ASILAH BAHTSUL MASAIL WAQI'AH

PENGURUS CABANG NAHDLATUL ULAMA KEBUMEN

(RABU, 29 JUNI 2011)

1.      Persalinan dan Permasalahannya

Deskripsi Masalah:

Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) telah diupayakan dalam waktu yang cukup lama, namun data dari dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah menunjukan bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Provinsi ini sampai akhir tahun 2010 masih cukup tinggi, yaitu 104,97/100.000 Angka Kelahiran Hidup (AKH).

Berdasarkan pengalaman dilapagan, para tenaga kesehatan banyak menjumpai kasus kematian ibu dan bayi disebakan antara lain masalah agama, seperti kasus seorang suami menolak bantuan tenaga medis yang mau menangani proses persalinan istrinya dengan alasan tenaga medisnya laki-laki dan bukan mahram (bukan karena faktor biaya) hingga akhirnya sang suamilah yang menangani sendiri dan berakibat meninggalnya istri dan anaknya. Namun anehnya si suami tidak menyesal atas tindakanya karena berkeyakinan istrinya mati syahid.

Pertanyaan:

a.       Bagaimana hukum tindakan suami melarang tenaga medis laki-laki menolong persalinan istrinya dalam kasus diatas?

b.      Adakah toleransi fiqh bagi tenaga medis bukan mahrom menangani pasien lawan jenis dalam proses persalinan maupun pemeriksaan kesehatan lainya?

c.       Bagaimana hukum mengangani persalinan oleh seorang yang bukan ahlinya seperti kasus diatas?

2.      Trend Busana

Desskripsi Masalah

Perkembangan zaman modern tidak hanya merambah dunia industry, informasi dan teknologi saja, ia juga masuk dalam dunia busana. Berbagai macam model  dan jenis pakaian terutama pakaian wanita yang apabila dipakai kurang menutupi aurat/hanya menutupi sebagian saja, terkadang juga dilengkapi pakaian lain yang menutup aurat tetapi menampakan bentuk tubuh (seperti celana legging/ketat)

Pertanyaan:

a.       Bagaimana hukum merancang dan membuat pakaian seperti itu?

b.      Bagaimana hukum memakai, membeli dan menjual pakaian seperti itu?

3.      Persewaan Alat Milik Masjid

Deskripsi Masalah

Ada masjid dan yayasan pendidikan yang memiliki alat-alat perlengkapan seperti sound system, tenda kursi dan lain-lain yang dibeli dari hasil wakaf, infak kotak amal maupun pendapatan lainya untuk disewakan, hasil penyewaan alat-alat tersebut dialokasikan untuk kepentingan masjid atau yayasan pendidikan tersebut.

Pertanyaan:

a.       Apakah diperbolehkan membeli alat-alat perlengkapan dari uang hasil wakaf, maupun infak kotak amal untuk kepentingan diatas?

b.      Bagaimana hukum menyewakan alat-alat perlengkapan diatas yang hasilya untuk kepentingan masjid atau yayasan?

c.       Bagaimana hukum meminjamkan (tanpa adanya hasil yang kembali kepada masjid atau yayasan)?

4.      HIV

Deskripsi Masalah

Ada suami positif tertular HIV, dia tidak mau memberitahukan kepada istrinya karena khawatir kalau istrinya tahu justru akan memohon fasakh nikah ke Pengadilan Agama, padahal dia sangat mencintainya. Dalam setiap melakukan hubungan suami istri dia menggunakan kondom untuk menghindari tertularnya penyakit HIV tersebut pada istrinya.

Pertanyaan

a.       Bolehkan menyembunykan penyakit menular seperti HIV kepada pasangan hidupnya?

b.      Apakah HIV termasuk aib yang membolehkan istri megajukan fasakh nikah?

5.      Alat Musik

Deskripsi Masalah

a.       Apakah perbedaan dari masing-masing istilah malahi, autar dan mizmar yang oleh imam Ghozali disebut terdapat nash pelaranganya dalam syar'i? dan apakah nash-nash dari masing-masing tersebut?

b.      Jika suatu waktu ketiga ilat berubah, khususnya pada ilat ketiga (tasyabuh) yaitu ketika malahi, autar dan mizmar selain dipakai oleh ahli maksiat juga digunakan oleh orang-orang shaleh, apakah hukum juga berubah?

c.       Bagaimana hukum menggunakan alat music elektronik?