Berobat Ke Dukun

Dengan ini kami ingin mengajukan pertanyaan kepada bapak pengasuh rubrik bahtsul masail. Adapun persoalan kami sebagai berikut.

Pernah pak guru menerangkan kepada kami bahwa, bagi seorang yang berobat kerumah dukun guna mengobatkan sakitnya sedang dukun tersebut memakai bantuan syaitan yang orang-orang menyebutnya dengan istilah dukun bancik dan secara kebetulan sakit yang diobatkan sembuh.

Maka menurut dawuh pak guru kepada kami, bahwa kelak orang tersebut kalau meninggal akan dikumpulkan bersama sama dengan syaitan dan dijadikan pelayan oleh syaitan, karena dukun tersebut dibantu oleh syaitan.

Pertanyaan saya adalah, benarkah penuturan pak guru tersebut? jikalau memang benar mohon diterangkan dalil-dalil yang menunjukkan atau yang membenarkan, dan terdapat di kitab apa?

Sekian pertanyaan dan permohonan kami. Atas jawabannya kami ucapkan banyak terima kasih. Dan bila ada kata-kata kami yang salah, atau tidak berkenan dihati bapak, maka kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Jawaban:

Dalam kitab Irsyadul Ibad ada hadist Nabi saw, yang menerangkan bahwa seseorang yang datang ke dukun, maka salatnya 40 hari 49 malam tidak diterima oleh Allah, dan apabila petunjuk-petunjuk atau nasihat atau syarat-syarat yang telah ditentukan oleh sang dukun tersebut diikuti atau ditaati, maka orang yang mengikuti atau mentaati tersebut dianggap kufur.

Masalah orang yang diobatkan kepada dukun kebetulan sembuh, maka kesembuhan tersebut memang sudah waktunya diberikan oleh Allah, sehingga apabila dia berobat kelain dukun tersebutpun akan sembuh juga, karena kesembuhan itu pada hakekatnya hanya dari Allah, sebagaimana tersebut dalam hadist-hadist Nabi saw yang dapat kita baca dalam kitab Riyadus Shalihin. Catatan: dukun dalam pengertian jawaban ini adalah orang yang biasa memberi pengobatan dengan menggunakan suwuk yang meminta jasa syaitan.