَلْبِ حَقِيقَةً فَإِنَّهُ مَعَ مَا فِيهِ مِنْ الْحَرَجِ يُخَالِفُ قَوْلَهُمْ وَجَعْلُ يَدَيْهِ تَحْتَ صَدْرِهِ فَإِنَّ الْيُسْرَى حِينَئِذٍ يُجْعَلُ جَمِيعُهَا تَحْتَ الثَّدْيِ الْأَيْسَرِ بَلْ فِي الْجَنْبِ الْأَيْسَرِ لَا تَحْتَ الصَّدْرِ تحفة المحتاج باب صفة الصلاة....
Maksud dari sejajar hati adalah mendekati, bukan benar2 sejajar hati, karena jika yg dimaksud adalah benar2 sejajar hati, disamping sulit dilakukan, juga bertentangan dengan perkataan ulama, bahwa meletakkan dua tangannya di bawah dadanya,, karena (jika sejajar hati benar2) maka seluruh tangan kiri berada di bawah susu/payudara kiri, bahkan di rusuk sebelah kiri, bukan di bawah dada. intahaa.
Karena itu, apa yang diamalkan sebagian orang yang bersedekap sangat miring ke kiri, (seolah2 seperti akan mencabut pedang)..itu bukanlah yg benar dalam madzhab Syafi'i... Wallaaahu a'lam
22 September · Suka · 3 orang · Hapus
Utuh Raji
Dan Memang pasti akan sedikit miring ke kiri, namun tidak terlalu miring sampai2 meletakkannya di bawah susu kiri....
22 September · Suka · Hapus
Wahabi Moderat
saya sepakat dengan akhi Kepala Tasbih.
Coba perhatikan juga kalimat:
خِلَافًا لِمَا يَفْعَلُهُ بَعْضُ الطَّلَبَةِ مِنْ جَعْلِ الْكَفَّيْنِ فِي الْجَنْبِ الْأَيْسَرِ مُحَاذِيَتَيْنِ لِلْقَلْبِ حَقِيقَةً
berbeda dengan apa yang dilakukan sebagian santri yang menjadikan dua telapak tangannya pada sisi kiri berhadap-hadapan dengan qalb secara haqiqi.

Catatan:
Itulah menurut pemahaman saya ''maa yaf'aluhuu ba'dhuththalabah'' sama dengan ta'bir pada Hasyiyah Syarqawi 'alattahrir 1/200 :
مائلا إلى جهة يساره
Condong ke arah kirinya,
Dan hal yang demikian tidak dijelaskan oleh Imam Ibnu Hajar dan Imam Ramli yang keduanya merupakan standar pengambilan ulama-ulama pensyarah dan muhasysyi.

Matur nuwun.
22 September · Suka · 1 orang · Hapus
Masaji Antoro
@ Kang Kepala Tasbih : Karenanya kesimpulan diatas juga kata-katanya "sedikit miring kekiri"

@ Kang Wahabi Moderat ~ Apa njenengan keberatan dengan ibarah-ibarah dalam dokument diatas ??
22 September · Suka · 1 orang · Hapus
Wahabi Moderat
tidak sama sekali tidak.
Saya hanya mengutip ta'bir dari Syarwani, yaitu:
خِلَافًا لِمَا يَفْعَلُهُ بَعْضُ الطَّلَبَةِ مِنْ جَعْلِ الْكَفَّيْنِ فِي الْجَنْبِ الْأَيْسَرِ مُحَاذِيَتَيْنِ لِلْقَلْبِ حَقِيقَةً

O ya, saya masih mencari ta'bir dari Mauhibah Dzil Fadhal yang berkenaan dengan bersedekap, karena kalau tidak salah dan lupa mu`allifnya pernah mengritik Imam Syarwani dalam masalah zakat uang kertas......
22 September · Suka · Hapus
Masaji Antoro
Ya sudah kalau Kakang juga sepakat dengan ibarah-ibarah diatas...

Menurut hemat saya antara ibarah yang terdapat pada as-syarwaani dan at-Tuhfah dengan ibarah-ibarah diatas memang tidak ada perbedaan, masing-masing menjelaskan posisi tangan saat sedekap "SEDIKIT MIRING KE KIRI"

فَالْمُرَادُ بِالْمُحَاذَاةِ التَّقْرِيبِيَّةُ لَا الْحَقِيقِيَّةُ خِلَافًا لِمَا يَفْعَلُهُ بَعْضُ الطَّلَبَةِ مِنْ جَعْلِ الْكَفَّيْنِ فِي الْجَنْبِ الْأَيْسَرِ مُحَاذِيَتَيْنِ لِلْقَلْبِ حَقِيقَةً فَإِنَّهُ مَعَ مَا فِيهِ مِنْ الْحَرَجِ يُخَالِفُ قَوْلَهُمْ وَجَعْلُ يَدَيْهِ تَحْتَ صَدْرِهِ فَإِنَّ الْيُسْرَى حِينَئِذٍ يُجْعَلُ جَمِيعُهَا تَحْتَ الثَّدْيِ الْأَيْسَرِ بَلْ فِي الْجَنْبِ الْأَيْسَرِ لَا تَحْتَ الصَّدْرِ
Tuhfah al-Muhtaaj VI/205-206

قوله: (يحاذيه) أي القلب فإنه تحت الصدر مما يلي جانب الايسر نهاية، أي فالمراد بالمحاذاة التقريبية لا الحقيقية خلافا لما يفعله بعض الطلبة من جعل الكفين في الجنب الايسر محاذيتين للقلب حقيقة فإنه مع ما فيه من الحرج يخالف قولهم: وجعل يديه تحت صدره فإن اليسرى حينئذ يجعل جميعها تحت الثدي الايسر بل في الجنب الايسر لا تحت الصدر،.
Hawaasyi as-Syarwaany II/203

Sama kan dengan ibarah dalam dokument diatas ??
22 September · Suka · Hapus
1 jam yang lalu · Suka · 2 orang · Hapus
She'Jasmine Ayda Az-zahra
Arief Rachman Ilham________disini...........................
5 menit yang lalu · Suka · Hapus