Bukan Dari Musnad

Sebagai pembaca baru majalah tercinta Aula, saya sangat tertarik untuk terus mengikuti tiap penerbitan, karena saya melihat pembahasan-pembahasannya cukup bagus dan aktual.

Hanya saja menurut saya, ada satu hal yang tidak jelas dan perlu untuk dijelaskan kepada pembaca semua, yaitu pada penerbitan no. 02/Februari 1993 yaitu rubrik bahstul masail yang diasuh oleh KH. A. Masduqi Mahfudz, halaman 51-54 yang berjudul Sekitar Nisfu Sya'ban.

Pada alinea terakhir tertulis, "banyak sekali hadist-hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal…" Mohon keterangan jilid dan halamannya. Karena setelah kami mencari pada kitab-kitab Imam tersebut belum ketemu, kecuali pada kitab riwayat Ibnu Majah dan at-Turmudzi. Semoga Aula benar-benar mewakili suara NU yang selalu menekankan ukhuwah Islamiyah.

Jawaban:

Kami sangat menaruh hormat kepada Anda yang tidak hanya sangat tertarik untuk terus mengikuti rubrik bahtsul masail yang ada dalam majalah Aula, akan tetapi juga aktif melakukan checking terhadap dalil-dalil yang ada dalam rubrik tersebut. Kalau Anda telah mencari hadist-hadist dalam kitab Musnad Imam Ahmad mengenai Nisfu Sya'ban sebagaimana kami sebutkan dalam rubrik masail majalah Aula no. 02 Februari 1993, hal itu bukan karena kekurangan atau ketidaktelitian Anda. Kalimat "banyak sekali hadist-hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal…" adalah terjemahan dari ibarat yang kami dapatkan dalam kitab Khulashotul Kalam fi Arkanil Islam karangan Sayid Ali Fikri hal. 255 berbunyi:

وَوَرَدَتْ أَحَادِيْثٌ كَثِيْرَةٌ عَلَى أ نَّهُ r كَانَ يَحْتَفِى بِهَذِهِ اللَّيْلَةِ وَيَقُومُ بِتَكْرِيْمِهَا بِكَثْرَةِ الصَّلاَةِ وَالدُّعَاءِ وَالإِسْتِغْفَارِ. رَوَاهَا الإِمَام أحْمَد بن حَنْبَل فىِ مُسْنَدِهِ كَمَا رَوَاهضا التِّرمِذِى وَالطَّبْرَانِى وَإبن حِبَّانِ وإبن مَاجَّه والبَيْهَقِى وَالنَّسَائِي.