SALAH BOLEH DIBENERKE

( oleh: Zuhad ibnu Sulaiman As-Syahid )

 

1.                 Keturunan dari perkawinan antara hewan yang najis mugholadhoh dengan manusia kalau berbentuk manusia walaupun hanya bagian atasnya sedangkan bagian bawah berupa hewan maka hukumnya adalah :

&   Suci dalam beribadah

&   Baginya berlaku hukum taklif karena berakal dan baligh,maka dia berkewajiban sholat dan boleh menjadi imam , boleh masuk masjid ,boleh bercampur manusia.

&   Tidak najis bila menyentuhnya dalam keadaan basah

&   Tercegah menjadi penguasa ( wali ) baik wali nikah atau qodhi.

&   Sebagian ulama berpendapat dia boleh menerima warisan dari ibunya atau dari anak-anaknya tidak dari ayahnya.

&   Tidak ada qishos bagi pembunuhnya.

&   Dihukumi najis dalam pernikahan walaupun dengan sejenisnya dan seagama ,karena salah satu ortunya tidak halal.

2.                 Keturunan dari perkawinan antara hewan yang najis mugholadhoh dengan manusia kalau berbentuk hewan ( anjing ) sedangkan dia juga berakal dan bisa berbicara hukumnya tetap najis dan baginya hukum mugholadhoh.

3.                 Keturunan berupa manusia hasil perkawinan antara hewan mugholadhoh keduanya hukumnya tetap najis karena bentuk tidak berpengaruh pada hukum suci.Al-Qulyubi berkata apabila dia bisa bercakap dan faham maka dikenai hukum taklif dan bangkainya tetap najis.

4.                 Keturunan berupa anjing yang berasal dari perkawinan manusia maka hukumnya suci dan bila berakal dan bisa berbicara maka terkena hukum taklif.

5.                 Keturunan berupa manusia hasil dari perkawinan domba hukumnya suci dan bila bisa bicara dan berakal maka dikenai hukum taklif serta dia boleh disembelih dan dimakan .Seandainya menjadi khotib dan imam boleh kemudian sesudahnya disembelih dan dimakan

:

6.                 Keturunan dari perkawinan antara onta dengan lembu atau yang semisalnya maka hukum zakatnya adalah memakai yang lebih ringan ( lembu ) berarti dizakati setelah mencapai 30 ekor ( nisob lembu ) dengan pedet ( tabi ).

7.                 Keturunan dari perkawinan antara kafir dhimmy dengan perempuan islam atau sebaliknya maka dihukumi sebagai muslim.

8.                 Keturunan dari perkawinan antara hewan buruan daratan yang halal dimakan dagingnya dengan hewan lainnya hukumnya wajib membayar fidyah bagi seorang ihrom yang membunuhnya.

9.                 Keturunan dari perkawinan antara kafir kitaby dengan majusy maka hukum diyatnya adalah diyat kitaby

10.              Keturunan dari perkawinan antara anjing dengan domba hukumnya najis.

11.              Keturunan dari perkawinan antara ikan laut (air) dengan hewan lain yang halal dimakan hukum bangkainya adalah najis.

12.              Keturunan dari perkawinan antara orang yang halal hukum sembelihannya dan orang yang boleh menikahkan dengan lainnya seperti kitaby dengan majusi maka dia tidak boleh menikahkan dan belehannya tidak halal.

13.              Keturunan dari perkawinan antara hewan yang halal dagingnya dengan hewan yang tidak halal maka hukumnya tidak halal / tidak boleh dimakan.

14.              Keturunan dari perkawinan antara hewan yang bisa dibuat qurban dengan hewan yang tidak bisa di buat qurban hukumnya tidak boleh untuk qurban .Begitu juga untuk kekah.

15.                Keturunan domba disusui anjing atau babi kemudian dia hidup dari air susu anjing tersebut hukumnya tidak najis menurut qoul Al-Ashoh

&    Mohon dicari muqobalah kitabe

&    Dilarang memperbanyak karya ini kecuali seizin bapake

Buat shobatku : Imam Taufiqun

Di tempat

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

 

Puji syukur alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Alloh yang Kuasa serta sholawat salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW.

 

Langsung saja kami memberi khabar bahwa kami baik-baik saja semoga kamu begitu juga adanya . Seperti yang telah kamu ketahui bahwa kami akan melangsungkan pernikahan pada tanggal 16 Agustus 2003 dan acara syukuran kami hari kamis tanggal 21 Agustus 2003 di Purworejo untuk itu kami mohon doa restumu agar segala apa yang kami harapkan bisa selamat tanpa halangan sesuatupun.

 

Demikian khabar dari kami atas doa restunya kami haturkan terima kasih.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Purworejo , 1 Agustus 2003

Hormat kami

 

(Muhammad Zuhad)

 

Nb. :

1.                  Kami minta tolong agar teman-teman kami diberi tahu khususnya Bp. Abi Dharin

2.                  Apabila berkenan hadir maka surat ini sebagai undangan.