<< Back

<< Daftar Isi  

Next >>


HARUSKAH ANDA PERCAYA KEPADA
TRITUNGGAL?
©1989 Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania
Cetakan Pertama dalam Bahasa Inggris: 5,000,000 Buah
Kutipan-kutipan ayat diambil dari  Alkitab  Terjemahan  Baru
terbitan  Lembaga Alkitab Indonesia, kecuali disebutkan yang lain.
- DIUBAH KE FORMAT HTML OLEH: nono - 2005 -

HARUSKAH ANDA MEMPERCAYAINYA ?

APAKAH anda  percaya  kepada  Tritunggal?  Kebanyakan  orang dalam  usunan  Kristen  percaya.  Bagaimanapun juga, selama berabad-abad itu merupakan doktrin utama dari gereja-gereja.

Mengingat hal ini, anda tentu berpikir bahwa  tidak  mungkin ada yang perlu diragukan mengenai Tritunggal. Namun ada, dan belakangan bahkan  beberapa  dari  para  pendukungnya  telah menambah seru perdebatannya.

Mengapa  pokok  pembicaraan seperti ini harus mendapat lebih banyak perhatian?  Karena  Yesus  sendiri  berkata:  “Inilah hidup  yang  kekal  itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan  mengenal  Yesus  Kristus yang  telah  Engkau  utus.”  Jadi  seluruh  masa  depan kita bergantung pada mengenal sifat yang sebenarnya  dari  Allah, dan hal itu berarti memeriksa sampai ke akar dari perdebatan mengenai   Tritunggal.   Maka,   tidakkah   sebaiknya   anda mengujinya sendiri?-Yohanes 17:3.

Ada  berbagai  konsep Tritunggal. Tetapi pada umumnya ajaran Tritunggal adalah bahwa didalam Keilahian ada tiga  pribadi, Bapa, Anak, dan Roh Kudus; namun, bersama-sama, mereka hanya satu Allah. Doktrin itu mengatakan bahwa  ketiganya  setara, mahakuasa,   dan   tidak   diciptakan,   telah   ada   kekal selama-lamanya dalam Keilahian.

Namun, orang-orang lain berkata bahwa doktrin Tritunggal itu palsu,  bahwa  Allah  Yang Mahakuasa berdiri sendiri sebagai Pribadi  yang  terpisah,  kekal,   dan   mahakuasa.   Mereka mengatakan  bahwa  Yesus dalam keberadaannya sebelum menjadi manusia, adalah sama seperti para malaikat, pribadi roh yang terpisah yang diciptakan oleh Allah, dan untuk alasan ini ia pasti mempunyai permulaan. Mereka  mengajarkan  bahwa  Yesus tidak  pernah  setara dengan Allah Yang Mahakuasa dalam arti apapun; ia  selalu  tunduk  kepada  Allah  dan  masih  tetap demikian.  Mereka juga percaya bahwa roh kudus bukan pribadi tetapi roh dari Allah, tenaga aktif-Nya.

Para pendukung Tritunggal mengatakan bahwa  ini  didasarkan, tidak  hanya  pada  tradisi  agama tetapi juga pada Alkitab.  Para pengritik doktrin tersebut mengatakan bahwa  itu  bukan ajaran  Alkitab, sebuah sumber sejarah bahkan berkata: “Asal usul [Tritunggal] sama sekali kafir.”-The  Paganism  in  Our Christianity.

Jika Tritunggal benar, akan merendahkan Yesus jika dikatakan bahwa ia tidak pernah setara  dengan  Allah  sebagai  bagian dari  suatu  Keilahian.  Namun  jika  Tritunggal salah, akan merendahkan Allah Yang Mahakuasa, jika ada pribadi lain yang dikatakan  setara  dengan  Dia,  dan bahkan lebih buruk lagi untuk menyebut Maria sebagai “Bunda Allah.” Jika  Tritunggal salah,  sungguh  tidak  menghormati  Allah untuk mengatakan, seperti ditulis dalam buku Catholicism: “Jika [orang]  tidak menjaga  Kepercayaan  ini  utuh  dan tidak tercela, [mereka] pasti akan lenyap untuk selamanya. Dan  Kepercayaan  Katolik adalah: kita menyembah satu Allah dalam Tritunggal.”

Jadi,  ada  alasan-alasan  yang baik mengapa anda seharusnya ingin  mengetahui  kebenaran  mengenai  Tritunggal.   Tetapi sebelum  memeriksa  asal  usulnya  dan  pengakuannya sebagai kebenaran, ada gunanya jika doktrin ini didefinisikan  lebih terinci.  Tepatnya, apa sebenarnya Tritunggal itu? Bagaimana para pendukungnya menjelaskan ajaran itu?

 

<< Back

Next >>