Pelaksanaan Ibadah haji pada musim dingin di Arab Saudi

 

Calon jamaah haji akan menghadapi musim dingin di Arab Saudi dalam periode tahun 1997 – 2014, yang berakibat tidak baik pada kondisi fisik dan mental calon jamaah haji. Musim dingin di Arab Saudi dimulai pada bulan Oktober dan mencapai puncaknya pada bulan Desember-Januari serta berakhir pada bulan Maret.

 

Musim dingin ini diawali dengan angin yang bertiup kencang disertai badai debu yang pada puncaknya mengakibatkan suhu di kota Makkah dan Madinah dapat mencapai 2 derajat celsius. Musim panas dimulai bulan April dan akan mencapai puncaknya pada bulan Juli-Agustus. Suhu siang hari dapat mencapai 55 derajat celsius disertai angin panas.

 

Kelembaban kedua musim ini sangat rendah. Untuk itu berbagai upaya perlu dilakukan dalam rangka mengantisipasi akibat yang mungkin timbul pada calon jamaah haji. Diharapkan calon jamaah haji dapat mempersiapkan kondisi fisik dan mental serta memelihara kondisi yang optimal, sehingga  dapat melaksanakan ibadah haji dengan tertib, aman, lancar dan mudah-mudahan mendapatkan haji mabrur.