KRITIK BIBEL

 

 

Analisa historis filosof yahudi
terhadap perjanjian lama

 

Semua orang mengakui bahwa kitab suci adalah firman Tuhan. Sebagaimana juga mengakui bahwa kitab suci itu mengajar­kan kebahagiaan rohani yang hakiki dan menunjukkan Jalan keselamatan. Namun, ternyata perilaku manusia menunjukkan sesuatu yang sama sekali berbeda dengan hal itu.

Kita semua tahu bahwa hampir semua orang telah mengganti firman Allah dengan bidah-bidah mereke sendiri. Sebagaimana juga tahu bahwa mereka telah memeras semua tenaganya atas nama agama untuk memaksa orang lain agar berpikir seperti dirinya.

“Di seberang sungai Yordan... kalau saja kamu mengetehui rahasia dua belas... hukum Taurat dltuliskan oleh Musa... waktu itu orang Kanaan diam di negeri itu... Di atas gunung TUHAN, akan disediakan... ranjangnya adalah ranjang dari besi, saat itu kamu akan mengetahui kebenaran."

Hal ini berarti bahwa kltab Nabi Musa yang asli jauh lebih kecil daripada lima kecil yang beredar seat ini.

Baruch Spinoza (1632-1677): filosof den teolog Yahudi rasionalis. Filosof terpenting delam peradaban barat modern. Tokoh krltik kltab suci. Filosof dan teolog Yahudi terbesar yang pernah melakukan analisa kritls terhedap teks-teks kitab-kitab Perjanjian Lema. Sejak semula Spinoza sudah menyiapkan diri untuk menjadi robi (hakham). Tetepi di kemudlan hari, jalan hidupnya ini ternyata berbalik. Dia malah diusir dari Jemaat Yahudi Amsterdam setelah dituduh ateis karena pikiran-pikiranya tentang kitab suci dan akidah-akidah Yahudi. Sebelum diusir, dia masih sempat disuap oleh para robi agar menyembunyikan pikiran-pikirannya itu.

 


Kritik Bibel

Analisa Historis Filosof Yahudi

terhadap Perjanjian Lama

 

Diterjemahkan dari Judul

Risalah fil lahut was Siyasah

 

Karya : Baruch Spinoza

Copyright Penerbit Daartt Wihdan , Cairo

 

Alih Bahasa:

Salim Rusydi Cahyono, Lc.

 

Penyunting: Lutfi Fuadi

Setting/Layout : elfuad

Design Cover : Yunus Dian Wibisono

 

Diterbitkan oleh

BIMA RODHETA

Indonesia

 

Cetakan I : September 2004

 

Copyright © 2004 BIMA RODHETA



Pembuatan dalam bentuk ebook, belum se-izin pemegang copyright.
Jika dirasa tidak bermanfaat dan merugikan, kami mohon maaf dan kami akan segera menghapusnya dari materi download di situs

 http://www.pakdenono.com

 

KRITIK BIBEL