Di Madinah sebelum wukuf

    1. Jamaah haji menempati pemondokan yang telah ditentukan. Pemondokan di Madinah disediakan bagi jamaah haji untuk waktu 8 hari guna memenuhi pelaksanaan shalat 40 waktu (arbain) di mesjid Nabawi.

    2. Penyewaan dan Penempatan jamaah haji dilakukan melalui Majmuah (group). Rumah rumah yang ditempati jamaah haji semuanya bertingkat. Rumah yang bertingkat ada yang menggunakan tangga dan rumah yang lebih 4 tingkat disediakan Lift. Namun kafasitas lift terbatas sehingga penggunaannya perlu antri. Bagi jamaah haji yang masih kuat fisiknya dianjurkan menggunakan tangga supaya tidak berdesak desakan.

    3. Setiap jamaah haji mendapat ruangan yang lebarnya antara 2,5 x 1 sampai 2 x 2 meter dengan alas tidur berupa lihab (kasur tipis) dan bantal. Keadaan bangunan rumah tidak semuanya sama, demikian pula jarak dari masjid Nabawi tidak semuanya sama.

    4. Selama di Madinah pelayanan yang diberikan oleh Majmuah antara lain pengaturan penempatan jamaah haji di kamar kamar, penyediaan air di pemondokan, penyediaan kuli untuk mengangkut barang barang jamaah haji serta menyediakan pembimbing dan bis untuk ziarah secara gratis.

    5. Simpanlah uang dipemondokan dalam koper yang terkunci, bilamana akan pergi ke masjid cukup membawa uang Rls.50 saja.

    6. Kamar tidur juga digunakan untuk menaruh koper, tas, dan sebagainya, disamping tempat untuk makan.

    7. Dipemondokan disediakan kamar untuk mandi, setiap satu kamar mandi untuk 10 - 20 orang, karena itu agar antri dan dijaga kebersihan dan kenyamanannya.

    8. Keluar masuk kamar mandi harus berpakaian yang menutup aurat, demikian pula ketika dalam kamar mandi maupun keluar kamar.

    9. Sebelum keluar pemondokan perhatikan nomor rumah dan mengenali lingkungan sekitarnya agar kembalinya terhindar dari sesat jalan.

    10. Melaksanakan shalat Arbain bagi yang fisiknya mampu dan bagi yang tidak mampu jangan melaksanakan sendiri.

    11. Waspada dan hati hati di tempat yang berdesak desakan, seperti Raudhah karena tempat tersebut rawan sebagai tempat kehilangan uang.

    12. Setelah hari pertama kedatangan berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar Shiddiq r.a., mar bin Khattab r.a. dan ke makam Baqi dimpin oleh Muzawir.

    13. Setelah hari ke 2 atau ke 3 kedatangan, berziarah ke Jabal Uhud, Masjid Qiblatain, Masjid Quba, Masjid Sab'ah yang dikoordinir oleh Maj'muah dan tanpa dipungut biaya.

    14. Mengikuti ceramah yang dipimpin oleh TPHI / TPIHI

    15. Setelah selesai melakukan shalat 40 waktu, bersiap siap berangkat ke Makah untuk melaksanakan Umrah / Haji.

    16. Melaksanakan shalat sunat di pemondokan dua rakaat.

    17. Mengambil miqat makani di Masjid Bir Ali.

    18. Dalam perjalanan ke Makkah selalu membaca talbiah.