BAB VII


GERAKAN AHMADIYAH
 

Gerakan Ahmadiyah didirikan tahun 1888 oleh Hazrat Mirza Ghulam Ahmad dari Qadian (India), tetapi nama Ahmadiyah itu tidak terangkat selama kurang-lebih satu dekade setelahnya. Di dalam suatu pengumuman tertanggal 4 Nopember 1900, Pendiri menjelaskan, bahwa nama tersebut menunjukkan kepada Ahmad, salah satu nama pilihan Nabi Muhammad. “Muhammad” yang artinya “seorang terpuji”, menunjukkan keagungan yang telah ditetapkan kepada Nabi, yang nama itu menanjak semenjak waktu Hijrah; tetapi “Ahmad” berarti karena keindahan khotbahkhotbahnya dan karena perdamaiannya yang telah ditetapkan untuk ditegakkan kepada sekalian bangsa di dunia langsung melalui ajaran-ajarannya. Nama-nama itu menunjukkan kepada dua segi pandangan Islam, dan Hazrat Mirza Ghulam Ahmad mengatakan, bahwa pada waktu nanti kelak, segi pandangan yang belakanganlah yang akan menentukan perhatian yang sungguh besar. Dengan memelihara ini, tujuannya adalah untuk menyebarkan perdamaian di seluruh dunia langsung melalui ajaran rohani Islam, yang dia yakin, hanya dengan usaha cara mengembalikan perdamaian kepada pikiran umat manusia, maka dengan demikian ia akan menolongnya untuk hidup dalam kedamaian dengan orang-orang lain maupun dengan Tuhan.

Risalah Gerakan Ahmadiyah itu ditandai dengan namanya. Risalah itu teruntuk kaum Mulsimin, yang memberitahukan kepada mereka, bahwa mereka bisa mencapai kemenangan di dunia yaitu dengan perantaraan dua kekuatan rohani yang besar yang diberikan kepada mereka, yakni Qur’an dan Sunnah Nabi. Dalam kesempatan yang sama, risalah itu pun diperuntukkan bagi kaum non-Muslim, khususnya untuk dunia Barat, yang dengan pertumbuhan kebudayaannya mereka telah jatuh ke jurang materialisme yang sungguh amat berlebihan. Bagi orang-orang Barat, risalah tersebut hanya bisa dicapai melalui kekuatan rohani Islam agar orang dapat mencapai kedamaian.

Dana dari Gerakan itu diniatkannya terutama dipusatkan dalam mewujudkan keselamatan ajaran Qur’an dan ajaran Nabi serta untuk menyebar-luaskan risalah Islam di Barat. Di dalam bukunya “Izala Auham”, Hazrat Mirza Ghulam Ahmad mengemukakan harapannya untuk melihat Qur’an diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, sehingga dapat membantu tugas ini. Dia yakin, bahwa Qur’an itu adalah kekuatan yang tertinggi di bumi ini, dan itu pasti akan menghasilkan tidak hanya berupa kebangkitan kaum Muslimin saja, melainkan juga suatu perubahan dalam pandangan materi dunia Barat. Hanya karena alasan itu saja dia mengaku dirinya bergelar “Imam, dan keinginan utamanya adalah agar para pengikutnya harus menyerukan kebenaran Qur’an menembus dunia, memperbaiki kesalahan, dan mereka harus menyuguhkan gambaran sejati mengenai Muhammad yang begitu sering menjadi sasaran fitnah.

Ghulam Ahmad wafat bulan Mei 1908, dan sebagai pengganti pimpinannya adalah Nuruddin yang wafat pada bulan Maret 1914. Di bawah kepemimpinan Nuruddin, Gerakan lebih kuat dan bahkan bertambah kuat lagi, dan terutama sangat menarik perhatian yang luar biasa dengan semakin populernya di kalangan kaum Muslimin. Betapa pun demikian, namun ada juga tanda-tanda keretakan dalam Gerakan yang tidak menonjol ke luar, ada ketegangan-ketegangan di bawah permukaan, dan hanya dengan kekuatan Nuruddin pribadi saja yang dapat mencegah itu dari permukaan mereka.

Nigeria

Philipina

Maulvi Abdur Rahman Dunmoye
54 Aroloya Street
PO BOX 1664, Lagos.

Al-Hajj Abdul Rasheed Tajala
Orchid Compound Sercabon
Zamboaga.

 

 

Republik of China

South Africa

Al-Hajj Ishaq Hsino Yung Tao
3 Salaw 18, 178 Lane,
Roosevelt Road,
3
rd Section, Taipae – Taiwan

Dawood Sydou
49 Kweper Laan
Athlone
Capetown.

 

 

Sri Lanka

Suriname

Dr. M.M. Zavahir
People’s Clinic
85 Main Street,
 Paramaribo

S.I.V. Ahmadiyya Mosque
Dehiowita

 

 

 

Trinidad & Tobago

United Kingdom

Maulana Mustafa Keimal Haidar
Fireburn Ahmadiyya Mosque
Karapichaima.

Maulana S. Mohammed Tufail, MA.
3 Orchard Close
Woking, Surrey

 

 

Di Amerika Serikat, Gerakan Ahmadiyah juga ada di beberapa tempat seperti berikut:

 

 

M/S Specialty Promotions Co. Inc.
6841 Cregier Avenue
Illinois 60649

M/S Books and Things
117 Lenox Avenue
New York, NY 10026.

 

 

Ada lagi delegasi Ahmadiyah di Madrid, Spanyol.