KHUTBAH IDUL ADHA 1431
Keteladanan Nabi Ibrahim 
12/11/2010

Oleh KH Abdul Manan
 

 
الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر.
 

 
الحمد لله الذي جعل الحج والأضحية شعارا من شعائر الإسلام أشهد أن لاإله إلا الله الملك القدوس السلام وأشهد أن محمدا عبده ررسوله أرسله لإتمام أخلاق الأنام اللهم صل وسلم على سيدنا محمد الداع الي دار السلام وعلي أله وأصحابه أجمعين ومن تبعهم بإحسان الي يوم الزحام.  أما بعد. 
 
عباد الله أوصيكم وأياي بتقوي الله وقد فاز من اتقي واعلموا إخواني الأعزاء أن التقوي وصية الله للأولين والأخرين حيث قال:
 

 
ولقد وصينا الذين أوتوالكتاب وإياكم ان اتقوا الله وان تكفروا فإن لله ما فى السموات وما فى الأرض وكان الله غنيا حميدا.{131}
 

 
وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : اتق الله حيث ما كنت واتبع السيئة الحسنة تمحها وخالق الناس بخلق حسن.{الحديث}
 

 
Terlebih dahulu mari kita bersyukur kehadirat Allah swt. atas taufiq, hidayah inayah dan ri’ayah-Nya. Alhamdu lillah pada pagi hari yang mulia dan agung dengan diiringi takbir kita dapat  sama-sama berkumpul di majelis yang mulia penuh khusyu`. 
 

 
Sedang di satu sisi saudara-saudara kita yang datang dari berbagai belahan bumi tengah melaksanakan rangkaian amaliyah ibadah haji, baik rukun-rukun haji mapun amaliyah haji yang diwajibkan dan yang disunahkan. Semoga amal ibadah kita diterima Allah  dan para hujjaj diterima hajinya, dan Allah jadikan hajinya mabrur, amin. 
 

 
Dan tidak lupa juga keprihatinan kita  sampaikan terhadap saudara-saudara kita yang sedang ditimpa mushibah gunung merapi di Yogjakarta,  dan wilayah sekitarnya serta musibah Tsunami Mentawai. Mari kita doakan semoga para korban yang meninggal dunia diampuni segala dosanya dan diterima amal sholehnya, dan semga Allah memberi ketabahan bagi yang ditinggalkannya. Begitu juga yang masih dalam kesusahan dan pengungsian.
 

 
Sholawat serta salam semga senantiasa Allah limpahkan kepada junjungan nabi Muhammad, serta keluarga dan sahabatnya dan juga kepada para pengikutnya hingga akhir zaman.
 

Allahu Akbar 3x Walillahilhamd

Hadirin kaum Muslimin yang dimuliakan Allah! 
 
Selanjutnya perkenankan dalam kesempatan yang mulia ini saya menyampaikan pesan  mari kita tak henti-henti berupaya meningkatkan taqwa kepada Allah SWT. Dalam arti mentati perintah-perintah Allah dan menjauhi larangannya, 
 

Hadirin kaum Muslimin yang dimuliakan Allah!
 
Sesungguhnya taqwa itu pesan Allah kepada seluruh ummat manusia sepanjang zaman, dari waktu ke waktu, umat berganti umat, kurun berganti kurun  sejak manusia  diciptakan. Karenanya, Allah mengutus para rasul sebagai contoh dan tauladan ketaqwaan dan kesalehan. 
 

 
Allah juga memberi meraka ke-ma`ashum-an, dan sifat shiddiq, amanah, tabligh, dan fathonah. Dan Allah turunkan kitab-kitab kepada mereka sebagai panduan hidup dan kehidupan ummatnya yang bertaqwa. Di dalam tafsir Ibnu Katsir diterangkan bahwa Allah menurunkan 313 rasul dan 124 000  ribu nabi.
 

 
Diantara para rasul yang djadikan teladan adalah Nabi Ibrahim As, dalam kesempatan Idul Adlha ini sangat penting kita ingat kita sebut dan kita renungkan kembali kemudian kita teladani.Ibrahim AS. selain beliau nabi pilihan yang mendapat gelar kholilullah(kekasih Allah) juga disebut Abul anbiya (bapak dari para Nabi) karena Nabi-nabi sesudah beliau adalah dari zduriyahnya(keturunannya) nabi-nabi bani Israil Nabi Ishaq, Ya`qub Yusuf Syuaib Harun, Musa sampai nabi Isa As. Dan demikian juga junjungan Nabi kita Muhammad SAW, bin Abdullah, bin Abdil Mutholib, bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushoy bin Kilab, bin Murroh bin Ka`ab, bin Luay, bin Gholib, bin Fihir, (Fihri dilaqobi Quroisy) bin Malik bin Nadlor, bin Kinanah bin Khuzaimah, bin Mudrikah bin Ilyas, bin Mudlor bin Nizar bin Ma`ad bin `Adnan bin Nabi Isma`il bin Ibrahim AS. 
 

 
Ibrahim As oleh Yahudi diklaim sebagai Yahudi, oleh kaum Nasrani diklaim sebagai pengikiut Nasran, dan kaum musyrikin mengklaim bahwa mereka mengikuti millah Ibrahim.
 

Untuk menolak anggapan mereka Allah turunkan ayat kepada Nabi Muhammad SAW.:

 
ما كان إبراهيم ييهوديا ولانصرنييا  ولكن كان حنييفا مسلما وما كان من المشركين  
 

“Ibrahim bukanlah Yahudi dan bukanlah Nasrani akan tetapi dia adalah yang bersih dan muslim dan dia bukan orang yang mensekutukan Allah” (QS. Ali Imran: 67)

Allahu Akbar X 3.

Hadirin kaum Muslimin yang dimuliaka Allah!  

 
Selanjutnya dalam ayat yang lain Allah tunjukkan, dan Allah perintahkan kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, agar menyampaikan :
 

 
1. Keteladanan dan keberaniannya ketika ingin mereformasi merubah masyarakatnya dan penguasanya dari penyembahan kepada materi, benda dan berhala-berhala kepada mengesakan Allah SWT. kalimat tauhid/kalimatul ikhlas laa ilaaha illallahbahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah, Terlebih dahulu Ibrahim As. Menyampaikannya kepada ayahnya, dengan bahasa yang santun beliau sampaikan pemahaman. Sebagaimana telah dikisahkan dalam Al-Quran :  
 

 
واذكرفي الكتاب إبراهيم إنه كان صد يقا نبيا- إذ قال لأبيه يا أبت لم تعبد مالايسمع ولايبصر ولايغنى عنك شيئا – ياأبت إني قد جاءني من العلم ما لم يأ تك فاتبعني أهدك صراطا سويا – يا أبت لا تعبد الشيطان إن الشيطان كان للرحمن عصيا – يا أبت إني أخاف أن يمسك عذاب من الرحمن فتكون للشيطان وليا – قال أراغب انت عن ألهتي يا ابراهيم لئن لم تنته  لأرجمنك واهجرني مليا -  قال سلام عليك سأستغفرلك ربي انه كان بي حفيا .
 
 
 
Dan ingalah dalam kitab Ibrahim sesungguhnya dia adalah orang yang benar lg seorang nabi, ingatlah ketika ia berkata kepada ayhnya wahai ayahku kenapa engkau meyembah apa-apa yang tidak bisa mendengar dan tidak bisa melihat? wahai ayahku sesungguhnya telah sampai kepadaku whyu, apa-apa yang tidak diberikan kepadamu, maka ikutilah aku aku tunjukkan jalan yag lurus, wahai ayahku janganlah engkau menyembah setan sesungguhnya setan itu bermaksiat kepada Allah. Wahai ayahku sesungguhnya aku takut azdab Allah akan mnimpamu sehingga setan menjadi temanmu. Lalu ayah Ibrahim berkata kepada Ibrahim, Hai Ibrahim apakah engkau membenci tuhan- tuhabku? Sungguh jika  engkau tidak berhenti membencituhan-tuhanku sungguh aku akan merajammu dan pergilah segera dariku. Ibrahim berkata semoga engkau selamat dan aku akan mendoakan untukmu agar Allah Tuhanku mengampunimu sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku.(Q.S. Maryam 41-47).
 

 
Ajakan ibrahim kepada ayahnya mendapat penentangan yang keras sehingga ibrahim diusir ayahnya.sekalipun demikian ibrahim tetap baik dengan ayahnya dan tetap mendoakannya, Lalu Ibrahim AS. membuktikan kepada masyarakatnya bahwa berhala-berhala itu tidak dapat berbuat apa-apa dengan menghancurkan berhala-berhala sembahan penguasa namrud dan kaumnya, sehingga Ibrahim dimasukkan ke dalam api sebagai penyiksaan terhadapnya, kemudian Allah menolongnya dengan menjadikan apinya namrud dingin dan Ibrahim selamat tanpa ada bekas luka sedikitpun.
 
        
 
قل يا نار كو ني بردا وسلاما على إبراهيم 
 
.
 
2.Ketaatanya ketika Ismail beranjak dewasa Nabi Ibrahim kembali diuji Allah agar menyembelih putranya, putra yang sangat dicintai dan didamba-dambakan dalam doanya: Robbi hab lii minassholihin.
 

 
فلما بلغ معه السعي قال يا بني إني أرى في المنام أني أذبحك فا نظرماذا ترى
 

 
Dengan penuh kasih saying Ibrahim berkata kepada putranya ;
 
Wahai putaraku yang ku sayangi sesungguhnya aku mendapatka perintah melalui mimpi agar aku menyembelehmu, bagaimana pendapatmu?
 

Ismail putranya menjawab :

 
قال يا أبتي افعل ما تؤمر ستجدني إن شاء الله من الصابرين
 

 
Wahai ayahku laksanakan apa yang telah Engkau diperintahkan semoga engkau mendapati aku termasuk orang-orang yang sabar. 
 

 
Kemudian Ibrahim melaksanakan perintah penyembelihan ketika keduanya pasrah dan ketika ibrahim menempelkan pisau di leher Ismail. Allah memanggil Ibrahim:
 

 
فلما أسلما وتله للجبين ونادينه ان يا إ براهيم قد صد قت  الرؤى إنا كذلك نجزي المحسنين إن هذا لهوالبلاؤ المبين وفديناه بذبح عظيم وتركنا عليه في الأخرين سلام علي إبرا هيم كذ لك نجزي المحسنين
 

 
Wahai Ibrahim engkau telah membenarkan perintahKu melalui mimpimu Sesungguhnya dengan demikian akan membalas orang-orang yang berbuat baik, sesunggguhnya ini adalah ujian yang nyata dan kami tebus ismail dengan senbelihan hewan qurban yang besar. Dan kami jadikan teladan untuk orang-orang yang sesudahnya, keselamatan untuk Nabi Ibrahim, demikianlah kami membalas orang-orang yang berbuat baik.(Q.S. As-shfat 103-110)
 

Alahu akbar x3 walillahilhamd.

Hadirin kaum muslimin yang dimuliakan Allah ! 
Ini adalah ujian kecintaan dan ketaatan ibrahim kepada Allah.

 
3.Keteladanan Ibrahim As.ketika Ibrahim diperintah Allah SWT. agar mereknstrusi kembali ka`bah Baitullah yang pertama dibangun dimuka bumi 
 

 
إن أول بيت وضع للناس للذي ببكة مباركا وهدى للعا لمين{ البقرة }
 
 
 
Nabi Ibrahim bersama Ismail membangun kembali ka`bah sesuai dengan petunjuk Allah, dan sesudah selesai membangun Allah perintahkan Ibrahim agar memanggil ummat manusia untuk berhajji.
 

 
وإذ بوئنا لإبراهيم مكان البيت ان لا تشرك بي شيا وطهر بيتي للطائفين والقائمين والركع السجود . وأذن في الناس بالحج يأتوك رجالا وعلي كل ضامر يأتين من كل فج عميق . ليشهدوا منافع لهم ويذكروا اسم الله في أيام معلومات علي ما رزقهم من بهيمة الأنعام فكلوا منها وأطعموا البائس الفقير ثم ليقضوا تفثهم وليوفوا نذورهم وليطوفوا بالبيت العتيق.{الحخ 26)29} 
 
 
 
Selanjutnya Nabi Ibrahim menyampaikan visi dan misinya sebagaimana terungkap dalam do`anya :
 

 
واذ قال ابراهيم رب اجعل هذا البلد أمنا واجنبني وبني ان نعبد الاصنام رب انهن أضللن كثيرا من الناس فمن تبعني فإنه مني ومن عصاني فإنك غفور رحيم 
 

 
Ya Tuhanku jadikanlah negeri ini negeri yang aman dan jauhkanlah aku dan anak keturunanku dari penyembahan terhadap berhala, ya Tuhanku sesungguhnya berhala-berhala itu menyesatkan kebanyakan manusia, maka barang siapa yang mengikuti aku sesungguhnya  adalah tergolong umatku dan barang siapa yang menentangku, sesungguhnya Engkau ya Allah maha pengampun lagi Maha penyayang.(Q.S Ibrahim 35-36)
 

 
ربنا إني أسكنت من ذريتي بواد غير ذي زرع عند بيتك المحرم ربنا ليقيموالصلاة فاجعل أفئدة من الناس تهوي اليهم وارزقهم من الثمرات لعلهم يشكرون.
 

 
Ya Tuhan kami sesungguhnya aku tmpatkan dari anak cucuku di lembah yang tidak ada tanaman disisi baitikalharom, ya Tuhan kami supaya mereka mnegakkan sholat, maka jadikanlah hati manusia condong kepada mereka dan berikanlah kepada mereka rizkidari buah-buahan supaya mereka bersyukur.(Q.S. Ibrahim 37)
 

 
Dari doa Ibrahim terungkap visi dan missi Nabi Ibrahim dalam mmbangun negri dari negeri yang tandus, kering dan tidak ada tanaman menginginkan agar 1. Menjadi negeri yang aman. 2. Penduduknya terdiri dari orang-orang yang beriman bertaqwa mendirikan sholat dan dijauhkan dari penghambaan terhadap berhala-berhala 3. Menginginkan menjadi negeri yang yang menarik mempesona banyak dikunjungi manusia  4. Menginginkan menjadi negeri yang penduduknya diberi kecukupan rizki.dari buah-buahan, demikianlah orientasi Ibrahim As. Dalam membangun negeri beroreintasi ke depan memikirkan anak cucu dan membangun dari nilai-nilai ruhani keagamaan dengan memakmurkan masjid (baitullah} dan memakmurkan bumi-Nya
 

Allahu akbar 3x walillahil hamd.


Hadirin yang mulia !
 
Do`a-do`aNabi Ibrahim diqabulkan Allah, dan diabadikan dalam Alquran dan keteladanannya jg diabadikan dalam syariat rukun Islam ibadah haji dan ibadah udlhiyyah. Rasulullah SAW. Bersabda :
 

 
من له زاد وراحلة ولم يجح فليمت إن شاء يهوديا أو نصرانيا 
 

 
من له سعة ولم يضح فلا يقربن مصلا نا 
 

 
Barang siapa yang mempunyai bekal dan kendaraan dan tidak berhajji maka dikhaeatirkan ia mati menjadi Yahudi atau Nasrani.
 

 
Dan barang siapa yang mempunya kelapangan rizki dan tida memotong hewan qurban maka janganlah ia dekat-dekat mushollaku.
 

 
Dari Dua macam Ibadah tersebut dinyatakan bahwa yang dimaksud oleh Allah adalah ketaatan, ketaqwaan dan keikhlasan  hamba-hambaNya dalam melaksanakannya.
 
وتزودوا فان خيرالزاد التقوي 
 
لن تنال الله لحومها ولا دمائها ولكن لاناله التقوئ منكم
 

Allahu akbar 3x walillahilhamd


Hadirin kaum muslimin yang  mulia! 
Dari uraian khutbah dapatlah disimpulkan segai berikut:
Mari kiata teladani Nabi Ibrahim 

1.Dalam ketaqwaan dan kecintaannya kepada Allah SWt.melebihi cinta kepada lainnya..

Nabi Bersabda. 

 
تلاث من كن فيه وجد حلاوة الإيمان أن يكون الله ورسوله أحب إليه مما سواهما. وأن يحب المرء لا يحبه إلا لله , وأن يكره أن يعود في الكفر{بعد  أن أنقذه الله منه} كما يكره أن يعود الي أن توقد له نار فيقذف فيها.
 

 
Tiga hal yang apabila tiga hal tersebut ada pada seseorang maka ia akan menikmati manisnya iman 
 

 
Pertama, orang yang apabila  Allah dan rasulnya lebih ia cintai darai pada lainnya
 

 
Kedua, mencintai orang lain karena dengan dasar cintanya kepada Allah
 

Ketiga,  ia membenci akan kmbali kepada kekufuran (setelah Allah selamatkan ia dari kekufuran) seperti kebencinya untuk dimasukkan ke dalam bara api. {HR. BM}
 

 
2. Mari kita teladani Ibrahim dengan mencita-citakan dan berikhtiar dengan mengorentasikan  fikiran, hati dan prilaku kita ke depan membangun negeri yang aman, negeri yang mempesona, penduduknya beriman bertaqwa, dan berakhlak mulia, negri yang makmur. Negeri yang diridhoi Allah SWT. 
 

Hadirin kaum muaslimin yang dimuliakan Allah!
Sesungguhnya  Islam itu Agama yang tinggi tidak ada yang lebih tinggi dari padanya..

 
Namun Realitas kita masih menutupi ketinggian ajaran Islam, bahwa negeri-negeri muslim belum menjadi teladan untuk negeri-negeri lainnya. 

 
الإسلام محجوب بالمسلمين 
 

 
Ketinggian Islam itu tertutupi oleh perilaku umatnya, kita selalu terpesona dengan masa-masa lalu masa keemasan Islam. 
 

Hadirin kaum muslimin yang mulia !
 
Negeri kita adalah negeri Islam terbesar dan memiliki potensi besar , dengan menteladani Ibrahim As. Insya Allah akan jadikan negeri ini menjadi teladan sebagai mana Allah jadikan Ibrahim Imam bagi ummat manusia
 
. 
 
وإذ ابتلي إبراهيم وبه بكلمات فأتمهن قال إني جاعلك للناس إماما قال ومن ذريتي قال لا ينال عهدي الظا لمين.
 
    
 
 بارك الله لي ولكم في القران ونفعي واياكم يما فيه من الا يات والذكر الحكيم اقول قولي هذ واستغفرالله لي ولكم ولسائر المسلمين فاستغفروه انه هو الغفور الرحيمز
 

*Ketua Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU)