DAFTAR PERTANYAAN

JAMAAH MAJLIS TA'LIM HARAMAIN

(Ahad Pon,   September  2011)

 

1.       Deskripsi Masalah: Mohon penjelasan mengenai Fidyah bagi orang yang telah meninggal dunia yang pada waktu hidupnya lebih banyak meninggalkan shalat dan puasa.

Pertanyaan:

a.       Bagaimana cara menghitung shalat dan puasa yang tertinggal bilamana tidak diketahui secara jelas?

b.      Apakah anaknya/ahli warisnya berkewajiban membayarkan fidyah tersebut?

c.       Apabila ankanya/ahli warisnya tidak mampu, apakah harus diambilkan/dijualkan dari harta peninggalan si mayit?

d.      Apakah shalat atau puasa yang ditinggalkan itu karena disengaja, juga tetap boleh di fidyah?(Hj. Siti)

 

2.      Deskripsi Masalah: Sebagaimana diketahui bahwa shalat sunah ada yang disunahkan dilakukan secara berjamaah dan ada yang tidak. Sementara itu ada beberapa shalat sunah seperti; Shalat Tasbih, Shalat Hajat, Shalat Tahajud yang dikerjakan secara berjamaah.

Pertanyaan:

a.       Apakah shalat Tasbih, shalat Hajat dan shalat Tahajud termasuk yang diperbolehkan secara berjamaah? Bagaimana hukumnya?

b.      Apakah shalat jama'ah baik fardlu atau sunah yang dikerjakan dimalam hari bacaan imamnya keras (jahr) dan yang dikerjakan di siang hari bacaanya lirih (sirr)?

c.       Apakah shalat jenazah yang dilakukan secara berjamaah pada malam maupun siang hari, bacaan imamnya harus lirih (sirr) suaranya?(Hj. Warsiti)

3.      Pertanyaan: Apakah shalat Nisfu Sya'ban ada dasarnya dalam Qur'an atau Hadits? Kalau berdasar hadits apakah termasuk hadits yang dapat diikuti? (H. Sunardi)

4.      Deskripsi Masalah: Dalam dunia pendidikan saat ini baik di tingkat dasar maupun perguruan tinggi memerlukan berbagai media/sarana pembelajaran yang memadai. Media tersebut ada yang imitasi (tiruan) dan ada yang memang asli. Penggunaan media yang asli bertujuan supaya pembelajaran lebih nyata dan mudah dipahami.

Pertanyaan:

a.       Apakah dalam Islam diperbolehkan apabila seseorang yang meninggal dunia jazadnya di wakafkan/disumbangkan untuk kepentingan praktek pembelajaran? (H. Sakijo)

b.      Apakah diperbolehkan menjadikan hewan tertentu (misalnya katak, ular dll) sebagai praktek percobaan dalam pembelajaran, misalnya dengan membedahnya untuk mengetahui organ-organ didalamnya secara langsung? (Tambahan)

5.      Deskripsi Masalah: Koperasi merupakan sebuah lembaga usaha yang dimiliki oleh banyak orang (anggota koperasi). Dalam hal keyakinan/agama, anggota koperasi juga beragam yang artinya tidak semua anggota koperasi beragama Islam. Beberapa saat yang lalu ada salah satu anggota koperasi yang mengusulkan bahwa koperasi wajib mengeluarkan zakat.

Pertanyaan:

a.       Apakah kekayaan koperasi wajib dizakati?

b.      Bagaimana bila dalam anggota koperasi juga ada yang beragama selain Islam, apakah juga tetap wajib dizakati? (Hj. Siti Nuriyah)

6.      Deskripsi masalah: sebagaimana diyakini bahwa orang yang meninggal dunia setelah dikuburkan ia akan ditanya oleh malaikan Munkar dan Nakir.

Pertanyaan: Pertanyaan kubur menggunakan bahasa apa? Dan apakah betul pertanyaan kubur selalu menggunakan bahasa Arab? (H. Suradi)

7.      Deskripsi Masalah: Pada hari Jumat memotong kuku, rambut dan lain-lainya merupakan suatu kesunahan.

Pertanyaan: Kapan waktu yang paling afdhol untuk melakukan hal-hal diatas pada hari jum'at? (Hj. Siti Qo'idah)