DAFTAR PERTANYAAN

JAMAAH MAJLIS TA'LIM HARAMAIN

(Ahad Pon, 15 Januari 2012)

 

1.       Deskripsi masalah: sebagaimana diyakini bahwa orang yang meninggal dunia setelah dikuburkan ia akan ditanya oleh malaikat Munkar dan Nakir.

Pertanyaan: Pertanyaan kubur menggunakan bahasa apa? Dan apakah betul pertanyaan kubur selalu menggunakan bahasa Arab? (H. Suradi)

Jawaban:

Diantara keyakinan yang dianut oleh Ahlus Sunah Waljamaah bahwasanya setiap orang yang telah meninggal dunia dan masuk ke alam Barzah akan ditanyai oleh dua malaikat Allah (Munkar dan Nakir) tentang keimanan dan keislamanya sebagaimana hadits Nabi Saw.

: ( . ) (

Al-Bukhari meriwayatkan dari Al-Barra bin Azib radhiallahuanhu bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda, Apabila seorang muslim ditanya di dalam kubur, maka dia bersaksi babwa tiada Tuhan melainkan Allah dan bahwa Muhammad adalah rasul Allah. Itulah maksud firman Allah, Allah meneguhkan orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh di dalam kehidupan dunia dan di akhirat (HR Bukhari 4422)

Menurut mayoritas ulama, pertanyaan dan jawaban alam kubur menggunkan bahasa sesuai dengan bahasa yang ditanya. Dalam kitab Is'adur Rofiq: 30, disebutkan :

..... .

Dan diantara keimanan adalah pertanyaan dua malaikat ..kedua malaikat akan menanyakan pada tiap orang sesuai dengan bahasanya, baik ia dikubur atau termakan binatang buas atau telah menjadi abu dan ia akan menjawab sesuai dengan apa yang ada padanya.

Penjelasan yang sama juga dapat ditemukan dalam Syarah Aqidah Wasitiyyah Juz 2 hlm 22, Fathul Majid hlm 5.

2.      Deskripsi Masalah: Pada hari Jumat memotong kuku, rambut dan lain-lainya merupakan suatu kesunahan.

Pertanyaan: Kapan waktu yang paling afdhol untuk melakukan hal-hal diatas pada hari jum'at? (Hj. Siti Qo'idah)

Jawaban: Banyak kesunatan dan keutamaan yang terkait hari jum'at seperti memotong kuku, rambut dan lain-lain. Tentang waktu yang paling utama untuk melakukan itu adalah pagi hari menjelang berangkat shalat jum'at seperti yang dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw.

: ( 842)

Dari Abu Hurairah berkata sesungguhnya Rasulullah Saw memotong kuku, mencukur kumisnya pada hari Jum'at menjelang berangkat shalat.

3.      Deskripsi Masalah: Ada seorang Kyai yang mengharuskan jamaahnya melakukan shalat dzuhur setelah shalat jum'at.

Pertanyaan:

a.       Apakah setelah shalat jum'at diharuskan lagi shalat dzuhur

b.      Pada waktu khatbah jum'at, sami'in (pendengar) ada + 50 orang, namun sekitar 30 orang diantaranya banyak yang mengantuk. Bagaimana jum'atanya/pahalanya? (H. Dalimi, Lemahduwur)

Jawaban:

a.       Tidak harus mengulangi dzuhur selama syarat dan rukunnya telah terpenuhi. Namun manakala bila salah satu tidak terpenuhi atau diperselisihkan kesyahannya maka disunahnkan shalat dzuhur setelahnya.

b.      Jum'atanya tetap syah.

Referensi: Bughyat Mustarsyidin, 167

( )

- ( 1 / 140)

( ) ( ) ( )

- ( 9 / 287)

) : .

4.      Deskripsi Masalah: Ada seorang istri yang membiayai haji suaminya, tetapi nantinya si suami tersebut diminta untuk mengembalikan biaya tersebut (nyarutangi), karena selama berkeluarga istri merasa tidak dinafkahi lahiriyah.

Pertanyaan: Bagaimana solusinya bagi suami kalau tidak bisa mengembalikan biaya tersebut karena penghasilan suami terus masuk dalam kebutuhan keluarganya (tidak untuk hura-hura sendiri) berdosa apa tidak? (Hj. Marsaonah, Wajosari)

Jawab: Suami tetap wajib menyaur hutangnya pada suami. Bila suami tidak mampu karena hartanya untuk nafkah keluarga maka hendaknya istri menghalalkan atau suami meminta halalnya.

- ( 5 / 62)

5.      Masalah Aqiqah

Pertanyaan:

a.       Bagaimana hukumnya Aqiqah yang digunakan untuk acara hajatan?

b.      Bagaimana hukumnya Aqiqah yang digunakan untuk kegiatan mauludan dan sejenisnya? (H. Dalimi, Lemahduwur)

 

6.      Deskripsi Masalah: Fidyah shalat/puasa biasanya dilakukan untuk orang yang telah meninggal dunia. Namun ada yang bilang sebaiknya (boleh) dilakukan sebelum meninggal dunia. Misalnya; ada orang yang melakukan fidyah ketika masih hidup dengan dihitung sampai usia 60 tahun dan orang tersebut ternyata meninggal pada usia 67 tahun.

Pertanyaan:

a.       Baik yang mana melakukan fidyah shalat /puasa antara sebelum atau sesudah meninggal dunia?

b.      Sisa umur yang belum difidyahi apakah ahli warisnya berkewajiban untuk menunaikanya? (H. Mahmud, Wajosari)