Konversi dari file pdf >html>chm : oleh pakdenono

The Passion Of Jesus a.s

Menemui Murid-murid & menunjukan luka-luka
 

Seperti telah saya jelaskan bahwa Maria Magdalena yang datang bermaksud untuk merawat Isa terkejut karena melihat pintu batu gua telah bergeser dan mendapati Isa sudah tidak ada di dalamnya.
 

Isa tidak pergi kemana-mana, ia masih ada disekitar pekuburan itu (dengan menyamar sebagai tukang kebun) dan melihat Maria Magdalena yang kebingungan. Beliau menghampiri dari belakang dan berkata,

" Ibu mengapa engkau menangis, siapa yang engkau cari?
" (Yohanes 20 : 15).
 

Maria Magdalena tidak mengenali Yesus yang menyamar sebagai tukang kebun itu,

"Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepadanya" (Yohanes 20:15).
 

Mengapa Yesus harus menyamar? Karena beliau mengetahui jika orang Yahudi mengetahui keberadaannya maka mereka akan menangkap kembali dan mencoba membunuhnya lagi. Bagi seseorang yang telah mati, untuk apa takut mati lagi? Ini adalah alasan sangat logis bahwa Yesus/Isa memang tidak terbunuh di tiang salib, dan belum wafat.
 

Yesus sendiri mengatakan bahwa bagi seseorang hanya akan mengalami satu kematian bukan dua,

"dan sama seperti manusia ditetapkan untuk mati satu kali saja, dan sesudah itu dihakimi" ( Ibrani 9:27).
 

Maria masih tidak mengenali Yesus sampai Yesus menyebut namanya, barulah ia mengenal (dari cara Yesus menyebut namanya) bahwa tukang kebun ini rupanya gurunya, gembira lah dia dan langsung ingin merangngkul gurunya. Namun Isa a.s. berkata,

"Janganlah engkau memegang aku". (Yohanes 20:17).

Kenapa Maria tidak boleh menyentuhnya? Pertama karena tubuh beliau meski sudah pulih tentu masih mengalami nyeri, dan kedua beliau tidak ingin ada orang lain yang mencurigai penyamarannya. Dan Yesus menjelaskan kepada Maria bahwa beliau bukanlah hantu atau ruh namun beliau masih manusia yang hidup, beliau berkata,

"Sebab aku belum pergi kepada Bapa" (Yohanes 20:17).

Maksud Yesus tak lain adalah Saya belum wafat, saya belum ke alam baqa, atau saya masih hidup.
 

Lalu Isa pergi dan ditengah perjalanan ia bertemu dengan dua orang muridnya yang sedang menuju Emmaus. Dihampirinya mereka oleh Isa dan mereka berjalan bersama­sama sambil bercakap-cakap. Selama perjalan ke dua murid Yesus ini tidak mengenali Yesus, sampai ketika mereka makan bersama dimana kedua murid Isa mengajak Isa untuk turut serta makan bersama.

"Waktu ia duduk makan dengan mereka, ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya, dan memberikan kepada mereka" (Lukas 24:30).
 

Dari cara Isa mengucapkan berkat dan membagikan makanan barulah tersadar ke dua murid Isa bahwa yang selama ini ada bersama mereka adalah guru mereka, namun manakala mereka menyadari hal ini Isa a.s. telah berlalu dan pergi meninggalkan mereka.
 

Kedua murid Isa menceritakan hal ini kepada murid-murid yang lain namun tentunya tidak seorang pun mempercayai ini, karena bagi mereka guru mereka telah wafat (perlu diingat bahwa murid-murid beliau tidak ada yang berada dekat beliau dan menyaksikan hukuman tiang salib yang beliau jalani).

"Lalu kembalilah mereka dan memberitahukannya kepada teman-teman yang lain, tetapi kepada mereka pun teman-teman itu tidak percaya". (Markus 16:13)
 

Singkat cerita, Isa menemui murid-murid beliau,

"Datanglah Yesus dan berdiri ditengah-tengah mereka" ( Yohanes 20:19).

Kaum Kristiani percaya bahwa Yesus muncul secara tiba-tiba ditengah murid-murid (seperti awak film Star Trek), kenapa mereka mempercayai hal ini? Karena umat Kristiani mempercayai bahwa Yesus bukan manusia dan bisa melakukan hal-hal yang ajaib. Padahal hal ini tidak benar, kata
"datanglah" itu sendiri menunjukan bahwa Isa tidak muncul tiba-tiba, layaknya seperti ketika anda berkata ,"Ayah datang". Apakah ayah anda muncul tiba-tiba (seperti awak Star Trek)? Yang benar adalah anda melihat ayah anda datang berjalan menghampiri anda.
 

Namun dikarenakan khabar yang mereka dengar selama ini adalah Isa telah meninggal, maka mereka tetap menunjukan ekspresi wajah terkejut, dan takut. Oleh karena itu Isa berkata,

"Kata Yesus kepada mereka,"Damai sejahtera bagi kamu tetapi mereka terkejut dan takut" (Lukas 24: 36-37).

Lihatlah rekasi yg berbeda antara Maria Magdalena dengan para murid Isa manakala melihat gurunya, kenapa? Maria Magdalena bergembira melihat gurunya itu karena memang sedari awal ia mengetahui bahwa gurunya tidak wafat, dan dia setia merawat sang guru. Sedangkan para murid Isa ini mendengar khabar bahwa gurunya telah wafat karena mereka meninggalkan gurunya, bahkan sekarang mereka menyangka Isa sebagai hantu,

"mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu"(Lukas 24:37).
 

Melihat para murid beliau nampak "pucat" karena takut, maka beliau pun menjelaskan bahwa beliau bukan hantu namun manusia yang terdiri dari darah, daging, dan tulang bahkan beliau menunjukan dan menyuruh murid beliau untuk menyentuh bagian­bagian tubuh beliau yg terdapat bekas luka.

"Lalu Yesus bertanya kepada mereka itu : "Apakah sebabnya kamu terkejut? Dan apakah timbul wasangka di dalam hati kamu?" Tengoklah tanganku dan kakiku, inilah aku sendiri. Jamahlah aku, dan lihatlah, karena hantu tiada berdaging dan tu
lang seperti yang kamu lihat ada padaku".
 

"Setelah ia berkata demikian, ditunjukannya kepada mereka itu tangannya dan kakinya" (Lukas 24:38-40)
 

"Lalu ia pun bersabda kepada Tomas : "Ulurkanlah jarimu, lihatlah tanganku, dan ulurkanlah tanganmu serta letakan di rusuk-ku, dan janganlah engkau syak, melainkan yakinlah" (Yahya 20:27)
 

Demikianlah Nabi Suci Isa a.s. telah menemui para murid beliau dan menjelaskan kepada mereka bahwa beliau hidup dan lolos dari kematian terkutuk di tiang salib. Allahu Akbar..!!!..Allah Maha Kuasa menolong hamba-Nya..!!!
 

Meski demikian kondisi beliau belumlah sepenuhnya aman, karena jika keberadaan beliau diketahui oleh kaum Yahudi maka tentu mereka akan mencoba untuk membunuh beliau lagi. Lalu bagaimanakah kisah perjuangan suci beliau a.s. dalam melaksanakan misi kerasulan beliau selanjutnya?