CATATAN-CATATAN


KETERANGAN FOTO-FOTO **
 

1.   Keturunan Yesus yang masih hidup, Sahibzada Bashart Saleem, seorang penyair dan Bapak penyembuh yang termasyhur.

2.   Sebuah kepingan kuno yang menonjolkan cap telapak kaki Yesus, nampak persis tempat penyalibannya yang mengerikan.

3.   Batu Maesan Yesus yang terdapat di Rozabal (Rauza-Bal = Makam Nabi).

4 & 5 Ukiran tirai yang indah di dalam Rozabal yang menutupi makam Yesus, dan seorang Wali yang taat kepada Yesus, Naziruddin.  6 (Kiri) Papan hijau di Rozabal yang menyatakan bahwa Yesus dibaringkan di dalam.

7 (Kanan) Keputusan yang dibuat tahun 1766 oleh Hakim Agung Kashmir, pejabat yang menetapkan bahwa Rozabal adalah makam Yuz Asaf (Yesus).  8 Halaman depan Rozabal (Rauza-Bal = Makam Nabi).  9 Tulisan ukiran dalam medali perunggu tergantung di pintu masuk makam Yesus.

10 (Atas) Aishmuqam (tempat peristirahatan Yesus), salah satu tempat suci di Kashmir, disebut demikian karena Yesus berhenti di sini untuk istirahat sebelum memasuki Kashmir. Di sinilah “Tongkat Musa” (juga disebut-sebut “Tongkat Yesus) disimpan.

11 (Kiri) Pintu masuk tempat suci Aishmuqam.

12 (Kanan) Jalan distrik Khanyar, Srinagar yang menghubungkan Rozabal.  13 Srinagar, ibukota Kashmir yang terapung, yang juga disebut “Sorga di atas bumi”, satu negeri yang berbukit-bukit dan berlembah-lembah” “yang mendapat air sebanyak hujan yang turun dari langit”, (Ulangan 11:11) Di sinilah Yesus menempuh hidup yang kedua.

14 & 15 Halaman 118 dan 119 bertanggal 1894 dari catatan harian Dr. Mark dan Dr. Francke, dua orang missionaris Jerman yang mendapatkan kembali naskah Nicolai Notovich yang menakjubkan itu dalam gulungan-gulungan berbahasa Tibet yang menceriterakan kehidupan Yesus di Timur.  16 Tulisan ukiran pahat Kristen Nestorian permulaan di atas permukaan batu karang raksasa di Tankse, 60 mil dari Leh, ibukota Ladakh. Ia terdiri dari salibsalib St. George dan tulisan-tulisan ukir bahasa Aramaic.  17 Biara Hemis dekat Leh, ibukota Ladakh di sana kaya sekali dengan naskahnaskah (manuskrip-manuskrip) yang didapati membuktikan akan kehadiran dan wafatnya Yesus di Kashmir.

18 (Atas) Manuskrip “Bavishya Mahaparana” asli, bertanggal 115 Masehi, yang menceriterakan panjang lebar mengenai perjumpaan Yesus dengan Raja Shalewahin sebelum 78 Masehi, yang mengakui kebijaksanaan dan kesucian Yesus dan dikatakan dia telah menasehati Yesus untuk menikah. 

19 Teks edisi modern dari karya yang menunjukkan ayat-ayat 17 – 32, yang menceriterakan perjumpaan tersebut di atas (no.18). 

20 “Takhta Sulaiman” yang diperbaiki kembali oleh Gopadatta dari Persia tahun 78 Masehi. Ia didirikan di puncak sebelah timur sekali yang tak terlihat dari Srinagar; dan Bani Israel yang ada di Kashmir mempercayainya sebagai jiplakan (tiruan) dari “Takhta Sulaiman” yang ada di Yesrusalem, yang dihancurkan oleh Nebuchadnezzar.

21 Tulisan berukir berbahasa Persi yang terpampang di tiang-tiang Takhta Sulaiman yang memperkuat pernyataan akan kehadiran Yesus di Srinagar sebelum 78 Masehi.


5.   Jalan masuk ke ruangan makam di bawah tanah (sekarang ditutup, kecuali satu jendela kecil)
6.   Serambi
7.   Pintu Gerbang
8.   Halaman terbuka
9.   Pemakaman kaum Muslimin
10. Jalan
11. Gardu denngan tulisan “Rozabal”.


7.   Peta yang menunjukkan “Makam Musa” dan daerah sekitarnya.
8.   Denah yang memagari di mana “Makam Musa” berada.

 



** foto tidak disertakan pada file pdf yg merupakan source dari ebook ini (pakdenono)