HASIL BAHTSUL MASSAIL P4SK

CABANG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2010

No Fax. 0274368106

 

Masail dari Jepara

1.       Masalah jual beli asi

a.       Bagaimana hukumnya jual beli ASI?

Jawab: Syah

Ta'bir:

1.     - ( 9 / 254)

() ..............

2.     - ( 6 / 262)

:

3.     : 48

4.     - ( 2 / 50)

( ) : ( ) ( ) ( : ) .

 

b.      Bagaimana solusinya?

Jawaban: Gugur

c.       Apakah bayi-bayi premature yang meminum air susu tersebut bias dikatakan saudara sesusuan?

Jawab: Bisa, selama diyakini terpenuhi syarat-syarat dalam al Radla' seperti; lima kali susuan. Baik keluar atau masuknya, kejelasan antara sipemilik ASI dengan bayi dll. Jika terjadi keraguan karena tidak ada kejelasan maka tidak bisa menjadikan bayi-bayi peminum ASI tersebut saudara sesusuan

Ta'bir:

1.     - ( 2 / 50)

( ) : ( ) ( ) ( : ) .

Catatan tim perumus:

Keabsyahan jual beli ASI dalam jawaban (a) hanya dipandang dari sisi materi ASI saja ('ain al mabi') belum dipandang dari berbagai dampak yang ditimbulkan ketika ASI dalam deskripsi masalah diatas diminumkan kepada bayi. Mengacu pada hasil pembahasan Majlis Majma' Fiqih Islam di Jedddah pada tahun 1985 tentang praktek bank ASI, maka musyawirin berpendapat haram hukumnya memberikan ASI dari bank ASI kepada bayi, karena akan menimbulkan percampuran ASI sehingga muncul keraguan tentang status bayi yang suatu saat akan menjadi jelas.

Ta'bir: Fiqh Islam Juz 7 h. 5085

:

1.     .

2.  . , .

3.  , .

: , . , .

2.       Masalah no 2

a.       Bagaimana definisi Rahmatan lil 'alamin yang sebenarnya?

Jawab: Maksud Rahmatan lil 'alamin adalah bahwanya diutusnya Rasululah merupakan rahmat bagi seluruh makhluk, tidak hanya bagi umat mukmin tapi juga bagi umat yang kafir dalam bentuk perlakuan yang tidak sama dengan umat sebelumnya seperti diurungkanya 'adzab didunia.

Ta'bir:

1.     - ( 18 / 551- 552)

( ) : . ѿ : . : : ( ) : . : : ( ) : . : . * : : : ( ) : : ( ) : : . . . . .

2.     - ( 5 / 387)

: : ޡ : ϡ ѡ : { } : ѡ ɡ (7) . - - ѡ ӡ . ϡ ϡ ʡ ѡ : { } : ɡ

b.      Apa sajakah yang membatasi atau membedakanya dengan yang lainya?

Jawab: Maklum dengan ta'bir diatas

 

 

 

 

 

 

 

 

Masail dari Bantul.

1.       Masalah tentang foto pre wedding

a.    Bagaimana hukumnya membuat foto Pre Wedding bagi calon pengantin yang belum melakukan akad nikah maupun sudah?

Jawaban: Dalam proses pembuatan foto disyaratkan tidak terjadi hal-hal yang dilarang seperti khalwat, melihat dengan syahwat dll, keculi jika setelah nikah. Sedang memasang foto pada undangan hukumnya tidak boleh kecuali bila tidak dikhawatirkan terjadi fitnah dan syahwat .

Ta'bir:

1.      - ( 3 / 301)

): ) . . : ߡ ѡ .

2.      229 .

,

b.   Bagaimana Fotografer yang melakukan pemotretan tersebut?

Diperbolehkan selama memenuhi ketentuan diatas (a)

Ta'bir:

( : 2 125

2.       Masalah tentang Operasi bayi kembar Siam

a.    Adakah dasar pertimbangan Syar'I untuk dilakukan pemisahan bayi kembar siam?

Jawaban :

Ada pertimbangan Syar'I dilakukanya pemisahan bayi kembar siam tersebut, namun dengan Tafsil, jika :

1. Kemungkinan dlorornya lebih sedikit

2. Dengan pendapat minimal dua Dokter Ahli menurut Imam Adzro'i.

Akan tetapi jika sama antara manfaah dan madlaratnya maka boleh menurut Qaul Ashah dan tidak boleh menurut Imam Bulqini.

1.     - ( 8 / 157)

[ ] :

2.     4 200

( ) ( ) : ( ) ( ) ( ) ( ) : { } : . : . :

3.     - - ( 4 / 209)

( ) ( ) ( ) ( ) ( ) ( ) ( )

2 123

b.   Bagaimana penentuan satu kelamin bagi kembar siam tersebut?

Jawaban: Penentuan kepemilikan kelamin mempertimbangkan pandangan Ahl Khibrah.

1.     4 200

( ) ( ) : ( ) ( )

 

Masail dari Banyumas

1.       Tentang memburu harta karun dengan ritual-ritual tertentu

a.       Bagaimana mengambil harta karun yang dihasilkan dari perburuan semacam itu?

Jawab:

Terdapat tafsil;

1.       Diperbolehkan selama proses pengambilanya tidak bertentangan dengan syari'at

2.       Bila harta karun diambil bukan pada tempat yang dimiliki oleh si pengambil maka harus disyaratkan isti'dzan.

17 - 18

... .

b.      Bagaimana hokum menggunakan harta karun tersebut?

Menggunakan harta tersebut seperti halnya hokum rikaz.

- ( 1 / 982)

 

 

 

2.       Tentang Bacaan setelah salam

a.       Apakah ada dalil Qath'I dari Al Qur'an atau hadits tentang hal tersebut atau minimal atsar?

Jawab: terdapat dalil hadits namun tidak secara langsung menunjuk tentang doa diantara salam tersebut, melainkan hanya kebolehan memperbanyak doa ketika shalat baik yang ma'tsur maupun yang tidak namun dengan ketentuan merupakan do'a kebaikan dunia dan akhirat.

Ta'bir:

1.      - ( 3 / 435)

( ) .

2.      - ( 1 / 419)

... : : : : : : : )

3.      - ( 1 / 119)

4.      - ( 7 / 220)

7714 - : ǡ :" "

b.      Bila tidak ada bagaimana hokum shalatnya?

Jawab: Hukum shalatnya tetap syah selama memenuhi ketentuan doa yang dimaksud dalam Ta'bir diatas (a)

3.       Tentang niat dengan bahasa jawa

a.       Bagaimana hokum pelafadzan niat dengan di krenteg tetapi dengan memakai bahasa local daerah setempat?

Jawaban: boleh dan syah selama memenuhi ketentuan niat pada shalat.

- ( 1 / 149)

: .

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Masail dari Wonosobo

1.       Tentang Dam Haji.

a.       bolehkah pembayaran dam dipungut sebelum penyebab dam itu terjadi?

Jawaban: boleh. (bughyat al mustarsyidin h. 91)

b.      Status si penarik dana seperti yang disebutkan diatas itu berstatus sebagai apa menurut pandangan Fiqih?

Jawab: Wakil.

c.       Bolehkah sisa dam tadi dimiliki sipenarik dana sebagai keuntungan dengan tanpa sepengetahuan jamaah yang ditarik dana tadi?

Jawab: Tidak boleh.

- ( 3 / 162)

: ѡ ɡ

d.      Bolehkah jama'ah memakan daging hewan yang hewan tersebut disembelih untuk membayar dam bagi dirinya?

Tidak boleh.

- ( 7 / 18)

( ) ( ) ( )

2.       Tentang Hukum perdagangan mata uang

a.    Bagaimana hukumnya memperdagangkan mata uang?

Jawaban: Boleh

Ta'bir:

1.      - ( 3 / 27)

() : ǡ - ߡ - ѡ ߡ . ǡ ݡ ɡ : ͡ . : ߡ : .

2.      4 29

. . .

 

b.   Penukaran pecahan besar dengan pecahan kecil dalam jumlah rupiah tidak sama apakah termasuk Riba?

Jawaban: Tidak termasuk riba dengan mempertimbangkan uang tersebut sebagai al fulus..

Ta'bir:

4 29

. . .