MEMPERTANYAKAN KEBANGKITAN & KENAIKAN ISA AL MASIH

 


 

Prakata Penulis

 


Puji syukur hanya kepada Allah swt. Tuhan semesta alam. Dengan limpahan rahmat dan petunjukNya saya bisa merampungkan perbaikan buku ini. Shalawat dan salam kepada junjungan Nabi Muhammad saw, teladan bagi umat Islam sepanjang masa. Dari beliaulah saya mendapat inspirasi dan dorongan untuk selalu menulis dan memperjuangkan kebenaran. Pada cetakan sekarang ini telah dilakukan perbaikan atas beberapa kesalahan dan kekurangan yang terdapat pada cetakan pertama. Disamping itu, "hadir" pula kata pengantar dari bapak Dr. Muhammad Imaduddin Abdurrahim, seorang tokoh Islam terkemuka yang akrab dipanggil bang'Imad.

Semua upaya itu dilakukan sebagai usaha penyempurnaan dan penambahan bobot buku ini sehingga gagasan-gagasan besar yang ada di dalamnya semakin bisa diterima oleh pembaca.

Atas terbitnya buku ini, tidak lupa saya sampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah ikut membantu penerbitan buku ini.

Terakhir, semoga buku ini menjadi amal shaleh yang diterima Allah Swt dan bermanfaat bagi pembaca. Amin!

 

Hj. Irena Handono

 

 

Kata Pengantar

Muhammad Imaduddin Abdulrahim

 

Alhamdulillah, segala puji dan puja semata kepunyaan Allah, shalawat dan salam tertuju kepada Rasulullah Muhammad saw, satu-satunya pemimpin yang patut dan pantas kita teladani dan patuhi tanpa reserve.

Saudari Irena Handono telah meminta saya menulis kata pengantar untuk bukunya yang akan dicetak kembali dan disodorkan kepada para pembaca yang budiman, yang telah lama menunggu datangnya buku yang telah mulai populer ini.

Sesudah membaca buku kecil ini, saya sependapat dengan penulis yang menganggap buku ini perlu dibaca umat kita yang menaruh minat bergaul dengan saudara-saudara kita sebangsa, tetapi mempunyai agama lain dengan kita. Memang keyakinan yang tangguh dan bulat pada agama kita sendiri sangatlah dibutuhkan oleh setiap orang yang ingin bergaul baik dengan teman yang berlainan agama dan kepercayaan itu. Keyakinan yang bulat ini hanya bisa kita peroleh jika kita memahami dengan tepat persamaan dan perbedaan yang prinsip antara paham agama kita dengan agama teman kita itu. Pengetahuan yang tepat ini akan menimbulkan percaya diri ('izzatun nafs) yang tinggi pada pihak kita.

Dengan percaya diri yang tinggi ini kita tidak akan mudah tersinggung jika kita dilecehkan oleh mereka, karena kita merasa mengerti betul akan kelemahan dan kekeliruan mereka. Contoh yang paling tepat tentang ini adalah saudari Irena sendiri, karena beliau tadinya adalah seorang Nasrani yang taat, kemudian masuk Islam karena menguasai betul akan kelemahan-kelemahan agama pertamanya. Sehingga ketika pertama kali membaca surat al-Ikhlas, beliau langsung menerimanya dengan keyakinan yang membaja. Dengan menulis buku ini kiranya saudari Irena ingin berbagi rasa dan pengalaman dengan ikhwannya yang sekarang.

Oleh karena itu saya menganggap usaha saudari Irena perlu mendapat sambutan hangat dari seluruh ikhwan seiman dan mendoakan kiranya usaha yang ikhlas ini akan mendapat ridha Allah Swt. Amin, amin ya Rabb al'alamin.

 

Jakarta, 4 Zulhijjah 1419

20 Pebruari 1999

 

 

Pengantar Penerbit

 

 

Ruku ini membahas kontraversi antara Islam dan Kristen tentang doktrin penyaliban Isa al Masih, Kenaikan, dan Kebangkitan Isa di Akhir zaman. Mendudukkan masalah ini secara tepat teramat penting bagi umat Islam untuk ketentraman jiwa dan kemantapan kepercayaan umat Islam.

Beberapa misteri peristiwa tentang masalah diatas yang bersumber dari Al Qur'an dan Bibel dicoba untuk dibedah, dengan diberikan bobot kritik yang radikal terhadap tradisi heresiografi, dan selanjutnya diberikan data-data sejarah dan penelitian ilmiah yang otentik mengenai perjalanan perkembangan pemahaman doktrin tersebut.

Buku ini sangat penting untuk dikaji, selain sebagai referensi komparatif dari beberapa infoilnasi tentang studi Islam yang sudah ada selama ini, barangkali juga dapat memberikan informasi baru yang mungkin lebih akurat daripada lainnya. Kelebihan buku ini tidak sekedar menjadi buku yang bersifat deskriptif, tapi menjadi kajian Islam yang sangat menarik dengan wacana kritiknya. Hal ini dunungkinkan karena penulis tadinya adalah seorang Nasrani yang taat, setelah mendalami ajaran-ajaran Islam secara mendalam, dengan hidayah Allah beliau memeluk agama Islam, sehingga sumber data yang dikuasai tidak hanya dari satu pihak saja. Maka tidak heran jika analisis ini mungkin banyak berbeda dengan buku lainnya.

Oleh karena itu, kami memandang bahwa buku ini perlu disebarluaskan, agar bisa dinikmati oleh para ikhwan dan akhwat sekalian. Selamat membaca,

 

Penerbit

 

 

    kompilasi chm :   www.pakdenono.com